7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Hasil dan Pembahasan Skripsi Kualitatif - 083150026906

7 Hal yang perlu diperhatikan hasil dan pembahasan skripsi kualitatif yang berkualitas - Jika kalian telah menyelesaikan bab tiga, maka selanjutnya kalian harus mengerjakan bab 4 (empat) atau disebut sebagai hasil dan pembahasan. Hasil dan pembahasan merupakan inti informasi yang ada dalam skripsi, karena merupakan tulisan dari hasil pengamatan lapangan. 

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Hasil dan Pembahasan Skripsi Kualitatif


Dalam menulis hasil dan pembahasan perlu diperhatikan beberapa hal penting didalamnya. Beberapa hal tersebut akan mempengaruhi kualitas skripsi yang dihasilkan. Menjadi penting bagi kalian untuk memahami hal ini, karena disamping kualitas skripsi, beberapa hal penting yang dimaksud akan mempermudah kalian mendapatkan ACC dari dosen pembimbing.

Daftar isi:

1. Membuat kerangka penulisan hasil atau bab 4
2. Menulis hasil temuan dilapangan sesuai keranga yang telah dibuat sebelumnya
3. Membuang data yang tidak sesuai
4. Penulisan hasil penelitian tersusun atas teks, gambar, tabel, dan penjelas lainnya
5. Penulisannya tidak berbelit-belit
6. Penulisan pembahasan
7. Apilikasikan teori yang digunakan

  • Membuat kerangka penulisan hasil atau bab 4

Sebelum  menuliskan hasil temuan di lapangan, maka disarankan kalian membuat kerangka penulisan. Hal ini penting untuk dipahami karena akan mempermudah proses penulisan hasil dan pembahasan. Kerangka penulisan ini alangkah baiknya dibuat secara matang dan terstruktur, agar apa yang diharapkan oleh peneliti dan pembimbing dapat dicapai.

  • Menulis hasil temuan dilapangan sesuai keranga yang telah dibuat sebelumnya

Setelah pembuatan kerangka penulisan hasil temuan di lapangan, seyogyanya kalian mengapilikasikan kerangka tersebut dalam menuliskan hasil penelitian atau temuan yang telah didapatkan. Dengan demikian maka hasil penulisan akan terstruktur dan lebih matang daripada tanpa melibatkan kerangka penulisan di bagian hasil atau bab 4.

  • Membuang data yang tidak sesuai

Data yang diperoleh di lapangan akan sangat beragam, maka dari itu perlu adanya pemilahan data, agar data atau fakta yang dituliskan pada bagian hasil penelitian sesuai dan sejalan dengan tema penelitian yang usung. 

  • Penulisan hasil penelitian tersusun atas teks, gambar, tabel, dan penjelas lainnya

Narasi dalam bentuk teks menjadi muatan utama dalam bab 4 atau bagian hasil penelitian, karena jenis penelitian kualitatif secara wajar berisikan dalam bentuk demikian. Namun akan lebih baik atau jelas bilamana dalam penulisan hasil penelitian melibatkan atau dilengkapi dengan gambar, tabel, digram, dan penjelas lainnya.

  • Penulisannya tidak berbelit-belit

Untuk mencapai kualitas tulisan yang maksimal, maka penyususunan narasi seyogyanya memakai kalimat yang jelas dan informatif. Bilamana penulisan hasil ditulis dengan narasi yang tidak efektif maka dapat mengaburkan informasi atau data yang hendak disampaikan, dan berkemungkinan dapat membingungkan pembaca.

  • Penulisan pembahasan

Pada bagian ini berisi mengenai diskusi atas isu atau permasalahan yang ditemukan di lapangan. Namun perlu dipahami bahwa diskusi yang dimaksudkan adalah diskusi yang sifatnya mendalam atau dengan kata lain mengulik masalah yang ada secara mendalam dengan melibatkan teori yang digunakan.

Apilikasikan teori yang digunakan

Teori yang digunakan dalam membaca permasalahan diapilikasikan dalam bagian ini. Hal ini memang diharuskan karena dengan keberadaan teori, masalah yang ada akan dapat terkupas secara tuntas atau sampai ke bagian inti.

Beberapa hal di atas adalah muatan umum yang hasur diperhatikan saat kalian melakukan penyusunan bab 4 atau bagian hasil dan pembahasan. Bagian ini merupakan poin utama yang menyediakan berbagai informasi penting yang dipeoleh dari lapangan atau tempat dilakukannya penelitiuan. Dengan demikian maka penulisannya disarankan dengan hati-hati dan mempertimbangkan berbagai hal penting seminimalnya sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar