5 Cara Penulisan Footnote dari Jurnal - 083150026906

5 Cara Penulisan Footnote dari Jurnal - Footnote akan memudahkan penulis merujuk referensi tanpa menuliskan sumber rujukan ataupun memberikan sitasi. Berikut 5 cara penulisan footnote dari jurnal yang mudah.

5 Cara Penulisan Footnote dari Jurnal

Footnote atau catatan kaki merupakan sebuah daftar keterangan khusus yang letaknya berada di bawah seperti di bawah akhir tiap lembar ataupun akhir bab dari keterangan artikel ilmiah. Footnote berguna sebagai keterangan yang memberikan penjelasan tentang sumber kutipan yang digunakan. Footnote juga berfungsi sebagai bukti, informasi lengkap, keterangan dan petunjuk, serta memperluas pembahasan. Adapun tata cara dalam penulisan footnote dari jurnal, diantaranya yaitu:

1. Menyelesaikan Tulisan

Tata cara dalam penulisan footnote dari jurnal yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu menyelesaikan tulisan. Footnote biasanya diterapkan setelah sebuah gagasan yang asalnya dari suatu sumber telah selesai ditulis.

2. Memberi Angka Arab

Apabila tulisan yang berisi gagasan telah selesai ditulis, selanjutnya adalah memberi angka arab seperti 1,2,3,4, dan seterusnya dan diletakkan di akhir kalimat dari gagasan yang dikutip. Tepatnya ditulis setelah titik. Penulisan angka arab dalam penulisan footnote misalnya: ....dengan tepat.1

3. Memberi 7 Spasi dalam Penulisan Footnote

Cara penulisan footnote selanjutnya yaitu memberikan 7 spasi saat akan menulis footnote di akhir lembar atau bab. Namun ketentuan ini bersifat opsional, tergantung kebijakan dari kampus masing-masing. Misalnya:

            1Alwi Asegaf.2017.Teori Komunikasi Dasar: Definisi, Fungsi, Ciri-Ciri, dan Manfaat. Jurnal Ilmu Komunikasi. 9(2): 13-17.

4. Menulis Footnote Sesuai dengan Unsur

Penulisan footnote juga harus sesuai dengan unsur-unsurnya yang terdiri dari nama pengarang, judul artikel dari jurnal yang digunakan, nama jurnal, volume serta nomor jurnal, bulan serta tahun penerbitan, nomor halaman, dan juga tanda titik.

5. Mengatur Spasi

Dalam penulisan footnote juga perlu dperhatikan jarak antar nomor atau spasinya, di mana biasanya dalam footnote menggunakan spasi 1.

Kelima tata cara penulisan footnote tersebut sangatlah mudah untuk diaplikasikan. Anda tidak perlu lagi menuliskan sumber rujukan atau sitasi setiap kali mengutip sebuah gagasan atau pernyataan. Penggunaan footnote ini akan memudahkan penulisan karya ilmiah yang menggunakan banyak sumber rujukan, misalnya seperti buku.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar