Cara Membuat Daftar Pustaka dari Buku, Skripsi, Jurnal, dan Internet

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Buku, Skripsi, Jurnal, dan Internet - Penulisan daftar pustaka dalam karya ilmiah harus disusun sesuai dengan aturan yang berlaku. Lebih lengkapnya simaklah cara membuat daftar pustaka dari buku, skripsi, jurnal, dan internet berikut.

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Buku, Skripsi, Jurnal, dan Internet

Daftar pustaka merupakan sekumpulan referensi yang digunakan sebagai sumber atau rujukan dalam penulisan suatu karya ilmiah. Daftar pustaka menunjukkan bahwa suatu karya ilmiah juga menggunakan berbagai pemikiran orang lain sebagai referensi selain pemikiran dari penulis sendiri. Pembaca juga dapat mencari tahu lebih dalam mengenai topik atau suatu permasalahan tertentu melalui rujukan yang tertera dalam daftar pustaka.  

Penulisan daftar pustaka tidak semuanya sama dan formatnya berbeda tergantung dari mana sumber rujukan yang diambil. Beberapa sumber yang biasa dijadikan rujukan dalam suatu karya ilmiah yaitu buku, skripsi, jurnal, internet, dan lainnya. 

cara membuat daftar pustaka berdasarkan sumber rujukan yang digunakan.

1. Daftar Pustaka dari Buku

Menulis daftar pustaka yang diambil dari buku dapat dilakukan menggunakan format umum dalam penulisan daftar pustaka yaitu dengan urutan nama penulis, tahun terbit buku, judul buku, dan terakhir cantumkan kota beserta nama penerbit. Berikut cara penulisannya secara umum:

Nama Belakang, Nama Depan. Tahun. Judul Buku. Nama Kota: Penerbit.

Beberapa kondisi mungkin bisa saja terjadi dalam proses penulisan daftar pustaka yang bersumber dari buku yaitu:

  • Apabila terdapat angka di dalam nama penulis, maka tuliskan angka tersebut setelah nama penulis.
  • Apabila tidak ditemukan nama penulis, maka tuliskan judul, tahun terbit buku, dan lokasi terbitnya.
  • Daftar pustaka yang diambil dari beberapa buku dengan penulis yang sama dapat ditulis secara berurutan berdasarkan tahun yang lebih dulu terbit.
  • Daftar pustaka yang diambil dari buku terjemahan dapat ditulis dengan menambahkan (Nama Penerjemah, Terjemahan) setelah penulisan judul buku.

2. Daftar Pustaka dari Skripsi

Penulisan daftar pustaka yang sumbernya dari skripsi atau karya ilmiah lainnya dapat ditulis dengan format berikut:

Nama Penulis. Tahun Terbit. “Judul”. Skripsi/Tesis/Disertasi. Nama Fakultas, Nama Jurusan, Nama Universitas, Kota/Kabupaten Universitas.

3. Daftar Pustaka dari Jurnal

Penulisan daftar pustaka yang sumbernya berasal dari jurnal, makalah, dan koran dapat ditulis dengan format berikut:

Nama Penulis. Tahun Terbit. Judul. Nama Jurnal/Makalah/Koran, Volume (Issue atau Nomor), Halaman.

4. Daftar Pustaka dari Internet

Beberapa referensi karya ilmiah juga dapat diambil dari internet atau website, berikut format penulisan daftar pustakanya:

Nama Penulis. Tahun. Judul Halaman. Tanggal diakses, cantumkan halaman website.

Selain dengan cara manual, daftar pustaka dapat juga dibuat secara otomatis  di Microsoft Word yaitu dengan cara berikut:

1. Buka Microsoft Word > References > Insert Citation > Add New Source.
2. Tuliskan data-data pada kotak dialog yang berkaitan dengan sumber dan klik Ok.
3. Masukkan semua sumber yang hendak dikutip, lalu lakukan Manage Source serta pilih buku/berita/artikel yang akan dikutip.
4. Lalu tulis dan kutip sumber dengan cara klik pada Insert Citation dan arahkan pada sumber yang sebelumnya telah di manage.
5. Apabila proses pengutipan telah selesai, proses insert daftar pustaka selanjutnya dapat dilakukan secara otomatis dengan cara klik Style pada toolbar yang sama, klik Bibliography dan daftar pustaka secara otomatis selesai dibuat.

Tata cara penulisan daftar pustaka yang dibahas sebelumnya sangat penting diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah, hal tersebut akan membantu penulis/peneliti dapat menyelesaikan tulisan atau karya akademisnya dengan pantas dan tentu berkualitas.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar