9 Alat Analisis Data Statistik pada Skripsi, Thesis, dan Disertasi

9 Alat Analisis Data Statistik pada Skripsi, Thesis, dan Disertasi - Kagiatan penelitian dilakukan dengan tujuan untuk melihat lebih dalam atau mengetahui suatu hal tertentu dengan maksud tertentu, dapat digunakan sebagai bahan wawasan atau kepentingan tertentu nantinya. Proses ini secara akan melibatkan data-data penting sesuai dengan konsentrasi penelitian.

9 Alat Analisis Data Statistik pada Skripsi, Thesis, dan Disertasi


Bahasan kali ini akan terfokus pada ranah statistik dalam dunia penelitian. Data penelitian yang basisnya statistik sering dikenal dengan penelitian kuantitatif. Yakni secara sederhana penelitian ini berupaya untuk mengungkap suatu fenomena dengan kumpulan data dalam bentuk angka. Beagam tahap harus dilakukan dalam penyusunan penelitian ini. Salah satu tahap pentinya adalah analisis data. 

Data statistik atau yang dikenal dalam bentuk angka merupakan data mentah yang harus dioleh terlebih dahulu dengan alat analisi agar dapat dibaca atau dijelaskan secara ilmiah. Dalam dunia riset beragam cara atau alat analisis dipakai untuk menganalisis data statistik yang ada, baik untuk penelitian skripsi, thesis, maupun disertasi.

Secara umum terdapat sembilan alat analisis dalam bentuk software yang dapat digunakan oleh khalayak rama dalam rangka analisis data. Alat-alat tersebut sangat bermanfaat dan membantu kalian dalam penyelesaian kegiatan penelitian. Secara detail akan dijelaskan di bawah ini.

9 Alat Analisis Data Statistik pada Skripsi, Thesis, dan Disertasi:

1. Microsoft Office
2. SPSS
3. E-View
4. Minitab
5. SAS
6. Lisrel
7. AMOS
8. R-Software
9. Stata


  • Microsoft Office

Apilikasi ini menjadi dasar dimana seluruh tulisan yang berkaitan dengan kegiatan riset dituliskan. Apilikasi ini memuat berbagai formula atau rumus-rumus yang beragam yang dapat digunakan dalam menganalisis data. Namun demikian prosesnya sangat sederhana dan terkesan manual.

  • SPSS atau Statistical Package for Social Science

Alat pengolah data ini dipakai oleh mayoritas mahasiswa yang basis penelitiannya statistik atau kuantitatif. Didalamnya menyadiakan berbagai fitur yang lengkap. Kalian dapat memilih alat analisis sesuai dengan keinginan. 

  • E-View

Alat analisis ini sangat membantu dalam pekerjaan analisis data statistik, didalamnya tersedia berbagai macara rumus-rumus yang dapat digunakan dalam hal analisis data statistik. Selain itu juga menyediakan berbagai macam uji-uji.

  • Minitab

Sama seperti SPSS, apilikasi ini banyak digunakan oleh peneliti kuantitatif. Menyediakan beragam rumus dan uji-uji untuk menganalisis data numberik. Namun perlu diketahui bahwasannya tidak semua PC dapat mengoperasikan software ini.

  • SAS atau Statistical Analysis System

Software ini dikembangkan oleh SAS Institute, sangat membantu dalam bilamana hendak digunakan untuk mengentri data penelitian, analisis statistik, permaianan riset operasi, peningkatan data, dan pengembangan data. Software ini menyediakan beragam fitur pengolahan data statistik untuk ilmu eksak manupun non eksak.

  • Lisrel

Software ini membantu peneliti dalam hal pengolahan data, software ini diciptakan tahun 1973 khusus sebagai alat analisis data startistik atau kuantitatif.

  • AMOS

Amos atau yang dikenal dengan Analysis of Moment Structure, software ini merupakan optimalisasi  model SEM. Apilikasi ini sangat memungkinkan bilamana digunakan untuk pengolahan data multivariat.

  • R-Software

Software ini dibagiakn secara gratis dan sangat fungsional bilamana digunakan untuk mengolah data dalam bentuk angka dalam berbagai jenis penelitian yang beragam, baik riset berbasis soshum atau saintek.

  • Stata

Alat ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan analisis data penelitian kuantitatif dari berbagai disiplin ilmu. Di dalamnya terdapat berbagai manacam grafik, diagram, dan tatanan data yang teratur. Dengan demikian proses analisis menjadi jelas dalam pembacaannya.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar