Cara untuk memulai membuat tulisan dan membiasakan menulis

Cara untuk memulai membuat tulisan dan membiasakan menulis - Bagi para pemula menulis merupakan suatu aktivitas yang dianggap jenuh, membosankan dan terasa berat. Pada faktanya ketika kamu sudah terjun dalam dunia kepenulisan, menulis merupakan kegiatan yang sangat seru, asyik dan menyenangkan, karena bisa menuangkan ide dan gagasan dalam sebuah karya yang dapat dinikmati oleh semua orang. Dengan menulis, kamu juga bisa memperkaya pengetahuanmu dan memberikan informasi kepada banyak orang. Nah, bagi kamu yang tertarik dan ingin belajar menulis, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara untuk memulai membuat tulisan dan membiasakan menulis

Cara untuk memulai membuat tulisan dan membiasakan menulis

1. Memilih topik yang paling dikuasai

Mengawali menulis memang berat, maka dari itu alangkah baiknya memulai dengan topik yang paling dikuasi agar menjadi minat bagi diri sendiri dalam menyelesaikan tulisan dan mudah dalam menjabarkan ide. Misalnya kamu suka pertandingan bola, maka tulislah tentang artikel seputar bola atau tips dan trik bermain bola semenarik mungkin, dan lakukan sesering mungkin dakam membuat tulisan sehingga kamu terbiasa. Bagi kamu yang suka membaca, kamu bisa menuliskan resensi buku terbaru yang menarik dan bermanfaat. Membuat tulisan mengenai hal-hal yang kamu sukai atau kuasai akan membuat kamu semakin menikmati proses tulis menulis. Kamu jadi lebih bersemangat karena kita menuangkan pengetahuan kita secara langsung dalam tulisan.

2. Membuat kerangka dari tulisan

Ketika topik telah dipilih maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menuliskan kerangka. Kerangka tulisan adalah bagian dari penulisan yang menggambarkan secara menyeluruh dari isi tulisan. Seperti kerangka dalam tubuh manusia yang memberikan gambaran bentuk bagi wujud fisik manusia.  Catatatlah apa saja yang yang ingin kamu tuliskan.

Menuliskan kerangka tulisan akan banyak membantumu dalam mengingat apa saja yang ingin kamu tuangkan. Kamu juga bisa menggunakan kerangka untuk mengumpulkan data yang akan melengkapi tulisanmu nantinya.

3. Mengumpulkan data dan informasi

Data dan informasi yang lengkap akan memudahkanmu dalam menulis. Semakin banyak informasi dan data yang dikumpulkan maka akan semakin banyak pula ide yang akan keluar dari kepalamu. Tanpa data dan infomasi yang akurat kamu bisa menyesatkan pembaca dengan tulisan kita. Oleh karena itu, data menjadi salah satu unsur terpenting dalam tulisan. Itulah alasan mengapa  perlu mencari data dan informasi sebanyak-banyaknya mengenai topik yang akan kamu tuliskan.

4. Proses menulis

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mulai menulis. Tulislah sebanyak-banyaknya apa yang ada dalam benak kamu sehingga tertuang dalam kertas atau ms. Word. Jangan terlalu diperdulikan mengenai menarik atau tidak, yang terpenting untuk memulai adalah kamu harus berani dulu dalam menuangkan ide. Semangkin banyak kamu menulis maka akan semakin baik nantinya untuk menjadi bahan pertimbangan dalam proses pengeditan atau peninjauan ulang.

5. Menyunting, mengedit dan meinjau tulisan

Kamu harus bisa menjadi editor bagi tulisanmu sendiri agar nantinya tulisan amu benar-benar layak untuk dibaca orang lain. Setelah kamu selesai menulis, baca ulang tulisanmu dari awal hingga akhir. Perhatikan penempatan tanda baca, Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), margin, penggunaan kalimat majemuk, penulisan body note, footnote, daftar pustaka dan cara penulisan kata-kata asing yang harus dimiringkan (italic). Kamu bisa menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) untuk membantu mengecek EYD dalam tulisanmu. Kamu juga harus memperhatikan mengenai penggunaan kata, penyusunan kalimat dan penggunaan kata sambung.

6. Menerbitkan tulisan

Setelah semua proses selesai maka langkah selanjutnya adalah menerbitkan tulisanmu sehingga orang lain bisa membacanya. Kamu bisa mencari media yang kamu inginkan, seperti mengirimkan kepada media koran cetak atau digital. Atau kamu juga bisa membuat di website mu sendiri kalau ternyata belum diterima oleh media dan diseabarluaskan kepada teman-teman kamu.

Langkah-langkah diatas bisa kamu terapkan setiap kamu menulis hingga menjadi kebiasaan. Langkah-langkah di atas harus terus didukung dengan kemauan untuk menulis dan tekun berlatih. Semakin sering kamu berlatih  akan semakin terdorong untuk menghasilkan tulisan terbaik dan terus belajar dari kekurangan kita sebagai penulis.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar