8 Jenis data penelitian kuantitatif beserta pengertian dan contohnya

8 Jenis data penelitian kuantitatif beserta pengertian dan contohnya - Penelitian kuantitatif merupakan salah satu metode penelitian yang kerap digunakan oleh banyak akademisi dalam melakukan riset. Penelitian kuantitatif dapat dipahami sebagai riset yang secara teknis bersifat sistematis, terstruktur, dan terencana dengan jelas. Hal umum yang membedakan penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitiatif adalah jenis data.

8 Jenis data penelitian kuantitatif beserta pengertian dan contohnya


8 Jenis data penelitian kuantitatif beserta pengertian dan contohnya

  1. Pengertian data kuantitatif
  2. Jenis data kuantitatif berdasarkan metode penelitan yang digunakannya
  3. Jenis data kuantitatif berdasarkan kontinyuitasnya
  4. Jenis data kuantitatif berdasarkan level pengukurannya
  5. Data Nominal
  6. Data Ordinal
  7. Data Interval
  8. Data Rasio

Pengertian data kuantitatif

Data kuantiatif merupakan data yang diperoleh dari proses riset yang dilakukan dengan terstruktrur atau berpola, sifat yang demikian membuat pembaca akan lebih mudah untuk membaca hasil temuan yang ada. Data kuantatif dapat diperoleh dengan jalan beberapa jalan, dan salah satunya yakni dengan kuisioner. Cara memperoleh data kuantitatif dengan kuisioner yakni berupa kegiatan penyebaran pertanyaan atau dalam bentuk kuis yang telah ditentukan jawabannya, responden diharuskan untuk memilih jawaban yang representatif atas dirinya. Hasil atau jawaban responden akan menjadi bahan analisis dalam penelitian.

Jenis data kuantitatif berdasarkan metode penelitan yang digunakannya

Data penelitian memang terbagi menjadi beberapa jenis, dan setiap jenis data yang digunakan oleh peneliti harus sesuai dengan metode penelitian yang digunakan. Secara umum berdasarkan metode penelitiannya data kuantitatif dibagi menjadi dua, yakni data kuantitaif dan data kualitatif.

Pertama, data kuantitatif dalam dunia research secara umum berupa angka, namun dapat juga berupa data kuantitatif yang dikuantifikasikan. Kedua, data kualitatif dapat diketahui dalam bentuk kalimat, kata, dan gambar. Perlu dikatahui bahwa dalam memperoleh data, baik data kuantitatif maupun data kualitatif keduanya memiliki perbedaan cara dalam mendapatkan data. Data kuantitatif secara umum dapat diperoleh dengan quesioner, namun dapat juga didapatkan dari suatu lembaga tertentu atau data sekunder. Sedangkan data kualitatif secara umum dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, pengamatan, dokumentasi, literatur sejenis, dan lain sebagianya.

Jenis data kuantitatif berdasarkan kontinyuitasnya

Data kuantitatif berdasarkan kontinyuitasnya dibedakan menjadi dua, yakni: Data diskrit dan data kontinyu. Secara sederhana Data Diskrit dapat dimengerti sebagai data yang mungkin bernilai terbatas serta angka satu dengan  yang lain jelas tidak bersatu. Contoh: data jumlah orang di ruang tamu, maka hasilnya 5 orang atau 8 orang, bukan 7,5 orang, 8,5 orang dan lain sebagainya. Sedangkan Data Kontinyu yakni data dengan jumlah angka yang tidak terbatas. Lebih jelasnya yakni seperti contoh data usia anak, seperti 10,4 tahun, 11,5 tahun, dan lain sebagainya.

Jenis data kuantitatif berdasarkan level pengukurannya

Data berdasarkan level penting untuk diketahui, karena akan ada suatu pengaruh bagi peneliti dalam memperlakukannya atau mengoperasionalkannya. Data kuantitatif yang berdasar pada level pengukurannya dibagi menjadi 4 macam, yakni sebagai berikut:

a. Data Nominal

Data nominal atau dalam berntuk angka bukan merupakan prosedur atas suatu tindakan pengukuran, namun angka nominal adalah hasil pemberian. Lebih jelasnya bahwasannya angka yang dimaksudkan hanya sebagai label yang menjadi pembeda antara subjek atau objek satu dengan lainnya. Contoh: nomer dada pada atlet lomba lari yang selalu berbeda antar satu pemain dengan pemain lainnya (angka sebagai identitas). Selain digunakan sebagai identitas, angka dalam bentuk nominal dapat digunakan untuk keperluan kategori atas suatu hal. Contoh, anak perempuan diberi angka 1 sedangkan perempuan diberi angka 2, angka-angka tersebut hanya digunakan dalam urusan pengkategorian atau sebagai identifikasi, serta angka-angka tersebut dapat berubah dengan catatan tidak sama antara satu angka dengan yang lainnya.

b. Data Ordinal

Data ordinal dapat digunakan sebagai penjenjang atau dengan kata lain data ini berupa untuk memperlihaktan peringkat. Contoh data hasil tes kenaikan kelas, seseorang yang meduduki peringkat pertama bilamana skor yang diperoleh 90, peringkat kedua memperoleh skor 80, dan lain seterusnya. 

c. Data Interval

Data interval adalah data yang diperolah atas pengukuran data ordinal yang berjarak serta berjenjang secara tetap atau sama. Perlu dimengerti bahwasannya nilai inteval tidak mutlak memiliki nol (0). Secara sederhana dapat dicontohkan dengan sebagai berikut, joko dan juki sedang mengikuti lomba lari maraton, joko telah menempuh 20 meter dan juki berhasil dalam posisi 30 meter lebih hanyak dari pada joko. Hasil pengukuran tersebut sama dengan sani yang telah menempuh 60 meter dan helmi berhasil mencapai 70 meter. Penting untuk dimengerti bahwa, kalian tidak boleh menyataan 70 meter adalah dua kali  lebih cepat dari pada 35 meter. 

d. Data Rasio

Data rasio merupakan data interval dengan kepemilikan angka nol mutlak. Lebih jelasnya yakni, angka nol (0) yang terdapat dalam skala rasio menujukan bahwasanya sesuatu yang sedang diukur tidak terdapat dalam objek. Data ini dapat di contohkan dengan data berat, dat panjang, data waktu, dan lain sebagainya.

Data-data diatas merupakan data yang sering digunakan dalam penelitian kuantitatif. Setiap jenis data memiliki cirinya tersendiri. Data-data di atas sangat penting bagi keberhasilan pelaksanaan penelitian kuantitatif.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19


Keyword: 

  • sumber data penelitian kuantitatif
  • jenis-jenis data penelitian
  • contoh data kuantitatif dalam bentuk tabel
  • data kuantitatif adalah
  • data kualitatif
  • jenis data penelitian pdf
  • contoh data penelitian
  • data yang diperoleh dalam penelitian kuantitatif berupa
  • jenis data penelitian
  • jenis data penelitian kuantitatif
  • jenis data kualitatif
  • jenis data kuantitatif
  • data kuantitatif yang disusun berdasarkan jarak tertentu disebut
  • jenis data kualitatif dan kuantitatif
  • jenis data dalam penelitian kualitatif
  • jenis jenis data kualitatif

0 Komentar