9 Langkah Cara Cek Plagiat Turnitin Mudah dan Cepat

9 Langkah Cara Cek Plagiat Turnitin Mudah dan Cepat - Satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari status mahasiswa adalah tugas akhir. Entah berupa skripsi, tesis, atau laporan praktikum. Buat kamu mahasiswa dari Sumatera Selatan, Bengkulu, Aceh, Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten dan Jawa Barat. Dalam pengerjaannya, ada persyaratan minimal untuk kesamaan (similaritynya). Sehingga perlu untuk dicek plagiatnya. Namun ternyata banyak mahasiswa yang belum mengetahui cara cek plagiat.

9 Langkah Cara Cek Plagiat Turnitin Mudah dan Cepat

Di bahasan kali ini, akan dijelaskan bagaimana cara cek plagiat karya ilmiah dengan situs www.turnitin.com karena dianggap paling akurat dan cepat hasilnya. Sehingga mahasiswa dalam membuat karya ilmiah yang ebih baik tidak memiliki tingkat plagiat yang tinggi. Ada beberapa cara cek plagiat karya ilmiah yang dijelaskan secara rinci di bawah ini.

1. Buka web www.turnitin.com dan login masukkan Account dan Password
2. Klik Submit
3. Isi identitas seperti nama dan file dan masukan file yang akan dicek plagiat pada box di bawahnya, jika sudah selesai upload, periksa identitas dan filenya
4. Klik ‘confirm’ ketika semuanya sudah benar
5. Klik ‘return to assignment list’ untuk melihat hasil cek plagiatnya
6. Klik di box presentase plagiatnya untuk mengetahui lengkapnya
7. Klik ‘match overview’ untuk mengetahui sumber kesamaan plagiatnyanya
8. Untuk download file hasil dengan klik ‘current view’
9. Bila ingin mengecek plagiatnya kembali, klik resubmit dan ulangi langkah sebelumnya.

Akan dijelaskan lebih detilnya lagi bagaimana cara cek plagiat karya ilmiah mahasiswa. Sehingga mahasiswa dari manapun berada, baik dari Sumatera Selatan, Bengkulu, Aceh, Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Selatan,  Jawa Barat dan wilayah lainnya terbantu dengan artikel ini.

1. Buka web www.turnitin.com dan Masukkan account dan password

Langkah pertama adalah membuka alamat web cek plagiatnya. Kemudian

Klik login untuk masuk ke akun turnitin, jika belum mempunyai akun klik register untuk membuat akun turnitin cek plagiat karya ilmiah.  Masukan username dan password kemudian masuk akun turnitin untuk cek plagiat karya ilmiah. Apabila belum memiliki akun maka klik ‘register’ terlebih dahulu.

2. Klik submit

Jika sudah masuk ke akun turnitin kamu. Klik submit untuk mengecek plagiat file kamu. Kemudian nanti akan muncul box identitas.

3. Isi identitas seperti nama dan file dan Masukan file yang akan dicek plagiat pada box di bawahnya, kika sudah selesai upload, periksa identitas dan filenya

Isi identitas berupa nama dan nama artikel kamu. Identitas ini diisi nantinya sebagai nama pengerjaan kamu ketika melihat hasil. Kemudian masukan file yang akan dicek plagiatnya, kamu perlu mengisi “Submission title” dan memilih file yang akan diupload, bisa dari komputer, Dropbox, atau Google Drive. Klik “Open” dan kemudian pilih “Upload”, lamanya waktu meng-upload disini bergantung oleh besarnya file dan kerena sistem akan mengecek tiap-tiap lembar dari makalah. Periksa kembali pengerjaan kamu dengan melihat nama file dan file yang kamu upload. Hal ini diperlukan agar pengerjaan kamu tidak mengulangi dua kali dalam mengerjakan cek plagiat.

4. Klik “confirm” ketika semuanya sudah benar

Setelah selesai kita dapat mengetahui keterangan file yang di-upload, jika semuanya sudah benar, klik “confirm” untuk melanjutkan pengerjaan.  

5. Klik ‘return to assignment list’ untuk melihat hasil cek plagiatnya

Kamu dapat meng-klik “Return to assignment list” dan mengecek hasil dari cek plagiatnya.

6. Klik di box presentase plagiatnya untuk mengetahui lengkapnya.

Tunggu sebentar sampai muncul hasil plagiatnya. Untuk mengetahui laporan similarity lebih lanjut, kita dapat meng-klik pada presentase similarity yang tertera. Selanjutnya akan muncul window baru mengenai laporan similarity yang lebih detail.

7. Klik ‘match overview’ untuk mengetahui sumber kesamaan plagiatnya

Kemudian pada toolbar di sebelah kanan kita dapat memilih “Match Overview” untuk mengetahui sumber-sumber yang memiliki kesamaan (plagiatnya) dengan tulisan pada makalah.

8. Untuk donwload file hasil dengan klik ‘current view’

Kamu dapat mengunduh makalah yang telah ditkamui ini dengan meng-klik logo download, kemudian pilih “Current View”.

9. Bila ingin mengecek plagiatnya kembali, klik “resubmit” dan ulangi langkah sebelumnya.

Jika kamu ingin mengek kembali plagiatnya, klik “resubmit” dan ulangi pengerjaan seperti langkah sebelumnya untuk melihat hasil cek plagiatnya.

Berikut diatas dijelaskan bagaimana cara cek plagiat karya ilmiah melalui website www.turnitin.com. Bahasan diatas untuk mempermudah mahasiswa darimanapun berada, baik dari Sumatera Selatan, Bengkulu, Aceh, Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Selatan, Jawa Barat dan wilayah lainnya yang terbantu dengan artikel ini dalam membuat karya ilmiah yang lebih baik dengan mengetahui cara cek plagiat karya ilmiah sendiri.

Di atas ialah berbagai macam tips dan cara yang dapat kamu gunakan untuk cek plagiat karya ilmiahkamu cukup 15 menit saja. Jika kamu membutuhkan bantuan terutama yang berhubungan dengan tahapan dan prosedur penulisan karya ilmiah, termasuk jasa TURNITIN  ataupun hendak mengurangi tingkat plagiasi karya tulis kamu, silahkan mengubungi nomer yang terdapat dalam layanan jasaturnitin.com mudah dan cepat.  

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar