7 Komponen yang wajib ada di dalam latar belakang skripsi

7 Komponen yang wajib ada di dalam latar belakang skripsi - Skripsi merupakan tugas wajib bagi mahasiswa strata satu yang hendak menuju kelulusan. Sebuah karya ilmiah yang diklaim oleh mayoritas mahasiswa sebagai tugas terberat selama hidup di bangku kuliah, anggapan ini diterima dan diakui oleh banyak mahasiswa pada umumnya. Selain itu, skripsi dengan kerumitannya tersebut sering disebut sebagai momok yang menakutkan untuk dihadapi.

7 Komponen yang wajib ada di dalam latar belakang skripsi


Skripsi terdiri dari berbagai bagian atau sub bab di dalamnya. Susunan bab atau sub bab yang ada dalam skripsi secara umum ditentukan oleh universitas masing-masing, jadi dari sekian banyaknya univeristas akan ditemui keberagaman bab atau isi di dalamnya. Secara umum dimulai dengan halaman judul dan dilanjutkan dengan pendahuluan, dalam bab pendahuluan seseorang mahasiswa harus menuliskan latar belakang masalah penelitian.

Latar belakang ini menjadi dasar dimana bagian selanjutnya akan dikerjakan atau ditulis. Latar belakang dapat juga dikatakan sebagai inti atau pokok permasalahan skripsi. Setiap bab atau sub bab yang ada dalam skripsi memiliki kerumitannya tersendiri, ada yang menganggap bagian awal termasuk latar belakang sebagai bagian yang susah dan ada juga yang beranggapan sebaliknya.

Latar belakang skripsi yang ditulis oleh mahasiswa dalam setiap karya ilmiah akan ditemukan perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Bila hendak mencapai latar belakang yang ideal atau sempurna maka peneliti atau penulis harus memperhatikan berbagai hal yang harus termuat di dalam latar belakang. Semakin detail atau rinci bahasan yang tertulis dalam latar belakang akan membuat latar belakang semakin berkualitas. 

Artikel ini akan memberikan informasi tentang komponen yang wajib ada di dalam latar belakang, sehingga dengan demikian akan tercipta later belakang yang sempurna atau ideal.

7 Komponen yang wajib ada di dalam latar belakang skripsi:

1. Penjabaran permasalahan yang akan diteliti
2. Data/fakta atau hasil riset
3. Analisis masalah (masalah dan dampak)
4. Kelemahan hasil riset sebelumnya
5. Alasan Rasional memilih dilakukannya penelitian 
6. Urgensi penelitian 
7. Harapan setelah penelitian dilakukan

  • Penjabaran permasalahan yang akan diteliti

Permasalahan yang hendak diangkat dalam skripsi harus dijelaskan atau dituliskan secara sistematis dalam tubuh latar belakang. Agar tidak terjadi kesalah pahaman maka penulis harus menjelaskan masalah yang hendak diteliti dengan bahasa yang jelas dan secara terperinci. Hal ini menjadi penting karena akan memberikan nilai plus pada latar belakang yang hendak atau sedang dibuat.

  • Analisis masalah (masalah dan dampak)

Permasalahan yang telah ditulis dalam latar belakang hendaknya dipahami secara mendalam, atau istilah sederhananya yakni harus dianalisis. Dengan demikian akan mempermudah pembaca dalam memahami masalah yang disampaikan. Analisis masalah yang telah dituliskan dalam latar belakang akan mengarahkan pembaca pada pokok masalah dan urgensi masalah yang ada, maka dari itu tulisan yang termuat dalam latar belakang akan semakin menarik dan bagus bilamana permasalahan yang dibawakan tertulis dengan tulisan yang sifatnya analitis.

  • Data/fakta atau hasil riset

Sesuai dengan idealnya, yakni latar belakang harus memuat penjelasan masalah penelitian. Latar belakang akan semakin baik bilamana masalah yang tertulis disertai data yang diambil dari hasil penelitian, yang sifatnya empiris. Peneliti dapat mengambil data tersebut dari hasil penelitian sebelumnya dengan bahasan yang sejenis atau sejalan dengan riset yang hendak dilakukan. Hasil riset yang ditulis dalam latar belakang sifatnya akan memperkuat kedudukan isu.

  • Kelemahan hasil riset sebelumnya

Peneliti alangkah baiknya turut menuliskan kelemahan atau kekurangan dari hasil penelitian sebelumnya. Kelemahan tersebut dapat diperoleh melalui kegiatan analisis masalah yang telah dilakukan. Dengan menuliskan kelemahan hasil riset sebelumnya maka dapet membuat latar belakang masalah yang sedang atau hendak dibuat menjadi lebih menarik dan memperlihatkan urgensinya.

  • Alasan rasional memilih dilakukannya penelitian

Latar belakang skripsi seyogyanya disertai alasan yang rasional, guna menguatkan permasalaan yang diangkat atau diteliti. Alasan yang dituangkan dalam latar belakang harus benar-benar logis dan mempelihatkan urgensi atau manfaat bilamana penelitian ini dilakukan, atau dengan kata lain relevan untuk diteliti.

  • Urgensi penelitian

Latar belakang yang baik harus menjelaskan urgensi atau pentingnya penelitian dilakukan. Secara umum diklaim penting atau tidaknya penelitian karena masalah yang diangkat. Masalah yang hendak atau sedang diteliti dikatakan penting bila berkaitan dengan khalayak ramai, berdampak luas, dan menunjukan ke suatu kondisi yang tidak baik atau dapat menimbulkan bahaya bilamana riset tidak segera dilakukan.

  • Harapan setelah penelitian dilakukan

Peneliti menuliskan alur pemikirannya bilamana riset ini berhasil dilakukan, bentuknya yakni berupa hal positif yang sekiranya memperkuat latar belakang masalah dan membawanya menjadi suatu masalah yang penting untuk ditangani. Dengan menuliskan harapan, maka komponen latar belakang penelitian yang dibawakan akan menjadi semakin menerik dan bernilai.

Komponen-komponen tersebut diatas hendaknya diperhatikan dengan benar, bilamana penulisan atau pembuatan latar belakang dilakukan. Latar belakangan merupakan bagian yang sangat penting dalam tubuh skripsi, karena menjadi awal atau pintu utama dalam memahami permasalahan. 


Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19


Keyword: 
  • komponen latar belakang penelitian

0 Komentar