8 Tips Mengerjakan Skripsi Menjadi Lebih Mudah dengan Menyiapkan Beberapa Hal Ini. Yuk, Simak Ulasannya!

8 Tips Mengerjakan Skripsi Menjadi Lebih Mudah - Penasaran apa saja yang harus disiapkan mahasiswa semester akhir sebelum menyusun skripsi? Yuk, simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini agar penyusunan skripsi menjadi lebih mudah dan lancar.

8 Tips Mengerjakan Skripsi Menjadi Lebih Mudah

Skripsi merupakan salah satu syarat mutlak dalam kelulusan mahasiswa di sebagian besar kampus. Hanya saja tidak sedikit mahasiswa yang menganggap skripsi sebagai momok yang menakutkan atau dianggap cukup sulit. Pada kenyataannya skripsi tidak semenakutkan itu dan pengerjaannya dapat lebih mudah apabila mahasiswa melakukan persiapan yang matang sebelum menyusun skripsi. Berikut beerapa hal yang perlu disiapkan sebelum membuat skripsi agar pengerjaannya menjadi lebih mudah dan lancar.

  • Lakukan Observasi di Lapangan
  • Perbanyak Baca Jurnal dan Artikel Ilmiah
  • Lakukan Analisa Skripsi
  • Siapkan Beberapa Judul Skripsi
  • Kenali Tipe Dosen Pembimbing
  • Buat Target Waktu
  • Kebal Terhadap Revisi
  • Sharing dengan Teman Senasib

8 Tips Mengerjakan Skripsi Menjadi Lebih Mudah

1. Lakukan Observasi di Lapangan

Sebelum menyusun skripsi, sebaiknya perbanyak lakukan observasi secara langsung di lapangan. Semakin banyak informasi dan gagasan yang didapat, maka semakin banyak pula topik atau tema yang dapat diangkat dan dibahas dalam skripsi.

2. Perbanyak Baca Jurnal dan Artikel Ilmiah

Membaca jurnal dan artikel ilmiah akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang akan menyusun skripsi, karena keduanya merupakan versi ringkas dari skripsi. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk memperbanyak referensi dan memberi gambaran mengenai bagaimana skripsi akan disusun dan dibuat. Jurnal dan artikel ilmiah dapat pula menjadi rujukan saat penyusunan skripsi berlangsung.

3. Lakukan Analisa Skripsi

Mahasiswa dapat pula memperbanyak referensi dengan membaca dan menganalisa skripsi-skripsi yang dibuat oleh kakak tingkat. Biasanya skripsi ini dapat ditemukan dengan mudah di perpustakaan kampus, bisa juga didapatkan secara online melalui Google Cendekia. Dengan menganalisa dari bab ke bab akan membantu mahasisa memahami secara mendalam bagaimana skripsi akan disusun.

4. Siapkan Beberapa Judul Skripsi

Agar proses penyusunan skripsi lebih lancar, siapkan beberapa judul yang akan diteliti dan digunakan sebagai cadangan apabila sewaktu-waktu pengajuan judul ditolak. Hal ini akan meminimalisir waktu dalam penyusunan skripsi.

5. Kenali Tipe Dosen Pembimbing

Sebelum menyusun skripsi, ada baiknya mahasiswa mengenali tipe dan karakteristik dari dosen pembimbing. Tujuannya agar mahasiswa dapat dengan mudah beradaptasi dengan dosen pembimbing, sehingga komunikasi selama pengerjaan tetap berjalan baik.

6. Buat Target Waktu

Menentukan target waktu sangat penting agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu. Target waktu yang dibuat akan memacu mahasiswa untuk lebih fokus pada skripsinya dan tidak terdistraksi pada gangguan-gangguan di kemudian hari. Mahasiswa juga dapat mengetahui sejauh mana kemajuan skripsi yang sedang disusun.

7. Kebal Terhadap Revisi

Dalam penyusunan skripsi biasanya akan sering mendapat revisi perbaikan dari dosen pembimbing, sehingga mahasiswa perlu kebal terhadap hal ini. Melakukan revisi akan menjadi makanan sehari-hari bagi pejuang skripsi, jadi jangan biarkan hal ini mempengaruhi bahkan mematahkan semangat.

8. Sharing dengan Teman Senasib

Mengerjakan skripsi dan melakukan penelitian sendiri tentu cukup membuat bosan, sehingga mahasisa perlu berkumpul dan saling sharing dengan teman yang senasib. Dengan begitu mahasiswa akan mendapat motivasi baru dan tentu tidak merasa sendiri.

Dengan menyiapkan beberapa persiapan tersebut, penyusunan skripsi yang dianggap sulit akan menjadi lebih mudah. Perbanyak referensi dan selalu menjaga motivasi akan sangat membantu dalam kelancaran penyusunan skripsi.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar