CARA MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA OTOMATIS MS. WORD, MUDAH BANGET!

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Ms. Word - Daftar pustaka merupakan bagian  yang harus ada dalam penulisan karya ilmiah dalam bentuk apapun, seperti skripsi, tesis, jurnal, dan lain-lain. Sebab daftar pustaka menjadi indikasi suatu karya tulis itu dapat dipertanggungjawabkan atau tidak, sekaligus dapat dinilai kualitas karya tersebut. Semakin banyak dan valid referensi dalam daftar pustaka yang digunakan menjadikan tulisan ilmiah tersebut lebih bisa dipercaya keabsahan teorinya. Referensi valid yang dimaksudkan yaitu referensi yang bersumber dari literatur yang dapat dipertanggungjawabkan keilmuannya, misalnya: buku, laporan hasil penelitian, jurnal penelitian, artikel ilmiah, karya ilmiah lainnya.

CARA MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA OTOMATIS MS. WORD

Melihat pentingnya daftar pustaka dalam penulisan karya ilmiah, sehingga dunia ketatabahasaan sepakat untuk membuat aturan penulisan daftar pustaka secara baku. Ada beberapa versi format penulisan daftar pustaka dalam aturan internasional, seperti: APA style, ISO 690, Turabian, MLA, IEEE dan lainnya. Masing-masing memiliki perbedaan format penulisan yag cukup detail misalnya pada peletakan, titik, koma ataupun format huruf. Bahkan dalam bahasa Indoenesia juga terdapat aturan penulisan daftar yang rinci pula.

Pengaturan penulisan baik menurut aturan internasional maupun bahasa Indonesia, setiap sumber referensi memiliki aturan penulisan yang berbeda, contoh:

(Jurnal Ilmiah)

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, (10), 11-21.

(Buku)

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan (cetakan ketujuh). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

(Prosiding)

Fathiyati, R., & Utami, R. P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa SMA/MA Kelas XI Semester 2 Materi Pokok SIstem Reproduksi Manusia. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS (pp. 211-218). Surakarta: Pendidikan Biologi FKIP UNS.


Maka Jasa Turnitin memberikan tips untuk mempermudah penulisan daftar pusaka dapat dibuat secara otomatis melalui ms. word, yang caranya adalah sebagai berikut


1. Menyisipkan Sitasi

Penyisipan sitasi merupakan hal yang sekaligus dilakukan dalam pembuatan daftar pustaka otomatis. Cara membuat sitasinya yaitu dengan:

klik menu reference pada menu bar ms. word

CARA MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA OTOMATIS MS. WORD


2. Mengatur jenis format penulisan daftar pustaka dan sitasi 

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa dalam penulisan daftar pustaka terdapat jenis format yang berbeda-beda. Maka seorang penulis karya ilmiah juga harus memahami jenis format daftar pustaka sesuai dengan aturan yang diterapkan, misalnya APA style yang hampir sama dengan aturan tata tulis daftar pustaka dalam bahasa Indonesia.

CARA MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA OTOMATIS MS. WORD


3. Mengisi data referensi
Setelah memilih jenis format penulisan, klik 'insert citation' untuk memasukkan data referensi yang digunakan sekaligus membuat sitasi di akhir kalimat atau paragraf sesuai data yang dipakai sebagai bahan teori atau literatur. 

CARA MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA OTOMATIS MS. WORD

Setelah klik 'insert citation' untuk menambahkan sitasi bisa mengklik 'Add New Source...' hingga muncul kotak dialog seperti di bawah ini

CARA MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA OTOMATIS MS. WORD

Dalam kotak dialog tersebut bisa dimasukkan data sesuai jenis referensi yang digunakan, bisa buku, jurnal ilmiah, artikel periodik, report dan lainnya.


4. Memasukkan Daftar Pustaka
Setelah semua sitasi dan sumber referensi selesai dimasukkan, pada akhir tulisan bisa dimasukkan daftar pustakanya dengan cara: klik 'bibliography' lalu memilih jenis tampilan Daftar Pustaka yang diinginkan.

CARA MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA OTOMATIS MS. WORD

Nanti akan memunculkan list daftar pustaka seperti berikut 

CARA MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA OTOMATIS MS. WORD

Daftar Pustaka secara otomatis bisa muncul dengan runtut dan sistematis tanpa bersusah payah menyusun ulang. 

Satu lagi yang menjadi sangat memudahkan dalam penggunaan sistem ini yaitu apabila ada penambahan sitasi atau sumber tidak perlu kesulitan menyisipkannya pada list Daftar Pustaka yang sudah rapi, tapi cukup mengklik 'update citations dan bibliography'

Jika anda masih kesulitan dalam pembuatan Daftar Pustaka atau penataan penulisan karya ilmiah, jasa kami bisa membantu secara profesional. Jangan ragu menghubungi layanan jasa terpercaya kami di Jasa Turnitin

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Youtobe = Jasa Turnitin

0 Komentar