4 Kesalahan Yang Biasa Terjadi Dalam Penulisan Karya Ilmiah

4 Kesalahan Yang Biasa Terjadi Dalam Penulisan Karya Ilmiah - Penulisan karya ilmiah memang tidak mudah karena harus sesuai dengan aturan dalam penulisannya, sehingga mahasiswa biasanya melakukan beberapa kesalahan berikut.

4 Kesalahan Yang Biasa Terjadi Dalam Penulisan Karya Ilmiah


Dalam penyusunan karya ilmiah perlu memperhatikan kaidah dan aturan dalam penulisannya, baik dari strukturnya sampai dengan pembahasannya. Sehingga dalam penulisannya kerap ditemukan beberapa kesalahan yang biasa terjadi secara teknis ataupun non teknis.

Biasanya kesalahan tersebut ditemukan dalam beberapa penulisan karya ilmiah seperti skripsi, tesis, sampai disertasi. Berikut 4 kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan karya ilmiah yang dilakukan oleh para peneliti.

1. Analisis yang Tidak Sesuai dengan Identifikasi Masalah

Kesalahan yang sering dialami dalam penulisan karya ilmiah yaitu analisis yang tidak sesuai dengan identifikasi masalahnya. Mengingat identifikasi masalah merupakan dasar dalam kegiatan analisis, sehingga analisis penelitian harus sesuai dengan masalah yang diidentifikasikan.

2. Tidak Berfokus Kepada Masalah

Mahasiwa sering kurang fokus dalam menjelaskan masalah peneltian, di mana hal tersebut dapat dilihat melalui bahasan dalam bab pertama ataupun pendahuluan yang kurang fokus membahas tentang permasalahan yang ingin diteliti. Kesalahan yang umum terjadi yaitu pendahuluan yang pembahasan masalahnya terlalu luas.

3. Kesalahan dalam Berbahasa

Kesalahan yang kerap dilakukan dalam penulisan karya ilmiah yaitu dalam penggunaan bahasanya, di mana kebanyakan mahasiswa kurang bisa membedakan kalimat tunggal dengan majemuk. Kesalahan lain yaitu dalam penggunaan tanda baca yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah.

4. Kesalahan Pengutipan

Kesalahan dalam mengutip dapat berakibat fatal dalam penulisan karya ilmiah, mengingat kutipan yang tidak sesuai dengan kaidah penulisannya dapat dianggap sebagai tindakan plagiasi karya ilmiah. Sehingga dalam mengutip baik secara langsung maupun tidak langsung, sebaiknya memperhatikan kaidah dalam pengutipan.

Keempat kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan karya ilmiah tersebut perlu diperhatikan bagi para peneliti, karena jika diabaikan dapat membuat karya ilmiah tidak relevan dengan permasalahan yang diteliti atau bahkan sampai dianggap plagiasi.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar