10 Tips ACC Proposal Skripsi Oleh Dosen Pembimbing

10 Tips ACC Proposal Skripsi Oleh Dosen Pembimbing - Penyusunan skripsi wajib dilakukan oleh seluruh mahasiswa yang telah menuju masa akhir studinya. Pengerjaan skripsi tidak dilakukan dengan sembarangan atau dengan susunan semaunya, hal ini penting untuk diperhatikan guna mempercepat pengerjaan skripsi itu sendiri.

10 Tips ACC Proposal Skripsi Oleh Dosen Pembimbing


Pengerjaan skripsi memiliki alur yang tersendiri dibandingkan dengan karya ilmiah lainnya. Dalam pengerjaannya seorang mahasiswa harus memulainya dengan membuat proposal skripsi. Proposal skripsi secara sederhana memuat sebuah alur atau rencana yang tujuannya memberikan gambaran tentang skripsi yang akan ditulis, penulisannya dilakukan secara detail, sehingga merepresentasikan keinginan penulis dengan jelas.

Gambaran penelitian yang ditulisakan dalam wujud proposal tersebut harus lolos dari seleksi dosen pembimbing skripsi atau mendapatkan ACC . Bagian tersebut penting agar tahap selanjutnya dalam pengerjaan skripsi dapat lanjutkan.

Problem yang sering dan mayoritas dihadapi oleh mahasiswa akhir semester adalah penolakan skripsi atau tidak lolos sidang proposal skripsi. Dalam tulisan ini akan dipaparkan beberapa langkah atau tips pengerjaan skripsi agar mendapatkan ACC dari dosen pembimbing secara cepat.

10 Tips ACC Proposal Skripsi Oleh Dosen Pembimbing:

1. Merumuskan kerangka proposal
2. Mencapai target yang ditetapkan
3. Mengumpulkan data disamping menulis konten proposal
4. Cepat tanggap bilamana terjadi revisi
5. Menjaga hubungan dengan dosen pembimbing agar selalu baik
6. Patuhi arahan dosen pembimbing
7. Selektif dalam menerima saran atau masukan
8. Aktif bertanya bila tidak tahu
9. Menambah porsi waktu untuk mengerjakan proposal
10. Giat membaca buku atau contoh proposal dari instansi

  • Merumuskan kerangka proposal

Kerangka atau bagian tubuh proposal skripsi harus dirumuskan dengan tepat atau sesuai format yang ditetapkan oleh instansi atau universitas. Pemahaman seperti ini sangat penting, dapat dipastiakan bilamana telah sesuai dengan ketentuan instansi akan meminimalisir revisi yang diberikan.

  • Mencapai target yang ditetapkan

Membuat target disetiap periode waktu yang dikehendaki. Penulis proposal skripsi dapat menetapkan target pengerjaan dengan rentang waktu mingguan atau bulanan. Dengan periode waktu yang telah direncanakan, penulis harus atau memaksimalkan usaha guna mencapai target yang dibuatnya. Dengan demikian maka pengerjaan proposal skripsi akan lancar sesuai rencana awal.

  • Mengumpulkan data disamping menulis konten proposal

Perjalanan penulisan proposal skripsi akan semakin efektif bilamana penulis membagi waktunya untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, baik melalui buku, hasil riset, maupun pengamatan lamgsung pada objek penelitian. 

  • Cepat tanggap bilamana terjadi revisi

Setiap capaian yang telah terlaksana alangkah baiknya dikonsultasikan dengan dosen pembimbing. Hal ini bertujuan untuk menyelaraskan kerangka pikiran antara penulis dengan pembimbing skripsi. Dapat dipastikan saat menyerahkan gagasan yang ditulis dalam proposal penelitian pasti akan mendapat kritik maupun saran dari dosen pengujji, dengan demikian masukan-masukan tersebut harus dihadapi dengan sigap dan cepat agar tidak memperbanyak masalah.

  • Menjaga hubungan dengan dosen pembimbing agar selalu baik

Relasi atau komunikasi dengan dosen pembimbing harus dijaga dengan baik. Bilamana terjadi suatu hal yang membuat dosen pembimbing tidak suka dengan penulis maka kelancaran pengerjaan proposal skripsi akan terganggu dan merusak targetan yang telah dibuat sebelumnya.

  • Patuhi arahan dosen pembimbing

Posisi dosen pembimbing secara struktural lebih tinggi dari pada penulis proposal skripsi, dengan demikian maka alangkah baiknya mematuhi atau taat pada arahan dosen pembimbing, karena lulusa tau tidaknya proposal skripsi tergantung pada keputusan dosen pembimbing. 

  • Selektif dalam menerima saran atau masukan

Penulsi proposal disarankan jangan terlalu banyak menerima atau meresapi berbagai masukan dari luar, karena hal tersebut dapat menambah kebingungan penulis. Ada baiknya bilamana penulis proposal lebih memprioritaskan masukan dari dosen penguji atau induvidu lainnya yang memiliki pemahaman yang sama dengan instansi yang ditinggalinya.

  • Aktif bertanya bila tidak tahu

Banyak melontarkan pertanyaan akan mempermudah penulisan proposal skripsi, dan dapat dipastikan proposal skripsi yang dibuat akan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Dengan demikian sangat dianjurkan bagi penulis proposal yang kebingungan atau kurang memahani tugasnya untuk bertanya kepada seseorang yang kompeten didalamnya.

  • Menambah porsi waktu untuk mengerjakan proposal

Membagi waktu dengan baik dan meluangkan banyak waktu untuk mengerjakan proposal skripsi. Dalam masa akhir studi disarankan untuk mengurangi pemanfaatan waktu yang tidak berguna, mengurangi agenda bermain atau kegiatan lain yang tidak mendukung pengerjaan proposal skripsi yang sedang dikerjakannya.

  • Giat membaca buku atau contoh proposal dari instansi

Membaca buku atau tulisan lain yang outputnya mendorong pemahaman penulis agar lebih paham atau tahu tentang tugas yang sedang dikerjakannya. Kegiatan membaca sesuai ranah akan memberikan nilai tambah bagi penulis saat pengerjaan proposal skripsi dilakukan.

Beberapa tips diatas dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bagi mahasiswa yang hendak mengerjakan proposal skripsi. Walaupun masih banyak tips lainya, namun beberpa hal diatas dapat membantu mahasiswa semester akhir, dapat dipastikan demikian karena beberapa tips diatas merupakan buah pengalaman yang didapatkan selama pengerjaan proposal skripsi dilakukan.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar