18 Cara Membuat Kerangka Teori Penelitian Kualitatif

Cara Membuat Kerangka Teori Penelitian Kualitatif  - Kerangka teori penelitian merupakan gambaran umum yang berbentuk konsep yang menjelaskan tentang hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Oleh karna itu, sebaiknya kerangka teori penelitian lebih baik dibuat di dalam bentuk diagram atau juga skema, dengan tujuan untuk dapat mempermudah memahami seluruh variabel yang digunakan dalam penelitian dan memudahkan dalam melaksanakan kegiatan kajian di waktu yang akan datang.

Cara Membuat Kerangka Teori Penelitian Kualitatif


Kerangka teori penelitian dapat dikatakan sebagai gambaran rumusan masalah yang telah dibuat dengan berpedoman pada kerangka teori penelitian deduktif dengan tujuan utama untuk melahirkan konsep yang mudah dipahami oleh pembaca, dan memudahkan dalam meyusun hipotess atau dugaan awal kajian penelitian.

Sebagai mahasiswa akhir tentu diwajibkan membuat karya ilmiah sebagai salah satu persyaratan mendapatkan gelar sarjana, magister, maupun doktor. Dalam pembuatan karya tulis ilmiah tentu tidak bisa lepas dari membuat kerangka teori penelitian, terlebih bagi mahasiswa yang memilih untuk mengambil metode penelitian dengan konsep kualitatif. Berikut jasaturnitin.com memberikan tips, trik dan langkah yang dapat dijadikan sebagai pedoman ketika membuat kerangka teori penelitian kualitatif: 

  • Menentukan variabel yang lebih rinci
  • Membaca buku-buku hasil penelitian
  • Mendeskripsikan teori yang digunakan dalam penelitian 
  • Menganalisis teori dan juga hasil penelitian secara kritis
  • Menganalisis komparatif tentang teori dan hasil penelitian
  • Menentukan Kunci Masalah Penelitian yang Akan Dibahas
  • Mengevaluasi Definisi, Teori, dan Model yang Relevan
  • Menunjukkan kontribusi penelitian sendiri
  • Menuliskan Langkah-langkah yang Diambil Dalam Mencapai Tujuan
  • Bertanya kepada kakak tingkat atau alumni jurusan
  • Mengunjugi tampat favorit untuk mendapatkan inspirasi 
  • Mengetahui karakteristik dosen pembimbing
  • Bertukar pengalaman dengan dosen, sahabat ataupun teman 
  • Mencari kerangka teori penelitian yang dituliskan dalam penelitian terdahulu
  • Perbanyak meminta saran dan masukan
  • Menyusun kesimpulan sementara
  • Menyusun kerangka Berpikir
  • Jangan lupa berdoa dan meminta restu orang tua

Dari ke-18 tips, trik, dan tahapan yang dapat dijadikan sebagai pedoman membuat kerangka teori penelitian kualitatif, jasaturnitin.com akan menjabarkan dan menjelaskan delapan belas tips tersebut supaya lebih mudah dipahami, berikut penjelasannya:

1. Menentukan variabel yang lebih rinci

Tahapan awal yang dilakukan dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif

ialah dengan memahami dan menentukan variabel apa saja yang dipilih untuk dikaji dalam penelitian. Dengan mendapatkan variabel dalam penelitian tersebut tentu akan memudahkan dalam mencari rujukan dan teori yang digunakan. Untuk memahami variabel dalam penelitian tersebut langkah pertama ialah memahami judul penelitian, setelah itu menentukan variabel apa saja yang dibahas dalam judul penelitian tersebut

2. Membaca buku-buku hasil penelitian

Langkah kedua yang dilakukan dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif

ialah dengan menamhah referensi dan pedoman dalam penulisan kerangka teori penelitian kualitatif ialah dengan membaca buku yang merupakan hasil publikasi dari penelitian terdahulu. Buku yang dibaca dapat berupa ensiklopedia, kamus, ataupun juga buku teks yang lainnya. Sedangkan untuk mempelajari hasil penelitian terdahulu, mahasiswa dapat membaca tesis, skripsi, laporan penelitian, jurnal ilmiah, maupun juga disertasi.

3. Mendeskripsikan teori yang digunakan dalam penelitian

Jika telah menambah pengetahuan dengan membaca buku hasil penelitian terdahulu, langkah selanjutnya dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif ialah menjelaskan dan memberikan keterangan tentang berbagai teori yang digunakan dalam kajian penelitian.

4. Menganalisis teori dan juga hasil penelitian secara kritis

Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan ketika membuat kerangka teori penelitian kualitatif ialah dengan manganalisis penjabaran teori yang telah dijelaskan. Teori yang dipaparkan perlu dilakukan analisis, agar tidak terjadi ketidak cocokan antara teori yang digunakan dengan objek penelitian.

5. Menganalisis komparatif tentang teori dan hasil penelitian

Tahapan selanjutnya ketika telah melakukan tahapan analisis teori, dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif yang perlu dilakukan selanjutnya ialah membandingkan antara satu teori dengan teori lainnya, atau juga dapat dilakukan dengan cara menggabungkan satu teori dengan teori lainnya, sehingga semakin menambah referensi dalam melakukan kajian penelittian.

6. Menentukan Kunci Masalah Penelitian yang Akan Dibahas

Tahapan selanjutnya yang perlu dilakukan dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif ialah menentukan kunci permasalahan yang akan dibahas dalam kajian penelitian. Kunci permasalahan penelitian yang dipilih harus menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, karena penjabaran tentang kerangka pemikiran dapat dijabarkan dari kunci permasalahan yang diangkat.

7. Mengevaluasi Definisi, Teori, dan Model yang Relevan

Setelah peneliti berhasil menentukan kunci permasalahan yang dikaji dalam penelitian, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif ialah melakukan evaluasi secara menyeluruh dalam teori yang digunakan dan model yang dipilih, agar seluruhnya memiliki kesesuaian.

8. Menunjukkan kontribusi penelitian sendiri

Agar hasil yang dirumuskan dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif  dapat sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dalam penulisan karya ilmiah, seorang peneliti bukan hanya mampu menjelaskan teori dan ide orang lain, kerangka pemikiran harus juga bertujuan menunjukkan proyek yang sedang dilakukan oleh peneliti. Teori-teori yang sudah ada digunakan untuk memperkuat penelitian yang sedang dilakukan oleh peneliti.

9. Menuliskan Langkah-langkah yang Diambil Dalam Mencapai Tujuan

Dalam kegiatan membuat kerangka teori penelitian kualitatif seorang peneliti harus mampu menjelaskan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian yang bertujuan untuk mengetahui urutan penelitian, sehingga nantinya pelaksanaan penelitian dapat terarah dengan jelas. Kegiatan pengurutan ini dapat memudahkan peneliti dalam mengantisipasi apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

10. Bertanya kepada kakak tingkat atau alumni jurusan

Agar semakin menambah wawasan pengetahuan dan khasanah keilmuan, dalam kegiatan membuat kerangka teori penelitian kualitatif seorang peneliti dapat bertanya kepada kakak tingkat atau alumni yang mengambil jurusan yang sama, karena mereka telah berpengalaman dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif

11. Mengunjugi tampat favorit untuk mendapatkan inspirasi

Agar meningkatkan daya kemampuan dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif, seorang peneliti dapat mengunjungi tempat favorit atau tempat kesukaan. Ketika mengunjungi tempat kesukaan, pemikiran menjadi terbuka, dan gagasan baru dapat dengan mudah muncul. Sehingga semakin memudahkan dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif.

12. Mengetahui karakteristik dosen pembimbing

Sebagai mahasiswa tentu sering berjumpa dengan dosen ketika kegiatan pembelajaran, agar memudahkan dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif, seorang peneliti perlu mengenal karakteristik dosen pembimbing, agar kerangka teori penelitian yang diajukan sesuai dengan keinginan dosen dan dapat berjalan tanpa ada perbaikan.

13. Bertukar pengalaman dengan dosen, sahabat ataupun teman

Cara yang paling ampuh agar semakin menambah wawasan pengetahuan tanpa perlu menghabiskan waktu dan tenaga adalah dengan bertukar wawasan pengetahuan dengan bercerita pengalaman kepada dosen atau sahabat, sehingga semakin memudahkan dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif. 

14. Mencari kerangka teori penelitian yang dituliskan dalam penelitian terdahulu

Dalam tahapan membuat kerangka teori penelitian kualitatif tentu diperlukan berbagai jenis referensi dan pedoman, sehingga semakin menambah khazanah pengetahuan dan keilmuan, salah satu cara yang dapat dilakukan ialah dengan melihat hasil penelitian terdahulu, dan menjadikannya sebagai pedoman untuk dilakukan penyempurnaan. 

15. Perbanyak meminta saran dan masukan

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar semakin mudah dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif ialah dengan meminta saran dan masukan dari teman, sahabat atau siapa saja yang kita anggap memiliki pengalaman dan pengetahuan lebih dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif, dengan meminta masukan dari banyak pihak, semakin menambah khazanah pengetahuan dan semakin berkualitas dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif 

16. Menyusun kesimpulan sementara

Jika berbagai tahapan yang telah dijelaskan di atas telah dikerjakan, selanjutnya yang harus dilakukan oleh seorang peneliti dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif ialah dengan segera menyusun perpaduan sintesa atau kesimpulan sementara. Perpaduan sintesa yang terjadi antara variabel tersebut akan menghasilkan beberapa kerangka teori penelitian yang kemudian bisa atau dapat digunakan untuk kemudian merumuskan sebuah hipotesis.

17. Menyusun kerangka Berpikir

Tahap yang terakhir dalam tahapan membuat kerangka teori penelitian kualitatif ialah menyusun kerangka pemikiran yang dapat disajikan menggunakan skema, tahapan pembuatan kerangka teori penelitian akan lebih mudah dan cepat apabila seluruh tahapan yang telah dipaparkan dalam poin-poin di atas telah dikerjakan sesuai dengan urutannya.

18. Jangan lupa berdoa dan meminta restu orang tua

Setelah seluruh usaha dengan maksimal telah dilakukan sesuai tahapan yang telah dijelaskan di atas, jangan lupa berdoa kepada Allah SWT dan memohon restu orang tua agar dalam tahapan membuat kerangka teori penelitian kualitatif mendapatkan ridho dari Allah SWT dan dapat dengan cepat selesai sesuai dengan pedoman penulisan karya ilmiah.

Di atas ialah berbagai macam tips dan trik yang dapat anda gunakan agar memudahkan dalam membuat kerangka teori penelitian kualitatif. Jika anda membutuhkan bantuan terutama yang berhubungan dengan tahapan dan prosedur penulisan karya ilmiah ataupun hendak mengurangi tingkat plagiasi karya tulis anda, silahkan mengubungi nomer yang terdapat dalam layanan jasaturnitin.com 

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Youtobe = Jasa Turnitin

0 Komentar

Jika ada pertanyaan atau ingin order dengan senang hati kami akan melayani. Silahkan Chat dengan Customer Service kami

Customer Support