7 Jenis Karya Ilmiah yang Wajib Dipahami

7 Jenis Karya Ilmiah yang Wajib Dipahami - Bagi pelajar ataupun mahasiswa biasanya tidak jauh dari tugas penulisan karya ilmiah, di mana terdapat 7 jenis karya ilmiah yang dapat wajib dipahami sebelum membuat ataupun menyusunnya.

7 Jenis Karya Ilmiah yang Wajib Dipahami



Bagi pelajar ataupun mahasiswa tentu sudah akrab dengan karya ilmiah, di mana penulisan karya ilmiah kerap dijadikan sebagai tugas ataupun syarat dalam kelulusan. Setiap karya ilmiah biasanya memerlukan waktu yang cukup banyak dalam penyusunannya dengan menggunakan metode yang perlu dipelajari. Adapun 7 jenis karya ilmiah yang wajib dipahami terlebih dahulu sebelum mulai menulis karya ilmiah, diantaranya:

7 Jenis Karya Ilmiah yang Wajib Dipahami

1. Makalah

Makalah adalah sebuah karya tulis yang ditulis menggunakan data yang sifatnya empiris objektif dari lapangan. Biasanya makalah ini dijumpai untuk presentasi, seminar, atau tugas dalam pembelajaran tertentu. Penulisan makalah biasanya disusun dengan urutan pendahuluan, pembahasan serta isi, dan juga penutup.

2. Artikel

Artikel bukan hanya dikenal oleh pelajar atau mahasiswa, melainkan orang awam juga kerap menjumpai karya ilmiah ini. Penulisan artikel dapat disusun dnegan penentuan tema, penentuan judul, penyusunan kerangka artikel, pencarian referensi, penuangan ide pokok maupun permasalahan, serta pembuatan kesimpulan.

3. Kertas Kerja

Kertas kerja biasanya berkaitan dengan kebutuhan suatu perusahaan dalam penyusunan leporan keuangannya. Hal tersebut dikarenakan karya ilmiah ini dibuat dengan sistematis, mendetail, serta sangatlah rinci. Penulisan kertas kerja tidak jauh berbeda dengan makalah, namun memerlukan analisis secara lebih mendalam.

4. Paper

Paper adalah salah satu karya ilmiah yang penyusunanya tidak jauh beda dengan makalah atau artikel.  Paper menjelaskan mengenai pembelajaran atau proses pembelajaran sebelum kelulusan dalam perkuliahan. Penulisan paper biasanya lebih padat dan singkat dari makalah.

5. Skripsi

Bagi mahasiswa tentunya tidak asing mendengan karya ilmiah yang satu ini, mengingat penulisan skripsi menjadi sala satu syarat kelulusan dalam perguruan tinggi. skripsi pada dasarnya disusun sesuai dengan ilmu pengetahuan yang sudah dipelajari dalam perkuliahan.

6. Tesis

Penulisan karya ilmiah berupa tesis biasanya dikenal oleh mereka yang melanjutkan pendidikan Pascasarjana serta menjadi syarat kelulusannya. Tesis adalah output dari kegiatan analisis yang lebih dalam, tujuannya yaitu untuk digunakan sebagai bahan analisis dalam bidang akademis.

7. Disertasi

Karya ilmiah berupa disertasi sangatlah kompleks, yang mana dalam penyusunan karya ilmiah ini membutuhkan analisis serta pengujian dengan tahapan yang cukup panjang. Hasilnya kebanyakan membahas tentang hasil analisis yang orisinil, yang kemudian menjadi persyaratan dalam memperoleh gelar tertinggi dalam bidang pendidikan.

Dengan memahami ketujuh jenis karya ilmiah tersebut dapat membantu pelajar maupun mahasiswa dalam memahami karya ilmiah mana yang paling cocok dibuat, serta sebagai awal dalam penentuan metode riset paling efektif penulisan karya ilmiah selanjutnya.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar