15 Cara Membangun Semangat Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Dengan Cepat

15 Cara Membangun Semangat Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Dengan Cepat - Fakta lapangan dan hasil observasi di lingkungan kampus menegaskan bahwasannya skripsi merupakan tugas terberat yang dialami selama perkuliahan S1. Selain memakan waktu yang lama dan menuntut kemandirian saat pengerjaan skripsi, ada hambatan lain yang mayoritas dirasakan oleh mahasiswa semester akhir, hambatan tersebut yakni rasa malas yang melekat dalam diri.

15 Cara Membangun Semangat Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Dengan Cepat


Rasa malas tumbuh dan menguat di akhir-akhir semester, entah yang dapat disertai alasan maupun memang menjadi karakter mahasiswa itu sendiri. Secara umum kesulitan dalam mengerjakan skripsi serta hambatan yang membuat pikiran stress berdampak pada naiknya rasa malas yang dirasakan.

Dalam tulisan ini, penulis akan memberikan tips untuk membangun kembali semangat yang dahulu telah terbangun kuat. Sangat disayangkan bilamana pengerjaan skripsi menjadi terulur waktunya akibat kemalasan diri yang semakin menebal. 

15 Cara Membangun Semangat Mengerjakan Skripsi Agar Selesai Dengan Cepat:

1. Membuat janji dengan orang terdekat
2. Memilih tempat yang nyaman dan mendukung untuk skripsian
3. Sering mengunjungi wisuda teman
4. Sering melihat foto wisuda teman
5. Berteman dengan mahasiswa yang rajin mengerjakan skripsi
6. Membuat jadwal pengerjaan atau deadline
7. Kurangi idealisme diri
8. Meminimalisir waktu bermain
9. Mengingat kedua orang tua
10. Melihat teman yang sudah bekerja
11. Beasiswa
12. Cita-cita menikah
13. Melihat progres skripsi teman seangkatan
14. Rasa malu terlalu lama waktu kuliah
15. Motivasi dari kekasih / pacar

  • Membuat janji dengan orang terdekat

Kalian disarankan untuk membuat janji dengan orang terdekat untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu atau lebih cepat, dapat dengan anggota keluarga, sahabat, pacar, dan orang terdekat lainnya. Dengan janji tersebut kalian akan terdorong untuk menepatinya, secara langsung akan berdampak pada durasi pengerjakan skripsi kalian.

  • Memilih tempat yang nyaman dan mendukung untuk skripsian

Tempat yang nyaman dan mendukung akan membuat kalian bersemangat dalam mengerjakan skripsi. Kalian dapat memilih lingkungan yang kalian sukai dan yang kalian anggap nyaman. Selain lingkungan fisik, lingkungan sosial pun juga harus diperhatikan. Kalian sebisa mungkin berkumpul dengan orang-orang yang rajin mengerjakan skripsi atau tugas lainnya.

  • Sering mengunjungi wisuda teman

Kalian akan sering ingat tentang kelulusan bilamana kalian mengunjungi wisuda teman kalian, apalagi teman seangkatan, kalian akan semakin terpukul dan bersegera mengerjakan skripsi yang ditugaskan.

  • Sering melihat foto wisuda teman

Melihat foto wisuda akan membuat kalian terpacu untuk selalu bersemangat dalam mengerjakan skripsi, kalian tidak perlu mencari foto wisuda, namun kalian dapat melihat story media sosial teman-teman kalian atau dalam bentuk postingan di media sosial yang kalian miliki.

  • Berteman dengan mahasiswa yang rajin mengerjakan skripsi

Lingkungan pertemanan yang selalu membangun kultur rajin mengerjakan skripsi akan membuat kalian tertular semangat tersebut. Fakta yang demikian sering ditemukan di wilayah kampus.

  • Membuat jadwal pengerjaan atau deadline

Jadwal pengerjaan skripsi wajib dimiliki oleh kalian selalu mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Dengan adanya jadwal kalian akan selalu mengingat capaian disetiap minggunya atau bulannya, durasi waktu ini dapat kalian tentukan sesuai kenyamanan kalian.

  • Kurangi idealisme diri

Idealisme identik dengan skripsi yang bagus dan memuaskan. Pemahaman ini selayaknya diminimalisir, sebenarnya tidak salah kalau kalian menuruti idealisme kalian, tetapi disarankan untuk meminimalisirnya, karena pemikian idelisme skripsi kalian dengan versi dosen pembimbing skripsi kalian dapat berbeda. Idealisme ini bilamana dilanjutkan akan memakan waktu pengerjaan skripsi. Cukup ingat pesan atau masukan yang diberikan oleh dosen pembimbing dan menjalankannya.

  • Meminimalisir waktu bermain

Waktu bermain mempengaruhi lamanya pegerjaan skripsi. Dengan demikian kalian harus memangement waktu bermain kalian dengan baik. Meminimalisir jam bermain yang dianggap tidak perlu untuk dilakukan.

  • Mengingat kedua orang tua

Motivasi terkuat untuk menumbuhkan semangat mngerjakan skripsi adalah orang tua. Jerih payahnya membiayai kuliah yang kalian jalani tidaklah mudah, membutuhkan banyak uang dan usaha ekstra dalam mencari uang. Pada titik ini, yakni usaha keras orang tua akan memupuk semangat mengerjakan skripsi dalam diri kalian, karena moral anak yang baik adalah berbakti dan berusaha membanggakan kedua orang tua dengan prestasi-prestasi yang dimiliki, salah satunya adalah lulus tepat waktu atau lebih cepat dari waktu lulus secara normal.

  • Melihat teman yang sudah bekerja

Dengan melihat atau mengerti kondisi teman yang sudah bekerja akan memupuk semangat kalian dalam memgerjakan skripsi. Kondisi yang demikian akan membuat kalian merasa malu atau dengan kesuksesan yang dicapainya kalian akan semakin ingin mengikuti atau menyainginya, dan langkah pertama yang dapat diambil adalah selesainya skripsi dan lulus.

  • Beasiswa

Beasiswa yang menetapkan durasi maksimal perkualiahan akan menciptakan motivasi lulus dengan sangat kuat. Maka dari itu disini beasiswa adalah salah satu faktor pendorong untuk segera mengerjakan skripsi.

  • Cita-cita menikah

Bagi beberapa mahasiswa manikah muda adalah cita-cita, secara rasional meikah dengan posisi belum menyelesaikan studi adalah tidak logis. Walaupun beberapa orang melakukannya, namun secara logis akan menganggu hubungan keluarga barunya dan mungkin juga akan menggangu masa studinya. Maka dari itu menikah setelah lulus menjadi solusi terbaik, narasi yang demikian membuat kalian akan semakin bersemangat untuk lulus, lalu menikah. 

  • Melihat progres skripsi teman seangkatan

Mengetahui perkembangan pengerjaan skripsi rekan sejurusan dan seangkatan akan memupuk semangat mengerjakan skripsi, terlebih lagi mayoritas rekan seangkatan sudah menuju tahap akhir. Secara otomatis kalian akan semakin terpacu untuk bersegara menyelesaikan skripsinya.

  • Rasa malu terlalu lama waktu kuliah

Masa studi atau kuliah yang terlalu lama akan membawa kita dalam kondisi tertekan. Omongan orang yang tidak diharapkan sering kali datang dan menyakitkan. Namun semua itu tergantung bagaimana kalian menyikapinya. Bilamana kalian menangkapnya dengan pikiran positif maka akan memunculkan semangat lulus kuliah dengan bersegera menyelesaikan skripsi yang dibebankan kepada kalian.

  • Motivasi dari kekasih / pacar

Bila kalian memiliki pasangan atau pacar, maka minata tolonglah untuk selalu mengingatkan dan memberikan motivasi untuk rajin mengerjakan skripsi. Dengan iming-iming tertentu, semangat mengerjakan dapat tumbuh dengan sindirinya. 

Beberapa hal diatas adalah alternatif yang dapat meningkatkan semangat kalian dalam mengerjakan skripsi dengan cepat. Menang masih banyak motivasi lain yang dapat membangun kembali semangat berkuliah, namun secara umum 15 hal di atas cukup untuk menyadarkan kalian untuk bersegera menyelesaikan masa studi.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar