Mahasiswa Jangan Skip! Begini Caranya Membuat PPT untuk Sidang Skripsi yang Menarik

Cara Membuat PPT untuk Sidang Skripsi yang Menarik - Agar presentasi menjadi lebih menarik dan tidak membosankan, mahasiswa dapat mengikuti cara membuat ppt untuk sidang Skripsi yang ulasannya dibahas  secara lengkap dalam artikel ini.

Cara Membuat PPT untuk Sidang Skripsi yang Menarik

Presentasi dalam sidang skripsi merupakan aktivitas yang dilakukan dengan tujuan untuk mempresentasikan dan mempertanggungjawabkan hasil karya penelitian dari mahasiswa yang bersangkutan. Keberhasilan presentasi mahasiswa dapat ditentukan banyak faktor, salah satunya yaitu tampilan slide yang ditayangkan. Slide yang hanya menampilkan tulisan penuh tentu akan membosankan. Template yang memiliki banyak ilustrasi atau terlalu ramai juga akan menghilangkan fokus audience. Untuk mempertahankan fokus audience  dan memaksimalkan presentasi mahasiswa, berikut:

cara membuat ppt untuk sidang skripsi menjadi lebih menarik dan detail.

1. Strukur Isi atau Konten

Isi atau konten yang akan dimasukkan dalam ppt untuk sidang skripsi harus diperhatikan kerapian dan keruntutannya. Tentukan terlebih dahulu informasi atau poin-poin penting yang akan disampaikan, hal ini akan membuat presentasi menjadi lebih efisien. Kemudian masukkan poin-poin penting dari informasi yang ingin disampaikan tersebut secara runtut, hal ini akan memudahkan mahasiswa untuk mengingat bagian informasi yang akan disampaikan. Dosen atau audience juga akan lebih mudah dalam mengikuti alur presentasi.

Sebagai gambaran, pada slide pertama dapat diisi dengan judul skripsi, nama penyusun, nama pembimbing, dan dentitas kampus. Slide kedua dapat diisi dengan permasalahan ang ingin diangkat dalam latar belakang masalah dan hal menarik yang ingin diteliti. Slide ketiga diisi dengan rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Slide keempat dapat diisi dengan kajian pustaka, slide kelima diisi dengan metode penelitian dan metode analisis. Slide berikutnya dapat diisi dengan hasil dan pembahasan dan diakhiri dengan penutup berupa kesimpulan dan saran.

2. Tampilan atau Desain Slide

Buatlah tampilan atau desain slide ppt untuk sidang skripsi secara optimal, artinya elemen apapun yang ditampilkan harus diperhatikan dengan baik tata letak dan komposisinya. Hindari memasukkan tulisan penuh pada slide, hal ini akan membuat ppt terlihat sesak. Gambar dan grafik yang digunakan juga harus sesuai dengan informasi yang dibahas dalam slide. Tata letak dan komposisi warna dari tulisan, gambar, maupun grafik juga sebaiknya lebih diperhatikan.

3. Gunakan Template PPT

Agar tampilan ppt untuk sidang skripsi menjadi lebih menarik, mahasiswa dapat menggunakan template ppt yang dapat diakses secara gratis melalui website-wbsite penyedia download template ppt secara gratis. Mahasiswa dapat memilih tema template yang sesuai dengan informasi yang akan disampaikan. Beberapa website yang dapat dikunjungi mahasiswa untuk mendapatkan template ppt secara gratis yaitu Free Powerpoint Templates Design, Slidescarnival, Powerpointify, Hislide.io, Slidesgo, 24slides.com, Graphicmama, dan Envato.

Sebelum melakukan presentasi, pastikan terlebih dahulu ppt untuk sidang skripsi yang dibuat tidak ditemukan kesalahan dalam pengetikan. Beberapa cara tersebut akan membantu mahasiswa dalam memaksimalkan presentasi agar sidang skripsi menjadi lebih baik dan menarik.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar