6 Teknik Sampling Dalam Penelitian Kualitatif - 0831 5002 6906

6 Teknik Sampling Dalam Penelitian Kualitatif – Disertasi, tesis, skripsi, dan tugas akhir adalah hasil karya mahasiswa yang diminta sebagai syarat kelulusan. Hasil karya ini dapat dikatakan tugas terakhir dalam perkuliahan yang dibuat oleh seseorang mahasiswa sebelum kelulusan tiba. 

6 Teknik Sampling Dalam Penelitian Kualitatif


Skripsi dan jenis karya ilmiah lain dalam dunia perkuliahan merupakan tulisan ilmiah yang ditulis atas dasar riset pada suatu kejadian atau fenomena tertentu. Dalam membuatnya pun tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena terdapat metode yang wajib diapilikasikan di dalamnya.

Dua jenis penelitian secara umum

A. Penelitian kualitatif

Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang tidak menganggap penting suatu generalisasi, dalam  penelitian ini peneliti selalu menentukan suatu cara dengan berbagai pertimbangan dalam memilih sampel, sehingga sampel yang diambil dapat memberikan segala informasi yang peneliti butuhkan. Seluruh infor masi yang diberikan oleh informan adalah data yang sangat penting yang nantinya akan dinarasikan dalam bentuk kata-kata, inilah perbedaan mendasar dengan penelitian kuantitatif yang sebagaian besar data didominasi angka dan bukan dalam bentuk narasi kata.

B. Penelitian kuantutatif

Penelitian kuantutatif adalah jenis penelitian yang berusaha membaca data dalam bentuk angka melalui proses analisis. Sifat dari penelitian ini cukup beragam seperti: deskriptif, korelasi, dan asosiatif berdasarkan hubungan antarvariabelnya. Dominasi data dalam bentuk angka lebih banyak dari pada penelitian kualitatif.

Penelitian kualitatif kali ini akan dibahas lebih panjang, terutama di lingkaran teknik sampling atau teknik pengambilan sampel penelitian. Bilamana dibandingan dengan penelitian kuantitatif, maka teknik sampling atau teknik pengambilan sampel penelitian akan jelas berbeda, karena setiap jenis penelitian akan ada versinya atau kekhasannya masing-masimg.

Daftar Isi 6 Teknik Sampling Dalam Penelitian Kualitatif

1. Definisi sampel dan teknik pengambilan sampel
2. Jenis teknik sampling atau teknik pengambilan sampel dalam penelitian kualitatif
a) Purposive sampling
b) Systematic purposive sampling
c) Stratified purposive sampling
d) Snowball sampling
e) Qouta sampling
f) Convenience


1. Definisi sampel dan teknik pengambilan sampel

Sampel adalah bagian kecil dari suatu populasi yang dipakai dalam suatu riset untuk diperoleh informasi atau datanya. Dalam penelitian kualitatif sampel yang ada di lapangan tidak mendapat suatu kepastian terkait jumlahnya. Jumlah sampel peneloitian dapat ditetapkan oleh peneliti sendiri, namun bilamana data telah jenuh biasanya jumlah sampel yang diteliti akan dicukupkan, atau dengan kata lain bilamana informasi yang hendak dicari telah tercukupi maka jumlah sampel akan menyersuaikan kondisi data. 

Teknik pengambilan sampel atau yang sering disebut dengan teknik sampling. Secara sederhana teknik sampling dapat dipahami sebagai suatu cara untuk menentukan sapel penelitian baik itu penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif. 

2. Jenis teknik sampling atau teknik pengambilan sampel dalam penelitian kualitatif

a) Purposive sampling (sampel bertujuan)

Purposive sampling atau pengambilan sampel bertujuan merupakan salah satu dari beberapa taknik sampling yang digunakan sebagai alternatif untuk mencari informan atau sumber data. Teknik sampling jenis ini dalam penentuan sampelnya dilakukan bebrapa persiapan seperti memberikan standar informan atau kriteria yang ditetapkan sebelumnya oleh peneliti. Teknik sampling jenis ini masuk dalam kategori sampel non-probabilitas. Teknik sampling tersebut dipakai untuk menemukan sampel secara lohis dan hati-hati, hal ini dilakukan guna memperoleh informan yang sesuai keinginan.

b) Systematic purposive sampling (sampel sistematis)

Teknik sampling jenis ini difahami dengan cara memilih informan penelitian atau pengambilan sampelnya yakni dengan mengurutkan nilai interval ataupun jarak interval tertentu.

c) Stratified purposive sampling

Teknik sampling ini diketahui sebagai salah satu dari teknik pengambilan sampel dalam penelitian kualitatif, yakni dengan mengelompokan sampel kedalam berbagai macam populasi dan setelah itu dari setiap populasi akan diambil beberapa perwakilan untuk mewakili kelompoknya.

d) Snowball sampling

Teknik snowball sampling dalam penelitian kualitatif dipahami sebagai salah satu dari beberapa jenis teknik sampling yang banyak digunakan. Teknik sampling ini adalah salah satu cara memperolah sampel dari suatu populasi tertentu. Secara teknis, teknik sampling ini mendapat sampel penelitian dengan jalan atau melalui informan sebelumnya yang ditetapkan sesui dengan kriteria peneliti. Setiap informan yang terpilih akan diwawancarai dengan teknik indept interview atau wawancara mendalam, dan bilamana diketahui data yang diungkapkan informan telah jenuh atau habis, maka penggalian data akan dihentikan dan beralih ke informan selanjutnya.

e) Qouta sampling

Teknik sampling ini dapat dipahami secara sederhana, yakni sebagai salah satu teknik sampling dalam penelitian kualitatif yang berupaya untuk menekan jumlah dari sampel yang hendak diteliti. Jadi peneliti dalam hal ini menentukan jumlahnya terlebih dahulu sebelum penggalian data dilekukan.

f) Convenience atau accidental sampling

Merupakan salah satu teknik sampling dalam penelitian kualitatif yang secara teknis cara menentukan sampelnya dilakukan dengan cara acak, yakni siapa saja yang ditemui di lapangan secara kebetulan atau siapa saja yang dijumpainya akan diambil sebagai sampel penelitian.

Enam teknik sampling diatas merupakan jenis-jenis taknik sampling yang umumnya dipakai dalam penelitian kualitatif. Teknik sampling digunakan sebagai salah satu alternatif dalam unuk mendapatkan sampel penelitian, dengan menerapkan teknik sampling diatas, maka peneliti akan semakin dimudahkan untuk memperolah data dari sampel-sampel yang dikehendaki.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19


Keyword: 

  • teknik sampling penelitian kualitatif pdf
  • teknik sampling dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif
  • jurnal teknik pengambilan sampel penelitian kualitatif pdf
  • teknik pengambilan sampel kualitatif menurut sugiyono
  • contoh teknik sampling
  • sampel dalam penelitian kualitatif
  • purposive sampling adalah
  • cara menentukan jumlah sampel dalam penelitian kualitatif
  • teknik sampling dalam penelitian kuantitatif
  • teknik sampling dalam penelitian kualitatif
  • teknik pengambilan sampel penelitian kuantitatif
  • teknik sampling dalam penelitian kuantitatif
  • teknik pengambilan sampel pada penelitian kualitatif
  • metode sampling kualitatif
  • pengambilan sampel dalam penelitian kualitatif
  • teknik snowball dalam penelitian kualitatif

0 Komentar