12 Cara Agar Tenang Saat Menghadapi Ujian Skripsi

12 Cara Agar Tenang Saat Menghadapi Ujian Skripsi - Terkhusus mahasiswa akhir, ujian skripsi adalah bagian yang ditakutkan dalam menempuh kelulusan skripsi. Ada beberapa mahasiswa yang pada akhirnya diminta untuk mengulang ujiannya karena tidak lulus, padahal secara naskah bisa jadi karyanya bagus sekali. Sangat disayangkan bukan, hal ini menjadikan suatu hal yang penting dalam memahami bagaimana cara ampuh untuk menaklukkan sidang skripsi.

12 Cara Agar Tenang Saat Menghadapi Ujian Skripsi

Di bawah ini disajikan bagaimana cara ampuh untuk menghadapi sidang skripsi dengan tenang. 

1. Berdoa sebelum memulai
2. Persiapan materi yang akan disampaikan
3. Membuat PPT ujian yang baik
4. Membaca dan memahami poin penting 
5. Konsultasi ke pada teman dan dosbing 
6. Memahami karakter dosen penguji
7. Menjaga kesehatan
8. Latihan presentasi dengan baik
9. Persiapan alat presentasi 
10. Persiapan pakaian sidang dengan baik
11. Minta doa restu kepada orang tua
12. Istirahat biar tenang 

Menjadi bagian yang terpenting untuk memahami cara menghadapi ujian skripsi dengan tenang. Karena ketenangan bagian dari kesuksesan sendiri. Cara menghadapi ujian skripsi dengan mudah dan tenang. 

1. Berdoa sebelum memulai

Tidak semua orang memahami bahwa usaha yang telah dilakukan harus dilimpahkan dan berserah kepada Allah dan berdoa untuk diberi kelancaran dalam menghadapi ujian skripsi, karena Tuhan adalah bagian dari pengatur kehendak berjalannya hidup kita, sehingga melibatkanNya adalah bagian dari cara ampuh untuk menghadapi ujian skripsi dengan tenang. 

2. Persiapan materi yang akan disampaikan

Persiapkan dengan baik materi yang akan kamu sampaikan, pahami poin poin yang akan disampaikan, materi skripsi kamu dibuat catatan kecil sehingga kamu bisa membacanya kembali disaat ujian mau mulai atau pada saat ujian diberi kesempatan untuk membuka catatan. 

3. Membuat PPT ujian yang baik

Salah satu syarat ujian adalah membuat power point presentasi ujian materi skripsi. Ini bagian dari hal yang wajib, sehingga diusahakan dibuat jauh hari sehingga kamu bisa membaca PPTmu dengan lancar. Beberapa poin penting menjadi catatan yang bisa disampaikan di PPT sendiri, sehingga tidak hanya luas sekali apa yang disampaikan. PPT menjadi salah satu penilaian juga dalam ujian skripsi maka dari itu dalam pembuatannya diharapkan serius dan bagus tampilannya supaya dosen bisa nyaman dan menambah penilaian di nilai ujian skripsimu. 

4. Membaca dan memahami poin penting 

Kunci dalam menjawab pertanyaan dosen adalah memahami poin penting dari penelitian, sehingga lebih mudah dalam membuat catatan kecil dan pertanyaan latihan serta jawabannya. Dalam hal ini sangat terbantu sekali apabila kamu sudah membuat catatan tersebut. 

5. Konsultasi ke pada teman dan dosbing 

Dalam melajari persiapan ujian kamu bisa bertanya kepada teman yang sudah ujian atau kakak tingkat mengenai materi, dosen penguji, testimoni dan sebagainya. Ini adalah cara ampuh untuk menghadapi ujian skripsi karena kamu bisa memahami apa yang perlu disiapkan dengan matang. 

6. Memahami karakter dosen penguji

Karakter dosen penguji harus dipelajari sebelum ujian dimulai agar mengerti sejauh mana nantinya pertanyaan diutarakan dan penilaian dari dosen penguji tersebut. Informasi ini bisa didapatkan dari kakak tingkat dan teman kamu sendiri. Ketika sudah mamahami karakter dari dosen penguji kamu bisa menghadapi ujian lebih tenang karena kamu sudah punya tips dan cara yang ampuh dalam menjawab pertanyaan yang akan diajukan oleh dosen penguji. 

7. Menjaga kesehatan

Jaga kesehatan, itu sangat penting sekali karena jika kondisi fisik kita tidak sehat dan siap maka akan kurang maksimal dalam melaksanakan ujian skripsi. Kesehatan ini tidak hanya mencakup kesehatan fisik namun juga kesehatan mental, maka dari itu harus diupayakan ketika sebelum ujian harus rajin menjaga kesehatan dengan rutin olahraga ringan, makan yang bergizi dan tepat waktu, dan tidak begadang. 

8. Latihan presentasi dengan baik

Setelah PPT sudah dibuat, maka diusahakan sebelum presentasi harus latihan terlebih dahulu. Latihan sebanyak mungkin, sehingga kamu nanti lebih lancar dalam mempresentasikan materi skripsi kamu. Usahakan latihan ini h-2 hari, karena h-1 diusahakan hanya mempersiapkan soal mentalnya saja. 

9. Persiapan alat presentasi 

Selain menyiapkan PPT sidang atau ujian skripsi, kamu bisa menyiapkan kira kira media apa saja yang diperlukan dalam membantu presentasi kamu. Sebagai contoh misal laptop, spiker, atau kalau dilaksanakan online kamu bisa cek kekuatan koneksi internet kamu dan juga kamera cadangan laptop sendiri. Sehingga kamu bisa siap dan ready dengan segala yang ada, dan kamu bisa menghadapi dengan mudah ujian skripsi kamu. 

10. Persiapan pakaian sidang dengan baik

Selain itu, hal yang perlu disiapkan selanjutnya adalah pakaian sidang. Misal ada beberapa fakultas atau prodi dengan kebijakan dimana harus memakai seraga tertentu, baju putih berdasi dengan celana bahan hitam. Sehingga kamu harus menyiapkannya sebaik mungkin agar kamu tidak terburu buru dan tidak terganggu ketika belum punya sehingga kamu bisa meminjam ke teman kamu sendiri. 

11. Minta doa restu kepada orang tua

Doa orang tua dan teman teman adalah salah satu obat mujarab dalam menjalani ujian skripsi, Sehingga dengan kerelaan hati kamu harus meminta mereka doa restu agar didoakan supaya ujian kamu lancar dan tenang. 

12. Istirahat biar tenang 

Yang terakhir adalah istirahat dengan tenang, dengan ketenangan hati maka kamu akan lebih mudah dalam persiapan mental dan fisik kamu. Misal kamu malam hari ketika besoknya ujian masih saja begadang menyiapkan ujian, bisa jadi kamu tidak fokus dengan ujian kamu. Lebih baik adalah istirahat yang cukup agar lebih tenang dalam menghadapi ujian skripsi. 

Diatas adalah 12 cara ampuh agar bisa menghadapi ujian skripsi dengan tenang. Karena ujian skripsi adalah bagian dari syarat kelulusan sehingga kamu harus memahami dan menyiapkannya sebaik mungkin. 

Di atas ialah berbagai macam tips dan trik yang dapat anda gunakan agar ujian skripsi bisa dihadapi dengan tenang. Jika anda membutuhkan bantuan terutama yang berhubungan dengan tahapan dan prosedur penulisan karya ilmiah, termasuk jasa TURNITIN  ataupun hendak mengurangi tingkat plagiasi karya tulis anda, silahkan mengubungi nomer yang terdapat dalam layanan jasaturnitin.com

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

11. Youtobe = Jasa Turnitin

0 Komentar