9 Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

9 Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif pada Skripsi Mahasiswa dalam perjalanannya pasti akan dihadapkan pada tugas terbesar diakhir massa studi. Tugas tersebut tidak lain adalah skripsi, skripsi akan mempengaruhi capat atau lambatnya kelulusan bilamana tidak secar serius dihadapi.
9 Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif



Banyak mahasiswa yang terulur massa studinya selama perkuliahan bejalan. Hambatan terebut disebabkan oleh banyak faktor, baik dalam lingkup akademik maupun non akademik. Tantangan dalam lingkup akdemik pun sangat beragam, salah satunya adalah menyelesaikan skripsi. Mahasiswa dituntut untuk faham dalam mengerjakannya. Baik dari segi penulisan maupun bab yang bersifat informatif sesuai dengan skripsi yang dikerjakan.

Secara umum skripsi terbagi menjadi dua jenis, yakni skripsi yang dikerjakan dengan menggunakan basis penelitian kualitatif dan skripsi kuantitatif. Kedua jenis tersebut memiliki perbedaan secara mendasar. Setiap perbedaan harus dipahami bersama agar terhindar dari kekeliruan dalam pengerjaannya. 

Terdapat beberapa hal yang perbedaannya terlihat sangat kontras. Lebih detaillnya yakni seperti di bawah ini.

Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif pada Skripsi :

1. Desain riset
2. Teknik analisis data
3. Subjek riset
4. Paradigma riset
5. Model pengumpulan data
6. Penulisan hasil riset
7. Metode riset
8. Tujuan riset
9. Jenis data


  • Desain riset

Skripsi yang berjenis kualitatif memiliki sifat umum, cenderung lebih fleksibel, dan dapat juga dicap sangat dinamis. Hal yang demikian dikatakan karena dengan model tersebut skripsi dapat berkembang selama riset berjalan. Sedangkan skripsi yang berjenis kuantitatif lebih statis dan memiliki sifat yang khusus. Rute penelitian telah ditetapkan sedari awal dan bersifat absolut atau tidak dapat diubah.

  • Teknik analisis data

Skripsi kualitatif menempatkan teknik analisis data penelitian saat itu juga atau saat penelitian berjalan. Sedangkan skripsi yang berjenis kuantitatif menempatkan proses analisis disesi akhir penbelitian.

  • Subjek riset

Subjek yang ditetapan dalam skripsi kualitatif umumnya dikenal dengan sebutan informan atau nara sumbaer. Sedangan dalam skripsi kuantitatif subjek penelitiannya diknal dengan sebutan responden.

  • Paradigma riset

Cara pandang atau paradigma yang digunakan dalam skripsi kualitatif yakni berpusat pada peneliti itu sendiri, jadi upaya melihat kebenaran ditentukan berdasarkan prespektif peneliti. Skripsi jenis ini berangat dari data lalu dijelaskan dengan teori-teori pendukung yang sesuai, hal tersebut dilakukan untuk menguatkan teori yang telah ada. Sedangkan skripsi kuantitatif, kebenarannya sesuai dengan hasil olehan data, atau lebih berdasarkan fakta. Secara teknis jenis pebelitian ini bertujuan untuk menguji teori yang telah ada sebelumnya.

  • Model pengumpulan data

Skripsi kualitatif dalam mendapatkan data harus mencarinya sedalam mungkin dengan menempatkan beberapa informan spesifik untuk memberikan infomasi yang cukup. Sedangkan dalam skripsi kuantitatif model pencarian datanya dilakukan dengan melibatkan instrumen penelitian dalam bentuk quesioner.

  • Penulisan hasil riset

Hal yang menonjol dari keuanya yakni pada bagian penulisan hasil. Skripsi kualitatif secara umum ditulis dalam bentuk naratif, dengan wujud teks yang panjang dan penjelasannya sangat detail. Sedangkan secara fisik skripsi kuantitatif dipenuhi dengan angka-angka yang merepresentasikan data lapangan.

  • Metode riset

Skripsi kualitatif secara umum menggunakan beberapa metode dalam perjalanannya, yakni seperti studi kasus, fenomenologi, etnografi, grounded theory, dan historis. Sedangkan skripsi kuantitatif umumnya menggunakan metode eksperimen, regresi, survay, korelasi, dan analisis jalur.

  • Tujuan riset

Skripsi yang berjenis kualitatif bertujuan untuk mendalami issu, melakukan pengembangan atas teori yang ada, dan memberikan deskripsi atas realitas sosial. Sedangkan skripsi kuantitatif bertujuan menjelaskan hubungan sebuah variabel, pengujian teori, serta melakukan generalisasi atas gejala sosial yang di dalami.

  • Jenis data

Data yang digunakan dalam skripsi kualitatif berbentuk deskriptif dan dapat bernebtuk eksploratif. Sedangkan data skripsi kuantitatif berupa nuberik dan dapat juga berapa data statistik.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar