11 Cara Lolos Cek Plagiarisme Turnitin 100% Aman dan Akurat

11 Cara Lolos Cek Plagiarisme Turnitin 100% Aman dan Akurat - Bagi mahasiswa yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta dan Sumatera Selatan khususnya, pasti tidak asing lagi dengan aturan beberapa kampus mengenai pelarangan mahasiswa untuk bertindak curang dan plagiat terhadap karya ilmiahnya. Beberapa kampus di Indonesia, bahkan Kementerian Ristekdikti saja sudah ada aturannya bahwa mem-plagiat suatu karya seseorang tanpa mengutipnya dengan baik dan benar, adalah sebuah tindakan yang tidak diperbolehkan dan dilarang di masing masing instansi pendidikan, khususnya perguruan tinggi.

11 Cara Lolos Cek Plagiarisme Turnitin 100% Aman dan Akurat


Faktanya, tidak semua mahasiswa mempunyai ilmu dan pengetahuan yang cukup bagaimana agar karya ilmiah yang mereka buat hasilnya baik dan tidak ada plagiarismenya. Kemampuan cara lolos cek plagiarisme tidak semua mahasiswa memilikinya dengan baik, yang kemudian dalam bahasan ini akan dijelaskan cara lolos cek plagiarisme melalui turnitin.

Berikut 11 cara lolos cek plagiarisme turnitin.

1. Jangan asal copy and paste
2. Tuliskan sumber agar tidak dianggap plagiarisme
3. Menghindari menggunakan dokumen legal
4. Membaca artikelnya dengan seksama dan pahami konsep dasar tulisan
5. Temukan dan buat kata kunci setiap kalimat.
6. Baca kosakata dan istilah
7. Kembangkan dengan kata kunci tersebut
8. Belajar ilmu pengetahuan umum
9. Baca kembali kalimat yang telah dibuat
10. Cek turnitin untuk melihat plagiarismenya
11. Koreksi apabila ada yang kena plagiat

Di artikel ini nantinya akan dibahas bagaimana cara menghindari plagiarisme dengan baik agar lolos turnitin. Pembahasannya akan disajikan di bawah ini:

1. Jangan asal copy and paste.

Hindari asal comot atau jiplak dari sumber aslinya. Ini pasti akan kena turnitin, sehingga baiknya tidak asal copas saja, perlu untuk memparafrasenya.

2. Tuliskan sumber agar tidak dianggap plagiarisme.

Di dalam menulis suatu kutipan yang berasal dari beberapa sumber baiknya menggunakan sitasi atau bukti sumber pustaka agar tidak plagiarisme.  

3. Menghindari menggunakan dokumen legal.

Undang-Undang, Ketetapan Presiden, Peraturan Menteri, Peraturan Pemerintah adalah dokumen-dokumen yang redaksi dan maknanya tidak dapat kita ubah. Pencantuman atau pengutipan dari dokumen ini cenderung memiliki persentase kemiripan yang tinggi, jadi cara menghindari plagiarisme agar lolos turnitin ketiga kalau tidak terpaksa sebaiknya hindari penggunaan sumber dari dokumen legal seperti ini.

4. Membaca dengan seksama artikelnya dan pahami konsep dasar tulisan yang kamu buat.

Artikel yang akan kita kutip, harus dibaca dengan baik. Pembagiannya misal: satu paragraf dibaca dengan baik hingga menemukan anti dan makna dari paragrafnya. Semua ini dilakukan agar terhindari dari plagiat, membaca dan menangkap inti kalimat adalah cara menghindari plagiarisme.

Dalam menulis kembali kutipan, hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah dengan memahami konsep dasar serta struktur kalimat yang digunakan di dalam tulisan tersebut. Sehingga mudah dalam memahami tujuan dari artikelnya per kalimat dan paragrafnya. Serta ketika sudah memahami akan mudah untuk menuliskan dalam gaya bahasa sendiri sehingga lolos cek plagiarisme karena sisi originalitasnya tinggi.

5. Temukan dan buat kata kunci setiap kalimat. 

Ketika sudah menemukan makna dari paragraf tersebut, lebih baik dibagi per kalimatnya untuk menentukan kata kunci dari setiap kalimatnya. Pemilihan kata kunci tersebut yang nantinya akan menentuk garis besar kalimatnya yang maknanya sama dengan kalimat aslinya sehingga mudah lolos cek plagiarisme.

6. Perkaya kosakata dan istilah

Agar mudah dalam menulis sebuah karya dengan memparafrase, tulisan dan artikel yang sudah dibaca nantinya kamu akan menceritakan kembali memakai gaya bahasa sendiri dengan menggunakan kata pengganti yang memiliki arti serupa dengan teks aslinya. Namun ini tidak sembarang, karena kamu harus mengusai kata dan istilah tertentu sehingga mudah dalam mengembangkannya dalam bentuk kalimat yang utuh.

7. Kembangkan dengan kata kunci tersebut.

Ketika sudah menemukan kata kunci, mulai menuliskan makna dari tulisan yang kita baca tersebut dengan menggunakan kata-kata dan gaya bahasa kita sendiri. Ini dilakukan sebagai cara lolos cek plagiarisme.

8. Belajar ilmu pengetahuan

Pada umumnya, banyak orang yang seringkali tersesat dan tak bisa bangkit lagi saat sedang membuat parafrase. Sebabnya? Bingung menentukan mana yang perlu dikutip, mana yang bisa digunakan secara bebas. Sehingga perlu sekali dalam mengetahui ilmu ilmu pengetahuan umum, apalagi ketika sudah mengusai ilmu ilmu umum dapat mudah dalam mengembangkan kalimat demi kalimat. Mengusai ilmu yang lebih luas adalah bagian dari cara lolos cek plagiarisme.

9. Baca kembali kalimat yang sudah dibuat.

Setelah selesai, bandingkanlah tulisan versi kita dengan versi aslinya, untuk meyakinkan bahwa versi kita maknanya sama dengan versi aslinya, sehingga ini bagian dari cara menghindari plagiarisme dengan baik agar lolos cek plagiarisme..

10. Cek turnitin untuk melihat dimana plagiarime.

Ketika sudah memparafrase selesai, lebih baik kamu mengecek plagiarime kutipan yang dibuat dengan turnitin cek direkomendasikan menggunakan www.turnitin.com atau jika belum mempunyai akun premium kamu bisa menggunakan jasa yang murah.

11.  Koreksi apabila ada yang kena plagiat

Ketika dalam mengecek terdeteksi plagiarisme maka kamu bisa memerhatikan kata atau kalimat mana yang terdeteksi, sehingga kamu bisa memperbaiki kalimat yang terdeteksi agar lolos cek plagiarisme.

Namun, tidak semua mahasiswa bisa mengetahui cara lolos cek plagiarisme atau mengakses dengan baik website, tools, dan softwarenya. Jika teman-teman ingin mengecek turnitin karya paper kamu, lebih baik menggunakan jasa. Karena tidak semua mahasiswa mampu membayar mahal aplikasinya, sehingga lebih murahnya menggunakan jasa saja.

Di atas ialah berbagai macam tips dan trik yang dapat kamu gunakan agar memudahkan pengecekan TURNITIN karya paper, skripsi, jurnal, dan essay. Jika kamu membutuhkan bantuan terutama yang berhubungan dengan tahapan dan prosedur penulisan karya ilmiah, termasuk jasa TURNITIN  ataupun hendak mengurangi tingkat plagiasi karya tulis kamu, silahkan mengubungi nomer yang terdapat dalam layanan jasaturnitin.com

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar