7 Aplikasi Cek Plagiasi Gratis Yang Bisa Kamu Gunakan

7 Aplikasi Cek Plagiasi Gratis Yang Bisa Kamu Gunakan - Di bidang kepenulisan, para penulis dituntut untuk menciptakan karya yang orisinil, unik, dan menarik. Di dunia perkontenan, penulis dilarang untuk menjiplak karya orang lain yang sebelumnya sudah diposting di laman web. Penulis dianggap melanggar aturan kepenulisan jika mengutip tanpa disertai dengan sumbernya maupun tanpa diparafrase.

7 Aplikasi Cek Plagiasi Yang Bisa Kamu Gunakan


Tapi jangan khawatir. Berikut kami rangkum beberapa situs dan cara cek plagiarisme yang dapat diakses gratis maupun berbayar.

Situs Cek Plagiarisme

1. Turnitin
2. Duplichecker
3. Grammarly
4. Paper rater
5. ProWritingAid
6. PlagScan
7. Plagiarisma


1. Turnitin

Turnitin adalah situs cek plagiasi paling populer di kalangan akademisi. Turnitin sering dipakai oleh instansi pendidikan untuk memeriksa tulisan agar tidak mempunyai kesamaan dengan karya lain yang ada di laman website, buku, artikel, dan sebagainya.

Aplikasi ini akan mengecek tulisanmu untuk ditelusur apakah ada kesamaan dengan dokumen lain yang sudah dipublish di dunia internet. Akan tetapi, untuk menggunakan aplikasi ini dikenakan harga dan tidak bisa digunakan secara bebas. Biasanya banyak institusi berlangganan Turnitin untuk mengecek karya tulis yang dihasilkan oleh mahasiswanya.

2. Duplichecker

Duplichecker adalah aplikasi cek plagiasi yang gratis. Meski tampilannya sederhana, Duplichecker memiliki keakuratan cek plagiasi yang bisa dibilang cukup tinggi. Dengan hanya membuat akun di Duplichecker, kamu bisa mendapatkan 50 kali pengecekan plagiasi gratis per hari. Lumayan bukan?

3. Grammarly

Selain sebagai aplikasi pemeriksa grammar bahasa Inggris, Grammarly juga punya fitur lain lhoo. Di Grammarly kamu juga bisa cek plagiasi. Ada yang gratis dan berbayar. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu input teks yang ingin kamu cek dan Grammarly akan segera memproses teksmu sesuai dengan database yang dimiliki. Kata Codeless, Grammarly merupakan salah satu aplikasi yang mempunyai database di dunia sebanyak 16 milyar. Meski gratis, akurasi cek plagiasinya gak bisa diragukan lagi.

4. Paper rater

Aplikasi ini juga gratis lho. Sebelum melakukan pengecekan, kamu perlu menentukan terlebih dahulu jenis dokumen, level tingkatan dan beberapa pengelompokan lainnya. Tidak hanya mengecek plagiasi tulisan saja, Paper rater juga akan merekomendasikan kosakata pada hasil tulisan yang dicek. Proses yang dilakukan cukup cepat. Tapi, dibalik kemudahan dan kelebihannya, Paper rater dianggap tidak lebih akurat daripada Grammarly yang sama-sama gratis.

5. ProWritingAid

ProWritingAid merupakan aplikasi cek plagiasi yang bisa digunakan untuk berbagai macam tulisan. Aplikasi ini memberikan percobaan gratis dan bisa membayar jika ingin berlangganan. Kelebihan ProWritingAid dibandingkan aplikasi lain, ia juga bisa menandai kata-kata yang sering terulang dan memberikan rekomendasi kata supaya tulisanmu bisa menekan angka plagiasi.

6. PlagScan

PlagScan memiliki akses gratis maupun berbayar. Penggunaan aplikasi ini harus membuat akun terlebih dahulu. Kamu dapat menggunakan 20 kali pengecekan plagiasi secara gratis. PlagScan juga dianggap aplikasi yang terbilang akurat dalam mengecek plagiasi.

7. Plagiarisma

Aplikasi ini cocok digunakan untuk berbagai kalangan mulai dari guru, penulis, pelajar, dan lainnya. Kelebihan dari aplikasi ini adalah ia memiliki 190 bahasa yang dapat dicek plagiasinya. Selain itu, aplikasi ini bisa langsung upload filenya atau hanya dengan menambahkan alamat URLnya.

Gimana nih? Banyak kan aplikasi penyedia cek plagiasi yang bisa kamu gunakan.Tinggal pilih sesuai apa yang kamu butuhkan.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar