4 Tips mudah untuk lolos uji turnitin

4 Tips mudah untuk lolos uji turnitin - Turnitin merupakan sebuah alat yang difungsikan sebagai alat deteksi plagiasi atau penjiplakan suatu dokumen ilmiah. Layanan ini merupakan produk komersial yang dibuat oleh Amerika.

4 Tips mudah untuk lolos uji turnitin

Secara sederhana plagiasi dipahami sebagai suati tindakan peniruan, penjiplakan, atau dapat juga disebut dengan istilah copy paste suatu karya yang termasuk pelanggaran atas hak cipta. Teknis kerja turnitin yakni mampu membaca penjiplakan yang dilakukan oleh seseorang atas karya atau tulisan yang dimiliki orang lain. Jangkauan deteksi penjiplakan yang mampu terdetaksi turnitin yakni dari tulisan website, blogspot, jurnal online, dan lain sebagainya.

Permasalahan yang menonjol yakni tuntutan orisinalitas karya yang ditetapkan oleh hampir semua universitas yang ada di Indonesia, sedangkan plagiasi masih terlihat dilakukan. Kondisi yang demikian memberikan tuntutan bagi semua civitas akademika untuk membuktikan orisinalitas karyanya melalui alat deteksi plagiat yakni turnitin.

Pengujian tersebut tidak membutuhkan waktu lama, dengan teknis mengupload di laman turnitin maka akan mendeteksi plagiasi secara otomatis. Universitas yang ada di Indonesia menerapkan toleransi plagiasi dengan ukuran presentase tertentu. Batas toleransi ini akan menjadi penentu lolos atau tidaknya suatu karya di hadapan putusan universitas tersebut.

Penulis melihat bahwa mayoritas civitas akademik terutama mahasiswa, banyak melakukan plagiasi dan akhirnya terdeteksi angka plagiasi dengan jumlah presentase tertentu. Masalah yang dihadapinya yakni presentase plagiasi yang besar dalam karya atau tulisanya. Hal ini membuat mahasiswa harus memutar otak agar persentase plagiatnya turun sesuai ketentuan univeristas.

Dalam tulisan ini akan diberikan tips lolos uji turnitin dengan persentase plagiat yang kecil atau rendah.

4 Tips mudah untuk lolos uji turnitin

1. Dilarang copy paste atau menjiplak
2. Memakai teknik parafrase
3. Pandaan kata
4. Menyelipkan kata disetiap kalimat

 

Dilarang copy paste atau menjiplak

Kesalahan mahasiswa dalam membuat karya ilmiahnya yakni menjiplak utuh atau copy paste. Tindakan ini akan menimbulkan masalah bagi kalian bilamana dikemudian hari karya yang kelian buat akan masuk dalam uji turnitin, dengan teknik membuat karya yang demikian maka jelas akan terdeteksi plagiat dengan ukuran yang besar. Maka dari itu, penulis menyarankan untuk jangan melakukan copy paste secara utuh.

Memakai teknik parafrase

Gagasa orang lain dalam karya yang berbeda baik jurnal maupun buku boleh dan sah dipakai dalam tulisan ilmiah kalian. Tetapi kalian harus melakukan teknik parafrase dalam kalimat yang hendak kalian jiplak tersebut. Secara sederhana kalian dapat merubah kata dalam kalimat dengan model penulisan atau kata baru namun tidak mengaburkan makna kalimat.

Pandaan kata

Pandaan kata dapat kalian lakukan dalam setiap kata dalam suatu kalimat. Cara ini sangat mudah dan terbukti dapat membantu menurunkan persentase plagiarisme dalam karya atau tulisan yang sedang kalian kalian buat. Lebih detailnya yakni seperti percontohan berikut ini, kata “penelitian” diubah menjadi kata “riset”, kata “merupakan/adalah,dll” dapat diganti dengan “dapat diartikan sebagai”, dan seterusnya. Pada intinya kalian rubah kata yang terdeteksi plagiat dengan kata lain yang searti.

Menyelipkan kata disetiap kalimat

Penyelipan kata delam kalimat. Kalian dapat lakukan cara ini untuk mengurangi persentase plagiarisme. Cra yang sangat sederhana, yakni dengan menambahkan kata dalam setiap kalimat yang terdeteksi plagiat.

Cara-cara di atas merupakan sedikit dari banyak tips yang ada. Dalam tulisan ini penuis sengaja menuliskan beberapa tips untuk menurunkan indeks plagiarisme yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba dan tetap kreatif.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar

Terbaru