Cara Membuat Presentasi Powerpoint (PPT) Sidang yang Menarik

Cara Membuat Presentasi Powerpoint (PPT) Sidang yang Menarik - Tugas akhir tidak asing lagi bagi para mahasiswa, karena merupakan syarat wajib kelulusan bagi mahasiswa sendiri. Sering kali tugas akhir menakutkan, karena meskipun secara sks tidak terlalu banyak, namun sangat menentukan apakah mahasiswa layak lulus apa tidak.

Cara Membuat Presentasi Powerpoint (PPT) Sidang yang Menar


Rangkaian tugas akhir tidak hanya terfokus pada pengerjaan naskah ilmiahnya, namun ada beberapa rangkaian lain yang harus dituntaskan. Misalnya, seminar, penelitian, dan ujian atau sidang pendadaran. Dari beberapa survey, hal yang paling menakutkan pada rangkaian ini adalah sidangnya itu sendiri. Pasalnya, dosen penguji akan melihat seberapa siap dan layak mahasiswanya diluluskan. Yang menentukan lulus apa tidaknya mahasiswa biasanya dilihat bagaimana mempresentasikan hasil penelitiannya, ada mahasiswa yang tugas akhirnya sangat baik namun pada saat presentasi tidak maksimal dan akhirnya tidak lulus.

Sangat disayangkan bukan?  

Meskipun sudah sangat baik dalam mengerjakan naskah namun jangan lupa juga bagaimana baik dalam mempresentasikannya. Memang harus diperhatikan, bagaimana cara mempresentasikan hasil tugas akhir, dilihat dari bagaimana kekuatan penyampaian, isi materi powerpoint dan bagaimana powerpoint itu sendiri.

Materi powerpoint yang berkualitas terletak pada beberapa hal, dari konten yang disampaikan apakah mempresentasikan hasil penelitiannya apa tidak, poin poin yang disampaikan dan keindahan konten dari powerpoint itu sendiri. Selain materi powerpoint juga harus diperhatikan bagaimana cara presentasi yang baik agar dosen penguji mudah menangkap apa yang disampaikan nantinya.

Agar presentasi lebih menarik, kita perlu membuat slide presentasi yang baik pula. Slide ini nantinya berisi poin-poin penting dari materi tugas akhir. Tujuannya, agar para dosen penguji lebih memahami isi tugas akhir kita.

Bagaimana tips membuat slide PPT lebih menarik

Cara membuat PPT agar lebih menarik kuncinya ada 4: 1) simpel, 2) jelas, 3) konten desain 4) sesuai tujuan.

Pertama adalah simpel. Karena ketika presentasi kita terlalu lama dan banyak, dosen seringnya bosan dan bisa jadi memberi nilai yang kurang baik.

Beberapa yang dimaksud dengan simpel adalah

  • To the pointKarena ini adalah PPT atau powerpoint,  jadinya harus berisi poin-poin saja sehingga tidak perlu dituliskan semua isi naskahnya di dalam slide. Baiknya, sebelum membuat PPT harus menyiapkan catatan kecil yang berisi kata kunci di setiap bab naskahnya, sehingga ketika membuat powerpoin jadi lebih mudah dan cepat.
  • Satu slide baiknya tidak banyak bahasanArtinya, slide itu berfungsi untuk membagi penyampaian berdasarkan bahasannya. Jadi, jangan sampai satu slide berisi banyak bahasan sehingga pembaca dan dosen menjadi bingung.

 

Kedua adalah jelas. Yang dimaksud dengan jelas adalah kejelasan dari materi yang disampaikan dan pembuatan powerpontnya.

Beberapa poin yang menjadi kunci kejelasan powerpoint kita agar lebih menarik

  • Materinya jelas berdasarkan poin-poin yang disampaikan. Memberikan kata kunci di setiap slide, misal slide yang berisi metode penelitian dan sub babnya adalah sumber data. Sehingga, slide harus berisi 2 kata kunci yaitu metode penelitian yang dituliskan besar dan sumber data yang dituliskan dibawahnya (bisa disesuaikan). Sehingga dosen dan pembaca mudah menangkap apa yang sedang disampaikan mahasiswa di setiap slidenya.
  • Kejelasan dari powerpointnya. Dinilai dari besar kecilnya huruf, jenis huruf dan tambahan media lainnya seperti gambar atau video yang mendukung. Selain itu juga, powerpoint sebaiknya diberi nomor halaman agar memudahkan kita pada saat presentasi sehingga mudah mengatur kecepatan dan durasi.
  • Menampilan hal hal yang perlu ditekankan. Dalam membuat presentasi, terutama terkait dengan poin-poinnya, perlu ditambahkan poin-poin yang perlu ditekankan sehingga dosen lebih mudah dan cepat menangkap inti materi yang disampaikan mahasiswa.

Ketiga adalah konten desain PPTnya. Desain ini yang menentukan kualitas dari powerpoint, keindahan dan kreativitas pembuatan powerpoint akan menambah ketertarikan audiens (dosen) dalam mendengarkan presentasi kita.  Desain PPT ini dinilai menarik jika:

  • Gambar/ilustrasi jelas sesuai dengan bahasan yang disampaikan. Jangan sampai menambahkan gambar atau ilustrasi yang tidak sesuai dengan poin yang disampaikan. Ini sangat mengganggu dan menurunkan ketertarikan audiens dalam mendengarkan presentasi kita.
  • Menggunakan templet yang menarik. Usahakan disesuaikan dengan bahasan, misalnya presentasi sidang yang bertema pertanian organik. Penggunaan templetnya bisa yang lebih kreatif, berwana hijau kebiruan, dan gambar gambar pendukung baik sesuai.

Keempat adalah sesuai tujuan. Ketika membuat powerpoint kita harus menyesuaikan tujuan dari presentasi kita. Misal presentasi kita ditujukan untuk presentasi sidang skripsi, materi dan desain lebih formal. Slide pertama menjelaskan tentang judul, identitas mahasiswa dan dosen, univeritas, logo universitas dan gambar-gambar pendukung.

Kesesuaikan jenis desain PPT akan menentukan kesuksesan kita dalam presentasi. Jadi harus memerhatikan desain dan tujuannya seperti apa.

Kunci dari pembuatan powerpoint adalah persiapan sebelum membuat PPT, dari kita membuat poin-poin yang akan disampaikan, meriset desain yang cocok, mencari ilustrasi yang menarik, ini adalah kunci sebelum membuat PPT. Sehingga dalam pembuatan PPT tidak kebingungan di tengah- tengah pengerjaan.

Di atas ialah berbagai macam tips dan trik yang dapat anda gunakan agar memudahkan dalam membuat powerpoint (PPT) sidang ujian yang menarik. Jika anda membutuhkan bantuan terutama yang berhubungan dengan tahapan dan prosedur penulisan karya ilmiah, termasuk jasa editor PPT Ujian Sidang ataupun hendak mengurangi tingkat plagiasi karya tulis anda, silahkan mengubungi nomer yang terdapat dalam layanan Jasa Turnitin

Layanan kami memiliki Tim yang bekerja secara profesional & berpengalaman, jadi hasil dipastikan sangat maksimal & memuaskan. Terimakasih

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar

Jika ada pertanyaan atau ingin order dengan senang hati kami akan melayani. Silahkan Chat dengan Customer Service kami

Customer Support