2 Cara Membuat 2 Halaman dalam 1 File di Ms Word secara Mudah dan Sederhana

2 Cara Membuat 2 Halaman dalam 1 File di Ms Word secara Mudah dan Sederhana - Microsoft Word adalah sebuah perangat lunak atau yang dikenal dengan sebutan “Software” yang dipakai untuk mengolah kata. Kegunaannya sangatlah penting bagi seluruh kalangan  masyarakat, khususnya para akademisi, yakni untuk memudahkan berbagai pengerjaan tugas yang berkaitan dengan pengolahan kata.

2 Cara Membuat 2 Halaman dalam 1 File di Ms Word secara Mudah dan Sederhana

Microsoft Word merupakan software yang sering digunakan untuk menuliskan berbagai jenis karya dari seorang akademisi. Didalamnya pengguna dapat menyusun seluruh karnyanya sesuai dengan format yang ditentukan instansi atau universitas. Misalnya seperti pembuatan nomor halaman yang berbeda dalam suatu karya atau tulisan.

Cara membuat halaman berbeda dalam satu file atau ndakah sangatlah mudah untuk dilakukan, cukup dengan beberapa step atau langkah yang simpel untuk menyelesaikannya. Namun juga tidak jarang ditemukan induvidu yang kebingungan dalam menyelesaikan hal seperti ini.

Cara membuat halaman berbeda dalam satu file dapat dilakukan dengan dua langkah, yakni sebagai berikut:

Cara Pertama,

  • Buka file Ms Word yang akan kalian beri halaman dengan format nomor yang berbeda. Kalian pastikan bahwa file yang kalian miliki belom diberikan halaman. Atau jika kalian telah mencoba membuat halaman yang berbeda dan tidak berhasil maka disaraknkan untuk menghapusnya dan ikuti tutorial ini.
  • Klik Insert, lalu Klik Page NumberKalian harus memberikan halaman terlebih dahulu pada tehap kali ini, sebelum membuat halaman yang berbeda. Caranya yakni  klik Insert lalu klik Page Number, dan kalian dapat memilih lokasi halaman yang diinginkan, yakni ada: Top of Page, Bottom of Page, Page Margins, dan Current Position.
  • Klik tab Header & Footer toolsDalam tahap ini kalian dapat memformat halaman yang kalian inginkan. Secara umum dalam karya tulis ilmiah diawali dengan halaman berjenis romawi seperti (i, ii, iii, dst). Cara ini dapat kalian lakukan dengan klik tab Header & Footer tools, lalu klik Page Number, lalu klik Format Page Number. Lalu kalian pilih format halaman yang berbentuk romawi. Lalu OK.
  • Pembuatan halaman yang berbeda. Proses ini dapat dilakukan dengan cara tempatkan kursor pada halaman yang hendak diubah format angkanya yakni dengan klik tab Page Layout, lalu klik Breaks, dan klik Next Page.
  • Masih tetap di halaman ini, kalian klik tab Insert, lalu klik Page Number, lalu klik Format Page Number. Disini kalian dapat mengganti bentuk dari angka halaman sesuai yang kalian inginkan. Biasanya setelah halaman romawi dalam karya tulis ilmiah dilanjutkan dengan format angka (1, 2, 3, dst).
  • Selesai.

Bila kalian hendak melakukan perubahan jenis angka pada hlaman selanjutnya, kalian dapat mengulang cara yang telah dijelaskan di atas pada halaman selanjutnya.

Cara Kedua,

  • Buka file Ms Word yang akan kalian beri halaman dengan format nomor yang berbeda. Kalian pastikan bahwa file yang kalian miliki belom diberikan halaman. Atau jika kalian telah mencoba membuat halaman yang berbeda dan tidak berhasil maka disaraknkan untuk menghapusnya dan ikuti tutorial ini.
  • Klik Insert, lalu Klik Page Number. Kalian harus memberikan halaman terlebih dahulu pada tehap kali ini, sebelum membuat halaman yang berbeda. Caranya yakni  klik Insert lalu klik Page Number, dan kalian dapat memilih lokasi halaman yang diinginkan, yakni ada: Top of Page, Bottom of Page, Page Margins, dan Current Position. Kalian letakkan Kursor pada halaman yang hendak kalian bedakan format penomoran halamannya.
  • Lalu kalian klik tab Layout, lalu klik Breaks, dan klik Next PageTindakan ini akan membuat dokumen yang kalian memiliki terbagi menjadi dua section.
  • Penomoran halaman yang berbedaKalian dapat langsung meletakkan Kursor pada Header & Footer atau klik Header & Footer di bagian section satu / pertama dengan memformat jenis angka atau huruf halaman. Caranya yakni dengan klik Insert, lalu klik Page Number, dan klik Format Page Numbers. Pilih jenis angka atau huruf halaman yang diinginkan. Secara umum karya tulis ilmiah diawal dengan halaman romawi (i, ii, iii, dst). Jangan lupa kalian non aktifkan Link to Previous yang dapat ditemukan di tabs Layout saat kalian masih didalam Header & Footer.
  • Selanjutnya untuk merubah format halaman pada bagian setelah halaman romawi, yakni  kalian klik klik Header & Footer di bagian section dua / kedua dengan memformat jenis angka atau huruf halaman. Caranya yakni dengan klik Insert, lalu klik Page Number, dan klik Format Page Numbers. Pilih jenis angka atau huruf halaman yang diinginkan. Secara umum karya tulis ilmiah menempatkan format angka pada halaman setelah romawi yakni (1, 2, 3, dst). Jangan lupa kalian non aktifkan Link to Previous yang dapat ditemukan di tabs Layout saat kalian masih didalam Header & Footer.
  • Selesai.

Cara membuat halaman berbeda dalam satu file dapat kalian praktekan seperti dua cara diatas. Cara tersebut sangat mudah untuk dipraktikan, dengan demikian maka karya tulis ilmiah yang kalian buat dapat memenuhi syarat format penulisan yang telah ditentukan.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Youtobe = Jasa Turnitin

9. Whatsapp = 083150026906

0 Komentar