17 Tips Menyelesaikan Skripsi Agar Cepat Dan Selesai Tepat Waktu

17 Tips Menyelesaikan Skripsi Agar Cepat Dan Selesai Tepat Waktu - Skripsi adalah tugas akhir bagi mahasiswa tingkatan Strata 1 atau S1 yang dipakai sebagai syarat untuk mendapatkan gelar sarjana atau sebagai pelengkap syarat kelulusan. Namun perlu diketahui bersama, realitas menyatakan bahwa skripsi sering kali menjadi tugas peling berat yang dihadapi oleh mahasiswa, sehingga tidak jarang mahasiswa stres atau depresi gara-gara tugas ini. 

17 Tips Menyelesaikan Skripsi Agar Cepat Dan Selesai Tepat Waktu

Sebenarnya banyak faktor yang membuat pengerjaan skripsi tidak berjalan lancar atau molor dalam pengerjaannya. Salah satu dari banyak faktor yang krusial adalah timeline pengerjaan skripsi. 

Pengerjaan skripsi harus terjadwal atau terkoordinir dengan jelas, dengan begitu maka proses pengerjaan akan berjalan dengan lancar. Selain itu juga akan ditemukan kemudahan arah pengerjaannya bilamana kalian benar-benar atau bersungguh-sungguh dalam menghadapinya.

Skripsi selesai dengan cepat dan selesai tepat waktu adalah dambaan bagi mayoritas mahasiswa, karena dengan begitu kalian dapat melanjutkan sesi kehidupan selanjutnya yakni dengan bekerja atau melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi. Sekali lagi ditegaskan bahwasannya skripsi bukan hal yang menyeramkan atau berat untuk dijalani, tetapi skripsi dapat dihadapat dengan mudah bilamana kalian mengikuti tips-tips yang penulis berikan, Tips ini berdasarkan realitas yang selama ini ada.

Tips Menyelesaikan Skripsi Agar Cepat Dan Selesai Tepat Waktu:

1. Persiapan sejak dini dan belajar mengenal skripsi

Kalian harus memikirkan skripsi sejak dini, kalau bisa sejak semester awal. Bisa dimulai saat masih di semester 3 maupun semester 4, yang intinya jauh-jauh hari harus memikirkannya. Kalian bisa menyetorkan judul kedalam buku catatan kalin di setiap semesternya. Hal ini akan mempermudah kalian memilih judul yang paling sesuai pada masanya. Jangan lupa belajar mengenai segala hal tentang skripsi.

2. Rasionalitas pemilihan tema

Kalian harus pilih tema yang sekiranya dapat diteliti, dan tidak menyulitkan kalian saat memulai mengerjakan. Lebih rincinya yakni kalian dapat atau mampu mengakses lapangan, data bisa di dapatkan, perijianan penelitian mudah didapatkan, dan hal lainnya yang memudahkan kalian dalam mengerjakan penelitian.

3. Pilih tema skripsi yang sesuai dengan minat

Jangan sampai tema skripsi maupun judul yang kalian angkat itu bertentangan dengan minat kalian. Jadi pilihlah yang sesuai dengan hati kalian. Jangan sampai terpaksa atau ala kadarnya dalam pemilihan tema skripsi.

4. Membaca berbagai referensi hasil penelitian

Tindakan ini harus kalian lakukan karena akan membantu kalian dalam pengerjaan skripsi. Bila kalian melakukan hal ini, kalian akan semakin mudah dalam membuat kerangka berfikir atau mengkonsep penelitian yang akan dilakukan. Selain dua hal ini pastinya kalian akan dengan mudah mengisi sub bab “Penelitian Terdahulu” dalam skripsi kalian.

5. Membuat timeline pengerjaan skripsi

Timeline pengerjaan sangat penting untuk di buat, dengan adanya timeline ini kalian bisa menjadwal, menarget, dan menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu. Kalian tidak akan kebingungan bilamana timeline skripsi telah dibuat secara matang, karena kalian cukup mengikuti apa yang telah dijadwalkan sebelumnya.

6. Membuat pengingat agar tidak lupa

Pengingat ini sangat penting agar kalian tetap konsisten dalam mengerjakan skripsi. Pengingat ini dapat direalisaikan dengan berbagai bentuk, seperti: membuat tulisan di dinding kamar atau kos-kosan, membuat penginagat di smatr phone, meminta teman seperjuangan untuk saling mengingatkan, dan cara kereatif lainnya yang sesuai kenyamanan yang kalian kehendaki.

7. Memohon restu orang tua

Restu dan doa orang tua menjadi senjata teologis bagai kalian, agar proses yang kalian lakukan selalu dimudahkan oleh Allah SWT.

8. Memotivasi diri pada setiap kemajuan pengerjaan

Kalian dapat membuat motivasi dari diri kalian untuk perjuangan kalian dalam mengerjakan skripsi. Kalian harus menghargai setiap capaian dengan suatu hal yang dapat memberikan ketenangan agar tidak stres. Cara ini dapat dilakukan dalam bentuk pemberikan kesenangan pribadi pada saat berhasil melewati step-step pengerjaan skripsi. Misalnya saat berhasil mengerjalan BAB 1 kalian berjanji pada diri kalian untuk bersenag-senang seperti makan makanan enak, menonton vilm di bioskop, atau hal lain yang membuat pribadi kalian bahagia. Begitu pula selanjutnya di BAB 2, BAB 3, dan seterusnya.

9. Konsultasi dengan dosen yang  menguasai isu skripsimu

Sebelum kalian mendapatkan dosen pembimbing skripsi, kalian bisa sharing atau tukar pikiran dengan dosen yang sekiranya menguasai isu yang akan kalian angkat di dalam skripsi. Kagiatan sharing seperti ini akan memberi pengatahuan bagi kalian tentang isu penelitian yang menarik dan layak diangkat menjadi skripsi.

10. Sharing pengetahuan dengan kakak tingkat dan rekan seperjuangan

Sharing jenis ini jelas akan memudahkan kalian dalam pengerjaan, misalnya sharing dengan kakak tingkat yang kebetulan dibimbing oleh dosen pembimbing yang sama. Selain bisa sharing tentang penulisan skripsi, kalian juga dapat memahami karakter dosen pembimbing kalian dari kakak tingkat yang kalian temui. Sedangkan sharing dengan rekan seperjuangan akan memberikan keuntungan berupa motivasi mengerjakan skripsi, info-info baru tentang pengerjaan skripsi, berbagi pengetahuan tentang membuat proposal penelitian, mudah mendapatkan info tentang mekanisme penulisan skripsi, dan lain sebagainya.

11. Management waktu terkait kegiatan diluar pengerjaan skripsi

Saat kalian masuk dalam fase pengerjaan skripsi, maka kalian harus cerdas dalam membagi waktu dengan kegiatan di luar skripsian. Hal ini penting agar waktu yang harus digunakan untuk mengerjakan skripsi tidak terbuang-buang. Kalian tetap boleh menghibur diri dengan bermain atau mengujungi tempat wisata misalnya, namun harus tetap mengerti waktu.

12. Semangat berusaha, rajin beribadah atau berdoa

Selain dukungan dari orang tua, kalian juga harus bersemangat saat mengerjakan skripsi. Buatlah atau pakalilah berbagai motivasi yang mampu menggerakkan niat mengerjakan skripsi dalam diri kalian. Usaha yang kalian lakukan harus diikuti dengan do’a kepada Allah SWT. Kalian harus yakni bahwasannya Allah SWT melihat perjuangan kalian dan pasti akan memudahkan kalian.

13. Pilih tempat ternyaman dalam mengerjakan skripsi

Pengerjaan skripsi akan semakain mudah bilamana kalian melakukannya ditempat atau ruangan yang nyaman versi kalian, karena kenyamanan tiap mahasiswa berbeda. Bilamana tempat ternyataman telah ditemukan maka dapat dipastikan pengerjaan akan berjalan dengan cepat karena konsentrasi yang terbangun juga tinggi.

14. Menjaga baik hubungan dengan dosen pembimbing skripsi

Hubungan atau relasi kalian dengan dosen pembimbing haruslah terpelihara dengan baik, karena dengan baiknya kalian dengan dosen pembimbing maka kalian akan semakin dimudahkan dalam pengerjaan, dan mendapatkan banyak bantuan pula saat pengerjaan skripsi dilakukan. Hal yang berbeda bilamana dosen pembimbing tidak akrab atau ramah dengan kalian, dapat dipastikan pengerjaan skripsi kalian akan jauh dari sasaran yang ditetapkan.

15. Patuhi dan jalankan semua perintah dosen pembimbing

Semasa pembimbing memberikan arahan kepada kalian, maka disarankan kalian menuruti semua hal yang berkaitan dengan skripsi sesuai kemauan dosen pembimbing. Hal ini akan membantu kalia  selesai cepat dan mungkin akan lebih awal dari pada timeline yang telah ditetapkan.

16. Memotivasi diri dengan datang ke wisuda orang lain

Motivasi seperti ini akan membuat hati dan semangat kalian tergugah untuk segera menyusul teman-teman wisudawan dengan mengerjakan skripsi lebih rajin dari sebelumnya. 

17. Bergaul di lingkungan pertemanan yang selalu semangat mengerjakan skripsi

Terakhir yang tidak kalah penting yakni lingkungan pertemanan. Lingkungan pertemanan  yang akademis akan memudahkan kalian dalam membentuk jiwa yang akademis pula di saat skripsi tersebut dikerjakan. Hal yang berbeda seperti lingkungan pertemaan yang banyak ditemukan orang-orang malas, budaya pertemanan yang tidak baik seperti sering bertindak menyimpang dan seterusnya. Kondisi lingkungan yang tidak baik atau pro dengan skripsi, lambat laun akan merasuk kedalam diri kalian bila mana kalian tidak bersegera menjauh atau meninggalkan budaya pertemanan yang tidak baik seperti di atas.

Penjelasan di atas dapat kalian pertimbangkan atau kalian ikuti. Tips di atas adalah realitas kehidupan mahasiswa yang sedang mengerjakan atau berjuang menyelesaikan skripsi. Semangattt, semoga berhasil..!

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

11. Youtobe = Jasa Turnitin

0 Komentar