083150026906 - 5 Cara Membuat Footnote di Microsoft Word

5 Cara Membuat Footnote di Microsoft Word -  Buat kamu yang suka mengelola dokumen di Microsoft Word, cara membuat footnote (catatan kaki) cukup penting untuk diketahui. Dengan adanya footnote, maka laporan atau karya ilmiah akan terlihat lebih rinci dan rapi.

5 Cara Membuat Catatan Kaki di Microsoft Word


Karya ilmiah seperti laporan praktikum, skripsi, makalah, dan laporan penelitian bisa lebih lengkap dengan adanya footnote di bagian bawah halaman. Footnote atau catatan kaki ini berfungsi untuk menjelaskan, mengomentari, atau memberikan referensi untuk sesuatu yang telah Kamu sebutkan dalam dokumen.

Biasanya footnote (catatan kaki) muncul di bagian bawah halaman dan endnote (catatan akhir) datang di akhir dokumen atau section. Catatan kaki memungkinkan Kamu untuk mengutip sumber atau menjelaskan sebuah konsep secara terperinci tanpa mengalihkan teks utama. Word telah mempermudah pengelolaan catatan kaki, karena catatan kaki yang baru akan diberi nomor secara otomatis, dan area catatan kaki dapat meluas dan menyempit secara dinamis berdasarkan jumlah teks. Berikan nuansa profesional pada dokumen Kamu dengan menggunakan catatan kaki yang ditempatkan secara strategis untuk memperjelas informasi dan memberi penghargaan pada sumber Kamu.

1.Klik tab "References
2.Tempatkan kursor di tempat yang kamu inginkan untuk memunculkan catatan kaki. 
3.Klik tombol "Insert Footnote". 
4.Ubahlah kapan penomoran catatan kaki kamu di setel ulang (reset). 
5.Ubah format catatan kaki kamu jika ingin mengganti. 


1. Klik tab "References". 

Ini terletak di bagian atas jendela, biasanya antara "Page Layout" dan "Mailings". Tab ini memungkinkan Kamu untuk menyisipkan berbagai alat referensi, seperti tabel isi, catatan kaki dan catatan akhir, kutipan, keterangan dan banyak lagi.

2. Tempatkan kursor di tempat yang Kamu inginkan untuk memunculkan catatan kaki. 

Secara default, catatan kaki akan ditkamui dengan angka superskrip yang naik di atas teks. Tempatkan kursor di tempat yang ingin Kamu munculkan angkanya.

3. Klik tombol "Insert Footnote". 

Ini terletak di bagian "Footnotes" di tab "References". Angka catatan kaki akan disisipkan, dan bilah pemisah akan ditambahkan ke bagian bawah halaman. Kursor Kamu secara otomatis akan diarahkan ke catatan kaki di bagian bawah halaman sehingga Kamu dapat mengisinya.

  • Catatan akhir sama seperti catatan kaki, kecuali referensinya muncul di akhir dokumen. Secara default, catatan akhir diberi nomor dengan angka Romawi (i, ii, iii, dll).
  • Atau, Kamu dapat menekan Ctrl+Alt+F untuk membuat catatan kaki, atau Ctrl+Alt+D untuk membuat catatan akhir.

4. Ubahlah kapan penomoran catatan kaki Kamu di setel ulang (reset). 

Secara default, catatan kaki Kamu akan bertambah angkanya di seluruh dokumen. Kamu dapat mengubahnya sehingga angkanya dimulai ulang di setiap halaman atau di section break (bagian jeda untuk melakukan pengaturan yang berbeda) dalam dokumen.[1]

  • Klik tombol Menu di pojok kanan bawah di bagian "Footnotes". Ini akan membuka jendela "Footnote and Endnote". Di bagian "Format", gunakan menu buka bawah (drop-down) "Numbering" untuk memilih kapan Kamu menginginkan nomor catatan kaki dilakukan start ulang.
  • Kamu dapat memasukkan section break ke dalam dokumen dengan mengeklik tab "Page Layout", mengeklik tombol "Breaks" di bagian "Page Setup", kemudian memilih jenis break yang ingin Kamu masukkan. Selain mengubah cara penomoran catatan kaki, section break sangat bagus untuk membuat perubahan tata letak ke bagian dokumen tertentu.

5. Ubah format catatan kaki Kamu. 

Jika Kamu lebih suka menggunakan simbol daripada angka, ingin catatan kaki Kamu muncul di bawah teks bukan di bagian bawah halaman, atau ingin penomorannya dimulai dengan nomor yang berbeda, Kamu dapat mengubahnya dari jendela "Footnote and Endnote". Klik tombol Menu di pojok kanan bawah bagian "Footnotes" untuk membukanya.

  • Klik Symbol... untuk memilih simbol dari menu Symbol. Kamu dapat memilih karakter apa saja dari jenis fonta (font) apa saja, meskipun fonta "Symbol" akan membuka secara default.

Bahasan diatas untuk mempermudah mahasiswa darimanapun berada, baik dari Sumatera Selatan, Bengkulu, Aceh, Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Selatan, Jawa Barat dan wilayah lainnya yang terbantu dengan artikel ini dalam membuat catatan kaki sehingga tugas kuliah, praktiku, skripsi, laporan keuangan kantor menjadi terbantu. 

Jika kamu membutuhkan bantuan terutama yang berhubungan dengan tahapan dan prosedur penulisan karya ilmiah, termasuk jasa TURNITIN  ataupun hendak mengurangi tingkat plagiasi karya tulis kamu, silahkan mengubungi nomer yang terdapat dalam layanan jasaturnitin.com mudah dan cepat.  

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar