10 Tips Ampuh Biar Judul Skripsimu Cepat di ACC Sama Dosen

 Cara Judul Skripsi di ACC Dosen - Skripsi merupakan mata kuliah yang paling serem menyenangkan di kalangan mahasiswa. Untuk memulai saja butuh usaha ekstra biar judul yang diajukan gak  ditolak terus sama dosen. Beruntungnya tulisan ini memberi tips cerdas biar judul skripsimu cepat di ACC.

Cara Judul Skripsi di ACC Dosen

Selain kerjas keras kamu juga harus kerja cerdas untuk mengerjakan skripsi. Selain gak menguras tenaga lebih banyak, waktu yang kamu gunakan juga bisa lebih efisien. Karena terkadang ide bisa datang dari siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Daripada penasaran., yuk simak baik-baik tips di bawah ini!

10 Tips Ampuh Biar Judul Skripsimu Cepat di ACC Sama Dosen

1. Tentukan Minatmu!
2. Baca berita
3. Baca Jurnal atau Artikel Ilmiah
4. Tulis Masalahmu
5. Malu bertanya sesat di skripsi
6. Jangan muluk-muluk sama skripsi
7. Gabung ke penelitian dosen
8. Ambil Tema Skripsi sesuai dengan kemampuanmu
9. Pastikan objek yang kamu teliti ada!
10. Minta Saran to The Lord Dosen

Berikut saya jelaskan setiap point nya terkait 10 Tips Ampuh Biar Judul Skripsimu Cepat di ACC Sama Dosen.

1. Tentukan Minatmu!

Gak usah jauh-jauh dulu deh. Sebelum semuanya mulai, bolpen, kertas dan laptopmu menyala, kamu harus tau dulu mata kuliah yang paling kamu sukai. Dari mata kuliah itu kamu bisa ambil suatu materi yang sekiranya cocok dan kamu sukai. Setelah itu kamu bisa menentukan kasus-kasus terkait materi tersebut. 

Minat ini sering dilupakan oleh mahasiswa karena sebenarnya mahasiswa banyak yang gak tau minatnya apa. Padahal minat ini penting agar ketika kamu mengerjakan skripsi, kamu juga tetap merasa senang. 

2. Baca berita

Berita di koran, website atau di televisi nyatanya bisa menyumbang pengetahuan buat ide kamu loh. Baca berita ini setidaknya kamu bisa menemukan permasalahan yang bisa kamu sangkutkan ke mata kuliah yang pernah kamu pelajari di kuliah. Skripsi itu utamanya adalah mencari masalah untuk kemudian dicari solusinya. Jadi, tau kan sebelum ambil judul untuk skripsi? Yups, cari masalah!

3. Baca Jurnal atau Artikel Ilmiah

Sebelum eksekusi lebih lanjut, wajib hukumnya kamu membaca artikel ilmiah atau karya tulisan lain biar idemu semakin berkembang. Karya tulis ini bisa lebih menguatkan apakah idemu bisa dibikin sebuah karya tulis? Apakah ada data serta analisa yang bisa digunakan? Atau apakah idemu mungkin untuk dilakukan? Dengan membaca banyak artikel ilmiah maka kamu akan mendapat gambaran apa saja komponen yang harus dituliskan. Jangan sampai idemu yang bagus itu hanya sebuah ide tanpa riset yaa!

4. Tulis Masalahmu

Ketika kamu makan tiba-tiba kepikiran ide yang brillian, cepat tulis jangan sampai idemu menguap. Hal ini dapat berguna ketika nanti pengajuan judul ke dosen kamu punya beberapa pandangan dan topik yang akan kamu angkat. Biar dosen yang memutuskan apakah judulmu layak dan mungkin untuk dilakukan. Dan ketika ditolak pun kamu masih punya banyak judul yang bisa kamu ajukan. Brilian!

5. Malu bertanya sesat di skripsi

Masih ragu dengan ide padahal udah banyak baca berita dan artikel ilmiah? Cobalah sering diskusi dengan dosen maupun kakak tingkatmu agar wawasanmu semakin luas. Barangkali dari mereka kamu bakal punya insight baru yang bakal berguna untuk skripsimu nanti atau malah kalau hoki kamu bisa dibantu untuk bikin judulnya. Minta juga tips dan triknya agar saat melangkah ke tahap selanjutnya kamu bisa menghindari kesalahan yang mungkin pernah dilakukan oleh kakak tingkatmu.

6. Jangan muluk-muluk sama skripsi

Maksudnya disini bukan karena penulis menyuruhmu untuk bikin skripsi asal-asalan yaa. Sering sekali mahasiswa muluk-muluk menentukan judul yang mentah. Bisa jadi judul udah ada tapi datanya nihil, alat analisanya enggak ngerti, atau malah gak bisa diukur dengan analisa akademik. Maka dari itu pentingnya membaca artikel ilmiah maupun skripsi dari kakak tingkatmu dulu adalah agar kamu bisa mengukur apakah judul ini kemungkinan bisa untuk dilakukan atau tidak.

7. Gabung ke penelitian dosen

Skripsi itu selain butuh mental yang kuat juga butuh biaya yang tidak sedikit. Daripada kamu pusing mikirin biaya untuk penelitian, mending gabung aja sama dosen yang punya proyek. Biasanya semua alat dan bahan penelitian sudah ditanggung oleh dosen. Bahkan ada dosen yang berbaik hati mengarahkanmu untuk menentukan judul. So, manfaatkan kesempatan emas itu.

8. Ambil Tema Skripsi sesuai dengan kemampuanmu

Tak jarang mahasiswa mengambil judul skripsi hanya karena terlihat bagus dan menarik padahal bisa jadi judul itu belum mampu dilakukan. Bagus sih judulnya, tapi kalau kemampuan kita terbatas ya mau tidak mau kita harus ganti judul sesuai dengan kemampuan dan minat kita. Hal ini mencegah agar kamu tidak kesusahan di kemudian hari. Atau kalau kamu tetep kekeh dengan pendirianmu, pastikan kamu didampingi oleh dosen yang mensupport kamu yaa! Semangat!

9. Pastikan objek yang kamu teliti ada!

Penting banget buat kamu biar kamu gak kecolongan ketika sudah mau mengerjakan pembahasan. Memang sih masih jauh, seminar proposal aja belum udah mikir sampai kesana. Eits, tapi jangan salah. Ada kejadian sudah seminar proposal tapi ternyata objek yang diteliti tidak ada atau tidak mencukupi syarat sebagai penelitian. Dampaknya kamu bisa disuruh bikin judul ulang loh. Serem kan? Untuk menghindari hal tersebut, pastika dulu objek yang kamu teliti tersedia yaa.

10. Minta Saran to The Lord Dosen

Ketika judul sudah di tangan. Segala analisa sudah dipelajari. Referensi jurnal siap disetorkan tapi dosen kamu gak setuju ya sama aja bohong. Memang ada dosen yang tidak setuju dengan judul yang telah kita pikirkan matang-matang. Bukan berarti dosennya benci sama kamu ya! Tapi bisa jadi karena judul yang kamu ambil masih ada kekurangan yang bisa jadi dapat menghambat kamu dikemudian hari atau mungkin penjelasanmu kurang memikat hati dosen. Jangan langsung patah semangat ketika dosen menolak judulmu. Tapi kamu bisa langsung minta saran agar judulmu cepet di ACC. Yeay!

Gimana? Sudah mulai ada pencerahan kan? Memang kalau kata orang kalau sudah putus asa sama skripsi pengennya nikah aja! Tapi semoga dengan 10 Tips Ampuh Biar Judul Skripsimu Cepat di ACC Sama Dosen tips di atas, kamu bisa lebih tangkas dan cepat untuk menentukan judulmu dan lebih cepat lulus sarjana membahagiakan kedua orang tua. Semangat!

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar

Jika ada pertanyaan atau ingin order dengan senang hati kami akan melayani. Silahkan Chat dengan Customer Service kami

Customer Support