7 Cara Menyusun Proposal untuk Skripsi Kualitatif

7 Cara Menyusun Proposal untuk Skripsi Kualitatif - Sebelum mengajukan penelitian skripsi kualitatif, simaklah 7 cara menyusun proposalnya yang dapat membantu penyusunannya menjadi lebih efektif dan sesuai dengan target.

7 Cara Menyusun Proposal untuk Skripsi Kualitatif


Skripsi merupakan salah satu syarat wajib bagi seorang mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Salah satu metode penelitian yang sering digunakan mahasiswa dalam menyusun skripsinya adalah metode kualitatif. Metode ini dipakai dalam penelitian untuk menganalisis secara mendalam mengenai suatu fenomena atau permasalahan. Sebelum menyusun skripsi kualitatif, tentu mahasiswa perlu menyusun proposal dahulu yang cara membuatnya selanjutnya diulas dalam artikel ini.

7 Cara Menyusun Proposal untuk Skripsi Kualitatif

1. Mengidentifikasi dan Merumuskan Masalah

Langkah awal dalam menyusun proposal skripsi kualitatif adalah mengidentifikasi serta merumuskan permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian. Pilihlah permasalahan yang menurut peneliti menarik dan dapat ditemukan fakta serta buktinya dengan mudah.

2. Merumuskan Topik Penelitian

Selanjutnya peneliti dapat menetapkan topik yang disesuaikan dengan masalah dan megerucutkanpermasalahan yang ada yang kemudian memfokuskannya pada satu masalah yang paling tepat. Fokus permasalahan dalam penyusunan proposal skripsi kualitatif terseut selanjutnya dapat diuraikan ke ruang lingkup secara terperinci.

3. Merencanakan Rancangan Penelitian 

Penyusunan rancangan penelitian skripsi kualitatif dapat mempertimbangkan hal-hal seperti jawaban yang didapatkan apakah obyektif, kecepatan mendapatkan informasi, serta jenis dari rancangan penelitian misalnya apakah bentuknya deskriptif atau sebab akibat.

4. Merancang Pengumpulan Data

Agar pengumpulan data dalam penyusunan proposal skripsi kualitatif lebih mudah, sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal seperti bagaimana prosedur data dikumpulkan, pihak yang yang melakukan pengumpulan data, serta lamanya data dapat diperoleh.

5. Merancang Pengolahan beserta Analisis Data

Rancangan bagaimana data diolah dan dianalisi dalam skripsi kualitatif dapat dibuat dengan mempertimbangkan kriteria data yang dipakai, banyaknya variabel data, serta alat yang digunakan untuk membantu dalam pengujian data.

6. Menentukan Jadwal Penelitian dan Sumber-Sumber yang Dibutuhkan

Dalam penyusunan proposal skripsi kualitatif, peneliti perlu menentukan jadwal penelitian dari memulai penelitian sampai lama waktu yang diperlukan. Peneliti juga perlu mempertimbangkan sumber-sumber lain seperti besarnya biaya yang diperlukan dalam penelitian serta kebutuhan sumber daya lainnya.

7. Menentukan Daftar Pustaka Sementara

Peneliti dalam menyusun proposal skripsi kualitatif juga perlu menentukan daftar pustaka sementara yang akan dipakai dalam penelitian. Daftar pustaka bisa berupa teori yang sebelumnya sudah ada. Referensi atapun teori yang dipakai haruslah memperhatikan, relevansinya, kemutakhirannya, serta keasliannya.

Ketujuh cara menyusun proposal untuk skripsi kualitatif tersebut dapat diterapkan oleh mahasiswa sebelum mengajukan penelitiannya. Semakin baik proposal penelitian yang disusun, maka semakin cepat pula mahasiswa dapat menyelenggarakan penelitian.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar