5 kesalahan dalam membuat latar belakang penelitian skripsi S1

5 kesalahan dalam membuat latar belakang penelitian skripsi S1Latar belakang merupakan bagian pertama yang akan dibaca dalam karya ilmiah / skripsi. Latar belakang mengandung inti sari permasalahan yang akan didalami oleh peneliti. Latar belakang dapat juga disebut sebagai landasan penelitian yang hendak dilakukan, karena narasi yang dituliskan di dalamnya merupakan pokok masalah yang akan di angkat.

5 kesalahan dalam membuat latar belakang penelitian skripsi S1


Dalam penulisannya tidak luput dengan adanya kesalahan, realitas menyatakan bahwasannya penulisan latar belakang harus melibatkan pikiran yang ekstra, karena memuat dasar atau inti permasalahan dalam suaru riset terntentu.

Tidak sedikit mahasiswa harus memutar otak dan kesabarannya dalam menyelesaikan bagian latar belakang, dan tidak jarang pula mereka mendapatkan banyak revisi di dalamnya. Dengan demikian maka perlu adanya antisipasi dalam menghadapi kemungkinan penolakan dosen atau revisi. Secara umum terdapat beberapa hal yang menjadi dasar kesalahan dalam membuat latar belakang penelitian skripsi S1. 

Daftar Isi :

1. Model penulisan yang kurang terstruktur
2. Sajian data atau fakta lapangan yang kurang meyakinkan
3. Maksud yang hendak disampaikan peneliti kurang jelas
4. Alasan mengenai urgensi penelitian tidak kuat
5. Penulisan latar belakang tidak terfokus


  • Model penulisan yang kurang terstruktur

Penulisan latar belakang mengalami masalah bilamana narasi tiap paragraf tidak tertata dengan jelas. Latar belakang secara umum akan mudah dipahami dan mendaptkan acc dosen pembimbing bilamana ditulis dengan konep piramida terbaik. Teknik atau model penulisan yang demikian, memudahkan pembaca saat dalam memahami bagian latar belakang. Pembaca akan mampu memberikan kesimpulan arah penelitian atau dasar masalah yang diangkat bilamana penulisan latar belakang dilakukan secara terstruktur dengan rapih.

  • Sajian data atau fakta lapangan yang kurang meyakinkan

Latar belakang merupakan narasi awal yang harus ditulis, di dalamnya memberikan penjelasan mengenai masalah utama penelitian. Setiap opini yang tertulis pada setiap paragraf dalam bagian ini alangkah baiknya disisipi atau dikuatkan dengan data lapangan atau hasil penelitian sebelumnya yang relevan. Semakin banyak data yang dikutip maka kekuatan tulisan akan semakin meyakinkan. Dengan begitu banyaknya data lapangan yang sifatnya medukung  maka latar belakang penelitian akan semakin bagus.

  • Maksud yang hendak disampaikan peneliti kurang jelas

Latar belakang layaknya ditulis dengan tata bahasa yang informatif dan tidak berbelit-belit. Karena ini akan berdaptak pada kejelasan informasi atau pesan yang dibawakan. Latar belakang bersifat mengarahkan pembaca dalam memahami dasar permasalahan, namun semua dapat tidak tersampaikan bilamana gaya penulisannya tidak jelas atau berbelit-belit. Dengan demikian maka semua peneliti diharapkan belajar tentang penulisan latar belakang dengan baik. Hal ini dapat dimulai degan bantuan orang lain atau belajar secara mandiri/autodidak.

  • Alasan mengenai urgensi penelitian tidak kuat

Setiap alasan yang dituliskan dalam bagian latar belakang harus dibarengi dengan fakta lapangan yang valid atau kuat. Problematika yang serius akan menghadirkan rasa pentingnya permasalahan yang diangkat untuk ditelurusi dan dipecahkan. Maka dari itu setiap alasan yang dicantumkan selayaknnya diberi penguat dalam bantuk data.

  • Penulisan latar belakang tidak terfokus

Latar belakang yang ditulis tanpa terstruktur akan berdampak pada hilangnya maksud atau fokus penelitian yang hendak dituju atau yang hendak didalami sehingga arah penulisan latar belakang yang ada akan membingungkan. Tidak ada penekanan pada suatu masalah inti yang hendak ditelusuri. Maka dari itu disarankan konsep deduksi atau segitiga terbalik diterapkan dalam pembuatan latar belakang.

Latar belakang mejadi momok bagi sebagaian mahasiswa saat hendak mengerjakan skripsi karena tingkat kesusahannya lebih menantang. Mempelejari modal penulisan dari setiap karya tulis merupakan hal yang efektif dalam membuat latar belakang, karena keberadaannya sangat sentral dan secara langsung mengandung inti permasalahan yang hendak diteliti dikemudian harinya.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar