PENGERTIAN, FUNGSI DAN KARATERISTIK KARYA ILMIAH - 0831 5002 6906

Pengertian Karya Tulis Ilmiah - Secara harfiah karya tulis ilmiah merupakan sebuah tulisan yang diungkapkan dengan metode-metode ilmiah sesuai dengan metode dan prosedur tertentu. Karya tulis ilmiah mengandung data dan fakta berupa hasil penelitian seseorang yang ditulis secara berurutan dan sistematis.

PENGERTIAN, FUNGSI DAN KARATERISTIK KARYA ILMIAH - 0831 5002 6906


Penyusunan karya tulis ilmiah disusun dengan bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Disempurkan (EYD). Penulisan berdasar pada fakta yang objektif dan tersusun secara sistematis dan logis. 

Karya tulis ilmiah memiliki beberapa karateristik tertentu. Karakteristik dari Karya Tulis Ilmiah itu sendiri yakni antara lain :

a) Logis (bisa diterima akal sehat), maksudnya adalah bisa dinalar dan dipahami oleh siapa saja yang membaca karya tulis ilmiah tersebut. Sehingga tidak ada unsur dan kesan isinya dikarang bebas.
b) Data yang disajikan berdasar dengan fakta yang ada. Data yang dijabarkan dan disampaikan di dalam penulisan karya ilmiah haruslah data yang sesuai fakta. Yakni mengacu pada hasil penelitian tanpa dikurangi maupun ditambahkan.
c) Objektif (isinya benar sesuai fakta, tanpa ada rekayasa). Tanpa ada kemungkinan dan keinginan untuk menjadikannya sebagaimana yang diinginkan oleh peneliti maupun pihak terkait terhadap hasil dan isi dari karya ilmiah tersebut.
d) Sistematis (isinya ditulis secara tersusun sesuai prosedur yang berlaku). Ketentuan dalam penulisannya sudah jelas dan bisa dipertanggungjawabkan dikemudian hari.
e) Pembahasannya tuntas dan menyeluruh. Pembahasan harus sesuai dengan hasil penelitian dan bisa dibuktikan. Pada bagian pembahasannya juga harus menyeluruh sehingga tidak menyebabkan multi tafsir bagi pembacanya.
f) Menggunakan bahasa yang baku. Penggunaan bahasa yang baku akan memudahkan untukk dibaca dan dipahami oleh semua orang.
g) Bisa diuji kebenarannya. Isi di dalam penulisan karya ilmiah wajib bisa diuji kebenarannya,  hal ini akan membantu memberikan data yang valid dan bukan direkayasa.

Fungsi Karya Tulis Ilmiah, Pada umumnya, karya tulis ilmiah berfungsi sebagai:

1. Pendidikan, karya tulis ilmiah memberikan sebuah pengalaman dan pelajaran yang berharga bagi penulisnya dan bagi pembacanya. Karena penulis akan mampu berfikir, menulis dan mempertanggungjawabkan hasil dari penelitiannya, sedangkan pembaca akan menambah  wawasan ilmu dari sumber atau referensi baru.
2. Penelitian, karya tulis ilmiah bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan berguna bagi peneliti dalam mempraktekkan prosedur ilmiahnya.
3. Fungsi Fungsional, karya tulis ilmiah dapat bermanfaat sebagai alat untuk melakukan pengembangan pengetahuan, sebagai bahan pustaka dan dan untuk kepentingan disiplin ilmu tertentu.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar