7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penulisan Daftar Pustaka Melalui Buku

7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penulisan Daftar Pustaka Melalui BukuTerdapat beberapa hal yang perlu dicantumkan dalam penulisan daftar pustaka sebagai bentuk tanggung jawab sebuah karya ilmiah, khususnya pustaka menggunakan buku. Simak ulasannya berikut.

7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penulisan Daftar Pustaka Melalui Buku


Dalam karya ilmiah kerap menggunakan referensi dalam penyusunannya, sehingga perlu dicantumkan daftar pustaka yang dipakai sebagai bukti tidak adanya plagiarisme serta bentuk tanggung jawab atas kutipan yang digunakan. Daftar pustaka memuat informasi terkait referensi yang dapat menjadi rujukan bagi pembacanya. Adapun dalam penulisan daftar pustaka perlu memerhatikan hal-hal yang akan dicantumkan. Berikut 7 hal yang perlu diperhatikan dalam menulis daftar pustaka melalui buku.

7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penulisan Daftar Pustaka Melalui Buku

1. Nama 
Penulisan daftar pustaka melalui buku diawali dengan menulis nama penulis, yaitu dengan cara menulis nama belakang terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan nama depannya. Adapun gelar-gelar dari penulis buku tidak perlu dicantumkan dalam daftar pustaka. Contohnya: Dika, Raditya.

2. Tahun Terbit

Setelah penulisan nama penulis selesai, selanjutnya perlu dicantumkan tahun terbit dari buku yang digunakan sebagai referensi. Penulisan tahun terbit dapat diberi tanda kurung atau tidak sesuai dengan gaya kepenulisan yang dipakai. Contohnya: Dika, Raditya. (2011).

3. Judul Buku

Setelah menulis nama penulis beserta tahun terbit buku, selanjutnya yang perlu dicantumkan dalam daftar pustaka yaitu judul buku yang dipakai. Adapun penulisan judul buku dapat dicetak miring atau menggunakan format italic. Contohnya: Dika, Raditya. (2011). Manusia Setengah Salmon.

4. Tempat Terbit

Penulisan daftar pustaka menggunakan buku selanjutnya setelah judul buku yaitu mencantumkan tempat di mana buku diterbitkan. Tempat terbit dapat dicantumkan dengan menambahkan titik dua setelahnya. Contohnya: Dika, Raditya. (2011). Manusia Setengah Salmon. Jakarta Selatan:

5. Nama Penerbit

Setelah penulisan tempat terbit dari buku, selanjutnya dapat dicantumkan nama dari penerbit buku. Nama penerbit ini menjadi hal yang paling terakhir dicantumkan dalam penulisan daftar pustaka menggunakan buku. Contohnya: Dika, Raditya. (2011). Manusia Setengah Salmon. Jakarta Selatan: Gagas Media

6. Angka dalam Penulisan Nama Penulis

Jika dalam nama penulis ditemui angka, penulisan daftar pustaka selanjutnya dapat dilakukan dengan menuliskan angka setelah nama. Misalnya: Anderson, Michael., III.

7. Buku Tanpa Nama Penulis

Apabila buku yang digunakan sebagai rujukan tidak dicantumkan nama penulisnya, maka dalam daftar pustaka hanya perlu mencantumkan judul, tahun terbitnya buku, serta tempat buku diterbitkan. 

Tujuh hal tersebut perlu diperhatikan dalam penulisan daftar pustaka menggunakan buku agar karya ilmiah bebas dari plagiarisme serta sebagai bentuk penghargaan atas kutipan yang telah dipakai sebagai referensi.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar