5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Hipotesis Penelitian Skripsi

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Hipotesis Penelitian Skripsi - Dalam pembuatan hipotesis penelitian skripsi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi peneliti maupun mahasiswa, berikut ini ulasannya secara jelas dan lengkap.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Hipotesis Penelitian Skrip


Dalam beberapa penelitian skripsi membutuhkan hipotesis untuk memudahkan mahasiswa ataupun peneliti dalam menyusun skripsinya. Hipotesis merupakan dugaan sementara yang kebenarannya perlu dibuktikan. Hipotesis umumnya bertujuan untuk menguji teori, menjelaskan fenomena sosial, dan masih banyak lagi. 

Adapun 5 hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan hipotesis penelitian yang ulasannya akan dijelaskan dalam artikel ini.

1. Penentuan Rumusan Masalah

Sebelum membuat hipotesis, tentu peneliti perlu merumuskan masalah apa yang hendak diteliti dalam penelitian skripsi yang dilakukan. Hal tersebut dikarenakan pembuatan hipotesis perlu disesuaikan dengan permasalahan yang diangkat untuk dicari alternatif atau jawaban sementara dari permasalahan.

2. Membuat Hipotesis Pendahuluan

Setelah menentukan masalah yang akan diangkat dalam penelitian skripsi, selanjutnya peneliti dapat membuat hipotesis pendahuluan. Perlu diketahui bagi peneliti bahwa hipotesis pendahuluan merupakan hipotesis bersifat eksplisit dan hanya dipakai untuk uji coba. 

3. Pengumpulan Data

Setelah membuat hipotesis penelitian skripsi pendahulaun, mahasiswa atau peneliti perlu mengumpulkan data serta fakta. Data maupun fakta yang dikumpulkan tersebut kemudian diambil datanya maupun fakta yang selaras serta relevan dengan permasalahan yang diangkat dalam penelitian.

4. Mengolah Hipotesis

Setelah semua data serta fakta terkumpul, selanjutnya mahasiswa maupun peneliti dapat melakukan pengolahan terhadap data serta fakta untuk menjadi informasi yang kemudian dapat dipakai dalam tahapan penelitian skripsi selanjutnya.

5. Menguji Hipotesis

Setelah data dan fakta selesai diolah, selanjutnya peneliti maupun mahasiswa dapat melakukan pengujian terhadap hipotesis penelitian skripsi yang sebelumnya sudah dibuat. Sehingga peneliti selanjutnya dapat mengetahui jawaban maupun hasil sebenarnya dari hipotesis.

Berdasarkan kelima hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan hipotesis penelitian skripsi tersebut, dapat diketahui bahwa hipotesis dapat dibuat secara sederhana dengan melakukan analisis terhadap data maupun akta yang tersedia. Selanjutnya peneliti maupun mahasiswa dapat membuat dugaan sementara atau hipotesis penelitian berdasarkan permasalahan yang diangkat.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar