7 Jenis Teknis Analisis Data dalam Penelitian Skripsi

7 Jenis Teknis Analisis Data dalam Penelitian Skripsi - Terdapat berbagai macam jenis teknis analisis data yang biasa dipakai dalam penelitian sebuah skripsi. Berikut penjelasan mengenai 7 jenis teknis analisis data tersebut secara lengkap.

7 Jenis Teknis Analisis Data dalam Penelitian Skripsi


Dalam proses penelitian tentunya terdapat tahapan analisis data yang menjadi bagian penting dalam pengolahan data dan untuk menjawab hipotesis penelitian. Dalam proses analisis data sendiri diperlukan sebuah teknik analisis data agar data dapat diolah dan kemudian disajikan kepada pembaca ataupun untuk mendapatkan hasil dari penelitian. 

Adapun 7 jenis teknik analisis data yang perlu diketahui dalam penelitian skripsi yang ulasannya akan dibahas dalam artikel ini.

1. Teknik Analisis Data Kuantitatif

Teknik ini merupakan jenis teknik yang biasa dipakai dalam penelitian skripsi menggunakan pengukuran statistik atas data yang dikumpulkan. Adapun beberapa metode yang bisa digunakan dalam teknik analisis data ini diantaranya metode statistik deskriptif, statistik inferensial, dan diskriminan.

2. Teknik Analisis Data Kualitatif

Berbeda dengan teknik kuantitatif, data dalam teknik ini tidak dapat diangkakan maupun dinumerikkan. Teknik analisis data penelitian skripsi ini dilakukan dengan mendeskripsikan hasil dari analisis dengan cara mencari tahu secara dalam sebuah fenomena. Adapun beberapa model ataupun metode yang digunakan dalam teknik ini diantaranya analisis konten, naratif, wacana, kerangka kerja, dan teori beralas.

3. Teknis Analisis Data Isi

Teknik ini biasa digunakan dalam penelitian skripsi yang datanya diperoleh dari media massa. Dalam teknik ini biasanya digunakan teknik koding simbol yang selanjutnya ditetapkan suatu kode serta penjelasan di dalam kodenya.

4. Teknik Analisis Data Taksonomi

Tujuan dari teknik ini yaitu memberikan domain terhadap masalah sampel penelitian skripsi. Domain tersebut biasa disebut sebagai variabel, yang kemudian setiap variabel dibagi menjadi sub-sub variabel agar setiap variabel dapat dibahas secara terperinci. Adapun teknik ini hanya bisa dipakai untuk membantu penelitian kualitatif dengan masalahnya menjadi target utama sebagai variabe penelitian.

5. Teknik Analisis Data Interaktif Miles dan Huberman

Teknik ini lebih banyak dipakai dalam riset kualitatif dengan tiga tahapan atau proses diantaranya reduksi data, menyajikan data serta verifikasi, sampai penyusunan simpulan dari hasil penelitian skripsi.

6. Teknik Analisis Data Domain

Teknik analisis data domain adalah teknin yang memakai gambaran dalam mengumpulkan datanya. Teknik ini dapat dipakai dalam penelitian skripsi yang memerlukan eksplorasi yang terperinci. Sehingga dalam halnya kesimpulan, peneliti dapat memberikan deskripsi maupun gambaran tanpa perlu menulis deskripsi dari kesimpulan.

7. Teknik Analisis Data Komparatif Konstan

Teknik ini dicetuskan pertama kali oleh Berney G. Galaser bersama L. Strouss. Teknik ini biasanya dipakai dalam perbandingan dari permasalahan yang hendak diteliti, mulai dari sebelum sampai setelah diadakannya penelitian skripsi.

Pemahaman mengenai 7 jenis teknis analisi data dalam penelitian skripsi terseut akan membantu peneliti dan mahasiswa untuk memilih teknik analisis data yang dianggap paling mudah dan mampu untuk dilaksanakan. Sehingga penelitian dapat berjalan sesuai dengan target yang sudah dibuat.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar