11 Tips Mudah Mengerjakan Skripsi di Masa Pandemi, Lulus Cepat!

11 Tips Mudah Mengerjakan Skripsi di Masa Pandemi, Lulus Cepat! - Menyelesaikan skripsi merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa, bahkan seringkali menjadi momok tersendiri. Apalagi di masa pandemi yang mengharuskan banyak kegiatan dijalankan secara online. Hal tersebut semakin menyulitkan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi atau tugas akhir, karena beberapa penyebab, seperti: kesulitan berkonsultasi dengan dosen, akses mencari data di lapangan, dan sebagainya. 

Meskipun sulit, tapi bukan berarti tidak bisa disiasati dengan beberapa tips mengerjakan skripsi di masa pandemi dari Jasa Turnitin berikut ini:

Tips Mudah Mengerjakan Skripsi

1. Pemilihan judul yang tepat

Judul yang dipilih haruslah disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang mendukung. Maksudnya, judul ataupun tema skripsi harus disesuaikan dengan referensi yang mudah diakses, serta fasilitasi dan kemampuan yang mencukupi. Usahakan judul tersebut dalam penelitiannya bisa dilakukan secara online.

2. Sesuaikan judul skripsi dengan bidang dosen pembimbing

Kesalahan yang sering mahasiswa lakukan dalam mengerjakan skripsi yaitu memilih judul atau tema penelitian yang tidak sesuai dengan bidang dosen pembimbing akademik. Agar pengerjaan skripsi dapat berjalan dengan lancar, tentukanlah judul yang berhubungan dengan tupoksi dosen pembimbing.

3. Mencari objek yang mudah dijangkau

Objek adalah hal utama yang perlu di perhatikan, jika kita berada di kampung, carilah objek yang ada di kampung tersebut, terutama pada saat pendemi ini usahakan objeknya mudah untuk dijangkau sesuai kemampuan.

4. Jangan terpengaruh oleh lingkungan

Di masa pandemi ini, kebanyakan mahasiswa berada di kampung halaman masing-masing. Suasana kampung halaman ini sangat mempengaruhi pola pikir dan semangat mahasiswa dalam pengerjaan skripsi. Untuk itu, jangan sampai suasana rumah membuat kamu lalai dalam pengerjaan skripsi. Tetaplah fokus dan mengatur waktu dengan baik. Ciptakanlah susasan yang nyaman agar skripsimu dapat diselesaikan dengan baik

5. Mengoptimalkan penggunaan media teknologi secara tepat

Referensi merupakan hal yang paling utama dalam pembuatan skripsi. Di saat sekarang ini referensi merupakan problem utama yang menjadi penghalang dalam pembuatan skripsi. Jadi cobalah untuk memanfaatkan teknologi seperti e-book, jurnal dan berbagai referensi lainnya yang mendukung pengerjaan skripsimu

6. Banyak-banyak membaca

Kamu tidak akan dapat menulis skripsi dengan baik jika tidak diiringi dengan membaca. Sebab membaca adalah pondasi dalam penulisan skripsimu. Bacalah referensi sebanyak-banyaknya, sebab itu akan sangat membantumu dalam menciptakan ide dan berabgai gagasan. Selain itu membaca adalah kewajiban bagi seorang yang terpelajar.

7. Rajin berkomunikasi dengan dosen

Pada masa pandemi seperti saat ini mempertahankan komunikasi menjadi sebuah hal penting untuk mengoptimalkan berbagai pekerjaan jarak jauh, salah satunya skripsi. Penerapan kebijakan konsultasi skripsi online membuat mahasiswa terhambat dalam pengerjaan karena tidak semua dosen dapat merespon konsultasi secara cepat seperti ketika konsultasi offline. Maka mahasiswa harus menjadwalkan waktu berkomunikasi dan konsultasi dengan dosen secara tepat. Cari waktu-waktu yang sekiranya dosen tersebut senggang, jangan menghubungi terlalu sering yang terkesan sangat menganggu beliau. Jangan lupa gunakan kalimat yang sopan dalam setiap percakapan

8. Berkomunikasi dengan kakak tingkat yang pernah mengambil judul atau objek serupa 

Selain dengan dosen, perbanyak juga komunikasi dengan kakak tingkat yang sudah lulus dan pernah mengabil skripsi yang memiliki beberapa kesamaan denganmu, seperti: kesamaan objek, kesamaan jenis penelitian, kesamaan metodologi, kesamaan instrumen, kesamaan dosen pembimbing ataupun kesamaan lainnya. Hal  ini perlu dilakukan karena bisa mempermudah kita dalam proses pengerjaan, sebab  tak jarang para kakak kelas akan  memberikan saran atau tips.

9. Membuat target dan timeline yang jelas

Pembuatan target yang disertai timeline yang jelas bisa meningkatkan semangat sehingga terpacu dalam mengerjakan skripsi. Selain itu adanya target dan timeline membuat aktivitas pengerjaan lebih terukur dan tertata

10. Perbanyak doa dan berbuat baik

Dalam setiap proses selalu terdapat faktor X yang bisa mempengaruhi keberhasilannya. Faktor X yang dimaksud diantaranya adalah doa dan perbuatan baik. Dalam pengerjaan skripsi keberadaan faktor X juga bisa sangat mempengaruhi, maka dari itu tetap perbanyak doa supaya dipermudah dan jangan berhenti berbuat baik ke sekitar.

11. Jaga kesehatan badan dan jiwa

Menjaga kesehatan badan dan jiwa juga tidak kalah pentingnya. Terlebih di masa pandemi yang sangat rentan untuk setiap orang bisa terserang Covid19. Dengan tubuh dan jiwa yang sehat pengerjaan skripsi bisa lebih optimal dan efektif.

Sekian tips pengerjaan skripsi di masa pandemi. Jika kalian masih mengalami kesulitan bisa meminta bantuan tim kami untuk menyelesaikan skripsi kalian. Jangan ragu menghubungi layanan jasa terpercaya kami di Jasa Turnitin


Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar