10 Tips menghilangkan rasa grogi atau nervours saat sidang skripsi

10 Tips menghilangkan rasa grogi atau nervours saat sidang skripsi - Fase puncak dari proses studi bagi mahasiswa semester akhir adalah sidang skripsi atau yang sering dikenal dengan istilah pendadaran. Fase ini harus dicapai oleh semua mahasiwa yang menginginkan kelulusan.

10 Tips menghilangkan rasa grogi atau nervours saat sidang skripsi


Realitas masa kini, sidang skripsi dilakukan dengan teknis yang berbeda-beda. Bilamana berkaca dari tiga tahun yang lalu, teknis pendadaran dilakukan secara tradisional atau dengan kata lain prosesnya dilakukan secara langsung dengan tatap muka di sebuah ruangan tertentu. Wajah baru teknis pendadaran kini bermunculan di hampir seluruh kampus atau universitas di seluruh indonesia. Praktik terbarunya yakni dengan cara online atau melalui suatu apilikasi tertentu yang mampu mengumpulkan pihak-pihak tertentu dalam satu forum resmi tersebut.

Secara umum dan hampir dirasakan oleh mayoritas mahasiswa yang hendak menjalankan pendadaran atau sidang skripsi adalah grogi atau dikenal dengan istilah nervours. Perasaan tersebut berdampak pada kesempurnaan pendadaran yang dilakukan.

Secara umum grogi mengakibatkan mahasiswa yang sedang melakukan sidang menjadi lupa materi, gemetaran, menjadikan pikiran semrawut atau panas, dan dapat menyebabkan hal-hal lainnya yang cenderung mengurangi kesempuraan presentasi dalam sidang skripsi.

Realitas yang demikian menjadi problematika umum di kalangan mahasiswa selaku peserta sidang. Namun perlu dipahami secara seksama bahwa setiap masalah dapat diatasi dengan solusi-solusi tertentu. Penulis telah berpengalaman dalam fase ini, dengan demikian beberapa hal dapat dituliskan oleh penulis bilamana dikaitkan dengan cara menghilangkan atau atau mengurangi nervous / grogi dalam lingkaran sidang skripsi.

10 Tips menghilangkan rasa grogi atau nervours saat sidang skripsi:

1. Tenangkan pikiran dan konsentrasi
2. Perbanyak minum air putih
3. Kuasai materi sebelum hari H
4. Selesaikan atau lengkapi segala hal yang dibutuhkan dalam sidang
5. Pertebal rasa percaya diri
6. Jaga kesehatan diri
7. Hindari hal-hal yang berpotensi membuat kelelahan fisik
8. Membuat janji dengan dosen penguji
9. Sarapan pagi
10. Memperbanyak doa

Tenangkan pikiran dan konsentrasi

Beberapa saat sebelum sidang dimulai pastikan pikiran kalian konsentrasi terhadap sidang yang hendak dilaksanakan, yakni dengan cara menghilangkan pikiran lain yang tidak penting pra sidang dilaksanakan. Konsentrasi dapat didapatkan dalam kondisi yang tenang, jadi sebisa mungkin proses persidangan dilakukan ditempat yang tidak terlalu gaduh.

Perbanyak minum air putih

Air putih akan mengurangi dehidrasi pada seseorang, dehidrasi tersebut jika dibiarkan dapat mempengaruhi konsentrasi pada diri orang tersebut. Maka jelas sekali bahwa pemenuhan kebutuhan air putih bagi tubuh saat menghadapi ujian skripsi sangatlah penting.

Kuasai materi sebelum hari H

Penguasaan materi yang hendak dipresentasikan dalam sidang skripsi sangat penting. Dengan penguasaan materi yang matang maka akan memudahkan kalian dalam menjawab berbagai pertanyaan atau rasa penasaran dari penguji yang bertugas. Dengan terkuasainya materi maka dapat dipatikan grogi yang secara umum muncul  akan hilang.

Selesaikan atau lengkapi segala hal yang dibutuhkan dalam sidang

Kebutuhan yang diperlukan saat persidangan dilakukan seyogyanya dipersiapkan dengan baik. Segala hal tersebut salah satunya yakni

Pertebal rasa percaya diri

Nervous dapat diatasi dengan mempertebal rasa percaya diri. Hal ini dapat dilakukan dengan menempatkan diri kalian sebagai pihak yang paling unggul dalam hal pengetahuan data skripsi dibandingkan dengan para penguji yang ada. Sugesti ini dapat membuat kalian merasa superior dibandingakan dengan orang di sekitar kalian.

Jaga kesehatan diri

Saat pelaksanaan sidang dilakukan hendaknya kondisi fisik dan jasmani sedang dalam keadaan sehat. Hal ini sangat penting karena akan mempermudah diri konsentrasi terhadap sidang yang hendak atau sedang dilakukan.

Hindari hal-hal yang berpotensi membuat kelelahan fisik

Kelelahan akibat aktivitas fisik akan berdampak pada konsentrasi diri kalian. Secara langsung kondisi ini akan membuat metabolisme tubuh menjadi tidak stabil dan dapat mempengaruhi kinerja otak. Otak yang kurang sehat akan mempengaruhi psikis seseorang, termasuk perasaan grogi yang ada dalam diri seseorang.

Membuat janji dengan dosen penguji

Pastikan sebelum sidang skripsi dilaksanakan, kalian telah membuat janji atau menghubungi dosen penguji terlebih dahulu. Dengan penjadwalan yang telah ditetapkan, akan membuat rasa panik dalam diri berkurang dan tentrunya akan berpengaruh baik kepada ketenangan diri kalian.

Sarapan pagi

Dengan pemenuhan gixi tubuh yang cukup, maka kesehatan akan terjamin, termasuk juga kinerja seluruh organ, otak yang menjadi bagian dari organ yang dimaksud akan berada dalam posisi sehat dan segar. Kondisi yang demikian jelas akan menjuhkan diri peserta sidang kepanikan atau grogi yang berlebihan.

Memperbanyak doa

Hal terpenting dalam ujian skripsi adalah doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas doa yang dipanjatkan dapat memberikan keteangan dalam diri, sehingga grogi yang sebelummnya dirasakan dapat berkurang atau bahkan hilang.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar