15 Cara Mudah Menentukan Topik Skripsi

15 Cara Mudah Menentukan Topik Skripsi - Skripsi adalah tugas akhir yang diberikan kepada mahasiswa untuk membuat karya terakhir sebagai mahasiswa. Skripsi bagian dari masterpiece mahasiswa sarjana. Sebab nantinya dengan skripsi ini mahasiswa yang akan menentukan lulus apa tidaknya.

15 Cara Mudah Menentukan Topik Skripsi


Menurut beberapa riset, ternyata banyak mahasiswa yang kesulitan dalam mengerjakan skripsi. Berbeda beda alasannya, beberapa karena memang kesulitan dalam membahasnya, risetnya, studi lapangnya, analisis datanya, atau bahkan sekedar mencari topik skripsi saja masih banyak yang kesulitan untuk membuatnya.

Sehingga, kamu perlu mencari topik skripsi yang simpel, uptodate, jelas, mudah dipahami, dan tentunya menarik perhatian pembaca untuk membaca dan mendalami skripsi yang telah kamu buat. Bagaimana caranya? Berikut tips membuat topik skripsi yang simpel dan menarik!

Berikut 15 cara mudah dalam menentukan topik skripsi

1. Mencari tau minat di bidang apa
2. Cari permasalahan disekitar anda atau yang menjadi trending
3. Mencari permasalahan yang belum terselesaikan
4. Baca banyak jurnal dan skripsi tahun tahun sebelumnya
5. Perbanyak baca berita terkini
6. Perbanyak mengikuti webinar, mata kuliah bebas dan seminar
7. Baca baca situs website yang berubungan dengan ide skripsimu
8. Konsultasi ke kakak tingkat untuk mendapat pencerahan
9. Jangan terpaku dengan membuat judul yang kelihatan bagus, fokus pada gagasan
10. Bisa juga menjadi target jangka panjang pasca kampus: misal s2 atau kerja di bidang tersebut
11. Konsultasi kepada dosen pembimbing
12.  Jika penelitian bersama dosen, kamu bisa mengembangkan sesuai dengan topik yang diberikan
13.  Mencari gagasan dari aktivitas magang sebelumnya
14.  Sesuaikan dengan pendanaan dan target waktunya
15.  Tidak terpaku pada satu gagasan, bisa mencari alternatif

 

Jangan lama lama, yuk bahas cara jitu menentukan topik skripsi dengan mudah

1. Pertama adalah mencoba mencari tau minat di bidang apa, karena ketika kamu sudah mengerti dan mencari tau minat di bidang atau peminatan apa nanti kamu bakal mudah buat mencari topik dan judul skripsi yang baik sesuai dengan minat dan ketertarikan kamu. Ini sangat penting karena ketika kamu mencoba menjalani sesuatu sesuai dengan keinginan dan kamu suka bakal lebih mudah menjalaninya.

2. Kedua adalah mencari permasalahan disekitar anda atau yang menjadi trending. Karena ketika kita mengesuaikan dengan kebutuhan yang sedang trending akan lebih mudah mendalaminya karena permasalahan tersebut sangat dekat dan lebih mudah menonjolkan keterbaruannya dan biasanya lebih mudah juga menemukan topik skripsi.

3. Ketiga dengan mencari permasalahan yang belum terselesaikan sesuai dengan peminatan kamu. Karena dengan permasalahan yang belum terselesaikan kamu akan bisa mencarikannya sebuah solusi dan menjadi variabel dalam penelitian kamu. Sumbernya pun banyak, dari jurnal, buku, dan lain lainnya, sehingga dengan ini kamu akan terbayang seperti apa topik skripsi kamu nantinya.

4. Keempat dengan kamu membaca banyak jurnal dan skripsi tahun tahun sebelumnya. Aksesnya pun berbeda beda, bisa di website perpustakaan universitas, laman jurnal juga banyak dan tentunya kamu bisa akses di perpustakaan untuk mendapatkan paper hardfilenya. Kenapa perlu sekali untuk melihat dan berkaca dengan tahun kemarin, karena lebih mudah untuk menemukan ide dan gagasan seperti apa yang harus diteliti. Selain itu juga ketika kamu menemukan topik skripsi yang sama, kamu bisa pelajari skripsi sebelumnya untuk mendapatkan inspirasi.

5. Kelima adalah perbanyak baca berita terkini. Dengan adanya berita yang kamu akan lebih mudah untuk melihat presfektif dan pendapat yang lebih  luas dan beragam. Dan beritanya harus dari sumber media yang berbeda agar lebih mudah untuk menentukan topik berita tersebut dengan melihat banyak pendapat sebagai referensi dalam menentukan topik skripsi kamu.  

6. Keenam dengan perbanyak mengikuti webinar, mata kuliah bebas dan seminar. Seminar dan kuliah digambarkan sebagai proses penerimaan ilmu baru dari para ahli, sehingga dengan mengikuti webinar kamu akan lebih mudah untuk menemukan topik skipsi yang tepat dan judul yang baik dalam membuat skripsi.  

7. Ketujuh dengan banyak membaca baca situs website yang berubungan dengan ide skripsimu. Situs ini berasal dari banyak sektor, bisa melihat dari website lembaga pendidikan, pemerintah, pbb yang berubungan dengan tema kamu, lembaga riset dan sebagainya. Tujuannnya untuk menambah wawasan dan gagasan kedepannya dalam menentukan topik skripsi kamu dengan mudah

8. Kedelapan dengan kamu konsultasi ke kakak tingkat atau senior untuk mendapat pencerahan. Kamu bisa memakai cara ini dengan mendengar senior kamu untuk memberikan saran judul dan cara yang tepat untuk menghadapi semester akhir, khususnya dalam mengerjakan skripsi. Kamu bisa konsultasi secara berkala, dari mulai awal menentukan judul, penelitiannya atau bahkan bagaimana cara membahasnya dalam bentuk naskah.

9. Kesembilan dengan kamu jangan terpaku dengan membuat judul yang kelihatan bagus, fokus pada gagasan. Banyak mahasiswa yang terpaku dengan judul yang kelihatan keren, padahal belum tentu tepat. Kamu harus fokus dengan gagasannya dan idenya saja, sehingga membuat judul dengan struktur kalimat yang bagus itu PR setelahnya.

10. Kesepuluh adalah bisa juga menjadi target jangka panjang pasca kampus: misal s2 atau kerja di bidang tersebut. Ketika kamu sudah menyusun target setelah lulus S1 mau ngapain, kamu bisa memfokuskan topik skripsi kamu sesuai dengan target setelah lulus. Misalnya kamu akan bekerja di BMKG dan kamu jurusan ilmu lingkungan atau ilmu tanah. Kamu bisa memfokuskan skripsi kamu dengan mengambil tema sesuai dengan iklim, meteorologi, atau kebuminan sendiri sehingga kamu bisa mudah untuk menghadapi dunia pasca kampus.

11. Kemudian, kamu bisa konsultasi kepada dosen pembimbing secara rutin. Dengan apapun juga dosen pembimbing menjadi patokan kamu dalam menghadapi skripsi. Beliau akan menuntun kamu untuk menyelesaikan skripsi kamu. Maka kamu harus sering konsultasi dan meminta bimbingan dari dosen pembimbing.

12. Selanjutnya  adalah jika penelitian bersama dosen, kamu bisa mengembangkan sesuai dengan topik yang diberikan. Karena tidak semua mahasiswa penelitian mandiri dengan kata lain ikut proyek dosen dengan tujuan untuk meringankan biaya penelitian, sehingga seringnya memang topik skripsi sudah ditentukan oleh dosen tersebut. Sehingga kamu bisa mengembangkannya bagian struktur judul saja.

13. Kemudian, kamu bisa mencari gagasan dari aktivitas magang sebelumnya. Setiap jurusan pasti ada yang namanya magang, biasanya di semester tua, entah semester 5, 6, 7 kamu harus mengambil kuliah magang. Nah biasanya dalam magang kamu akan mendapatkan banyak inspirasi untuk mendapatkan ide skripsi kamu, bisa juga kamu mengambil tema skripsi sesuai dengan apa yang sudah kamu kerjakan di tempat magang tersebut.

14. Selanjutnya kamu sesuaikan pendanaan dan target waktunya. Ini sangat mudah untuk menentukan bagaimana kamu mengambil tema skripsi sesuai dengan budget atau keuangan yang ada.

15.  Terakhir kamu bisa tidak terpaku pada satu gagasan, bisa mencari alternatif. Dalam mencari ide dan gagasan untuk menuliskan judul kamu bisa membuatnya tidak hanya satu saja, bisa lebih sebagai cadangan apabila judul yang kamu buat tidak diterima oleh dosen.

Di atas ialah berbagai 15 cara mudah dalam menentukan topik skripsi. Jika anda membutuhkan bantuan terutama yang berhubungan dengan tahapan dan prosedur penulisan karya ilmiah, termasuk jasa TURNITIN ataupun hendak mengurangi tingkat plagiasi karya tulis anda, silahkan mengubungi nomer yang terdapat dalam layanan jasaturnitin.com

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar