7 Hal penting agar hubungan dengan dosen pembimbing skripsi terjaga dengan baik

7 Hal penting agar hubungan dengan dosen pembimbing skripsi terjaga dengan baik - Sebagai mahasiswa akhir semester kalian perlu memikirkan banyak hal yang berkaitan dengan masa depan. Selain permasalahan rencana tidak lanjut setelah lulus kuliah, kini masalah terdekat juga harus terlebih dahulu dipikirkan. Skripsi menjadi tonggak utama kelulusan dalam dunia perkuliahan. Dalam pengerjaannya pun harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh kesabaran. 

7 Hal penting agar hubungan dengan dosen pembimbing skripsi terjaga dengan baik


Kelulusan sebenarnya dapat dipastikan waktunya, dan hal yang demikian tergantung pada pribadi masing-masing mahasiswa. Diluar urusan timeline yang harusnya dibuat oleh mahasiswa, ada juga masalah lain yang mempengaruhi durasi kelulusan seorang mahasiswa. Faktor tersebut yakni hubungan mahasiswa dengan dosen pembimbing skripsi.

Relasi tersebut harusnya dijaga dengan sangat hati-hati. Karena tak jarang ditemui mahasiswa yang tidak kunjung selesai studinya hanya karena hubungannya dengan dosen pembimbing skripsi yang kurang harmonis. Upaya penjagaan hubungan tersebut secara umum dan banyak dilakukan oleh mahasiswa semester akhir dengan melakukan beberapa hal seperti yang akan dibahas dalam tulisan kali ini.

7 Hal penting agar hubungan dengan dosen pembimbing skripsi terjaga dengan baik:

1. Gunakan image pada perjumpaan pertama kali dengan sebaik mungkin
2. Memahami karekter dosen pembimbing
3. Persetujuan mengenai kontrak bimbingan skripsi
4. Pandai dalam memilih waktu konsultasi
5. Selalu melaporkan progress pengerjaan skripsi
6. Mengedepankan sopan santun
7. Ontime atau tepat waktu pada waktu konsultasi dilakukan


  • Gunakan image pada perjumpaan pertama kali dengan sebaik mungkin

Tahap pertema sebelum bimbingan skripsi dilakukan pasti akan diawali dengan proses perkenalan. Dosen pembimbing secara umum akan menyukai mahasiswa bimbingannya yang terlihat baik dari segi sikap/perawakan/karakter. Poin utamanya yakni kalian harus mampu merubah diri kalian menjadi lebih baik saat bertemu dengan dosen pembimbing kalian.

  • Memahami karekter dosen pembimbing

Perjalanan dari kegiatan bimbingan akan berlangsung lama, dan kalian harus dengan capat mempelajari karakrer dosen, sepeperti contoh yakni hal yang disukainya maupun hal yang tidak disukainya. Hal sederhana ini akan berdampak pada hubungan yang telah terbangun sebelumnya. Berhasil memahami karakter akan mempermudah kalian dalam menjaga hubungan baik dengan dosen tersebut.

  • Persetujuan mengenai kontrak bimbingan skripsi

Dalam agenda perkenalan sebelum proses bimbingan berjalan, alangkah baiknya membuat kontrak yang disetujui oleh masing-masing pihak yang terlibat (mahasiswa dan dosen pembimbing skripsi). Kontrak tersebut secara umum berkaitan dengan aturan yang harus ditaati oleh mahasiswa selama proses pengerjaan skripsi selesai. Kontrak bimbingan yang jelas, secara langsung mempermudah kalian dalam menentukan jadwal bimbingan, seperti capaian tiap minggunya, jam konsul, dan hal lainnya yang masih berkaitan dengan urusan pengerjaan skripsi. 

  • Pandai dalam memilih waktu konsultasi

Waktu konsultasi harus dipertimbangkan dengan baik dan tidak menggangu kesibukan dosen pembimbing. Kecerdikan dalam pemilihan waktu konsultasi skripsi menjadi pendukung cepatnya lulus studi. Namun bilamana terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, seperti tidak adanya kabar dari dosen pembimbing atau lost contact maka alangkah baiknya ditemui secara langsung dengan membuat ijin terlebih dahulu di jam yang disepakati keduanya.

  • Selalu melaporkan progress pengerjaan skripsi

Dosen pembimbing akan selalu menanyakan perkembangan pengerjaan atau progress skripsi di setiap kali pertemuan atau konsultasi. Dengan demikian maka berbagai pengarahan dapat secara langsung diterima oleh mahasiswa disetiap pertemuannya (pertemuan konsultasi skripsi)

  • Mengedepankan sopan santun

Etika diri yang melekat dalam jiwa manusia sangatlah beragam, dengan demikian maka harus diupayakan menjadi pribadi yang baik. Jika dibandingkan dengan induvidu lainnya maka akan terlihat perbedaan karakternya. Maka dari itu sikap yang meninggikan nilai moral harus dipertahankan kepada semua manusia disekitar kalian, baik itu di kampus maupun ditempat tinggal pribadi.

  • Ontime atau tepat waktu pada waktu konsultasi dilakukan

Dosen akan menyukai mahasiswa dengan daya tertib yang tinggi. Maka dari itu jika perjanjian terkait jam konsultasi disepekati oleh dua pihak, maka kesepakatan tersebug harus dipegang teguh.

Beberapa poin di atas meringkas banyak hal yang membuat dosen penguji menjadi baik hati saat pengerjaan skripsi dilalui. Menjaga hubungan baik memang tidaklah mudah, yakni  harus melibatkan perasaan yang tulus san mengedepankan etika diri yang baik. Poin utamanya yakni kebaikan  mahasiswa akan dibalas pula oleh kebaikan yang lainnya, entah dalam kemudahan atau rintangan lebih.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar