Tips Dan Trik Menulis Karya tulis Yang Baik Dan Benar

Tips Dan Trik Menulis Karya tulis Yang Baik Dan Benar - Apa itu karya tulis ilmiah? dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian karya tulis itu sendiri merupakan suatu karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya. Sedangkan ilmiah, maksudnya adalah ilmu pengetahuan; memenuhi syarat atau kaidah ilmu pengetahuan. Karya tulis ilmiah dapat disebut dengan suatu karya tulis lengkap (sesuai dengan struktur) yang memenuhi syarat ilmu pengetahuan dan dipublikasikan di jurnal.

Tips Dan Trik Menulis Karya tulis Yang Baik Dan Benar


Hasil dari menulis karya ilmiah bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif, melatih menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber, meningkatkan pengorganisasian fakta dan data secara jelas dan sistematis, meningkatkan keterampilan menganalisis, dan memperoleh kepuasan intelektual. 

Karya tulis ilmiah ini sangat penting untuk kepentingan kemajuan akademi dan untuk meningkatkan kapasitas dari seorang pelajar/ mahasiswa. Jika Anda masih bingung dalam membuat karya tulis ilmiah yuk simak beberapa penjelasan dibawah ini.

Untuk membuat suatu karya tulis ilmiah yang baik dan benar memerlukan langkah-langkah yang jitu agar isi tulisan berbobot dan memiliki kemudahan untuk dimengerti dan rapih. 

Tips dan trik menulis karya tulis yang baik dan benar:

1. Menentukan Tema. Tema dari karya tulis ilmiah harus spesifik dan mendetail. Semakin spesifik tema dari karya tulis ilmiah maka akan semakin menarik minat para pembaca.
2. Menentukan Tujuan penulisan. Tujuan penulisan karya tulis ini akan memudahkan dalam mengarahkan topik yang akan dibaca sehingga tidak terlalu banyak pokok bahasan yang akan dibahas sehingga kehilangan fokus.
3. Membuat kerangka penulisan. Kerangka penulisan berguna seperti layaknya tulang dalam tubuh manusia yakni memberikan pegangan,  arah dan bentuk dari karya tulis ilmiah itu sendiri.
4. Merumuskan ide pokok atau masalah. Untuk langkah ketiga ini bisa menggunakan outline atau rangka ide pokok per paragrafnya. Jadi misalnya Anda ingin menerangkan masalah di paragraf pertama, contoh masalah di paragraf kedua, penyebab di paragraf ketiga, dampak di paragraf empat dan solusi di paragraf lima.
5. Membuat isi. Buatlah isi sebaik dan semenraik mungkin dan memiliki keudahan untuk dimengerti. Hal ini adaah pokok dari pembaca untuk mengetahui sebenarnya bahasan apa yang dikandung dalam karya tulis ilmiah Anda.
6. Membuat Kesimpulan. Kesimpulan yang dibuat ini adalah hasil ringkasan dari apaseluruh topik yang sudah dibahas dalam karya tulis ilmiah yang sudah dibahas agar lebih membekas bagi pembacanya.
6 langkah penulisan karya tulis ilmiah ini semoga bisa membantu memberikan gambaran bagi Anda yang akan membuat karya tulis ilmiah.  

Selain dari 6 langkah di atas ada juga hal yang perlu diperhatikan dalam menulis karya tulis ilmiah, yakni pokok bahasan harus mengandung unsur 5W+1H , yakni:

a) What: Apa persoalan yang di bahas dalam karya tulis ilmiah
b) Where : Dimana tempat topik/ objek pembahasan
c) When : Kapan terjadinya peristiwa topik pembahasan
d) Who : Siapa yang bercerita, atau menceritakan tentang objek apa
e) Why : Kenapa persoalan/ masalah terjadi
f) How : Bagaimana persoalan itu bisa terjadi, atau bagaimana persoalan itu diselesaikan.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar