Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuat Abstrak yang Baik dan Benar

Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuat Abstrak yang Baik dan Benar - Abstrak adalah bagian dalam penyusunan karya ilmiah yang umumnya harus dipahami mahasiswa. Berikut ulasan lengkap mengenai pengertian, manfaat, dan cara membuat abstrak yang baik dan benar.

Cara Membuat Abstrak yang Baik dan Benar

Abstrak bagi mahasiswa merupakan istilah yang tidak asing dan tentunya menjadi bagian dari perkuliahan. Hanya saja tidak semua mahasiswa memahami apa itu abstrak sebenarnya, manfaatnya, maupun cara pembuatannya. Secara umum, abstrak adalah ringkasan dari sebuah karya ilmiah. Biasanya abstrak dibuat dalam dua versi bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Abstrak merupakan bagian yang dibuat paling akhir dari karya ilmiah, hanya saja penempatannya berada di paling awal halaman suatu karya ilmiah. Berikut ulasan lebih lengkap mengenai mengenai pengertian, manfaat, dan cara membuat abstrak yang baik dan benar.

Pengertian Abstrak

Abstrak adalah uraian/ikhtisar secara singkat namun lengkap dari suatu karya ilmiah yang isinya memuat permasalahan yang diangkat dalam penelitian, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan. Abstrak harus dibuat secara singkat, padat, dan jelas, namun tetap memperhatikan aturan dan sistematika dari penulisan karya ilmiah. Biasanya jumlah kata dalam abstrak sebanyak 250 sampai 300 kata. Jumlah paragraf dalam abstrak biasanya terdiri dari tiga sampai empat paragraf dan dilengkapi dengan tiga kata kunci utama dalam penelitian.

Manfaat Abstrak

Abstrak adalah salah satu komponen utama dan syarat dalam penulisan karya ilmiah. Abstrak mempunyai manfaat baik bagi penulis maupun pembaca. Manfaat abstrak diantaranya dapat memudahkan pembaca dalam mengidentifikasi keseluruhan isi dari karya ilmiah secara cepat dan akurat. Abstrak dapat memudahkan pembaca untuk mengetahui hubungan atau relevansi dari penelitian yang sedang dicari dengan abstrak yang terkait. Pembaca juga dapat menggunakan abstrak sebagai rujukan atau review.

Cara Membuat Abstrak yang Baik dan Benar

Abstrak adalah ringkasan dari karya ilmiah yang memuat latar belakang masalah sampai dengan kesimpulan. Untuk membuat abstrak yang baik dan benar, berikut ulasan lengkap yang perlu diikuti dalam penyusunan abstrak dari suatu karya ilmiah yang telah selesai dibuat.

1. Menuliskan Latar Belakang Masalah

Pada paragraf pertama abstrak dapat diisi dengan menuliskan latar belakang masalah dari penelitian. Paparkan dengan jelas alasan mengapa masalah tersebut diangkat dalam penelitian, sehingga pembaca dapat mengetahui gambaran lebih jelas tujuan dari penelitian.

2. Menuliskan Metode Penelitian

Pada bagian paragraf kedua abstrak adalah memaparkan metode penelitian yang digunakan, jumlah populasi, sampel, sampai dengan metode analisis yang digunakan. Penjelasan mengenai metode penelitian dan metode analisis yang digunakan ini nantinya dapat memberikan gambaran kepada pembaca bagaimana peneliti dalam mengolah data, sehingga hasil pengolahan data dapat dipertanggungjawabkan.

3. Menuliskan Hasil Penelitian dan Kesimpulan

Pada bagian paragraf ketiga dapat diisi dengan hasil dan temuan dari penelitian yang dijelaskan secara ringkas. Penulis atau peneliti dapat menambahkan kesimpulan yang berisi tentang interpretasi penulis dari penelitian yang dilakukan.

4. Memasukkan Kata Kunci

Kata kunci dapat diambil dari poin-poin dari keseluruhan penelitian, fungsinya yaitu untuk memudahkan pembaca dalam mencari penelitian tersebut secara online. Kata kunci dapat diletakkan di akhir paragraf.

Bagian tambahan yang bisa dimasukkan peneliti dalam abstrak adalah kajian pustaka berupa teori-teori yang digunakan dalam penelitian. Jarak spasi yang digunakan dalam abstrak adalah single spacing. Penulisan bahasa Inggris dalam abstrak bahasa Indonesia dapat ditulis dengan cetak miring.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar