5 Tips agar tidak jenuh saat membuat transkrip wawancara dari rekaman

5 Tips agar tidak jenuh saat membuat transkrip wawancara dari rekamanRiset dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui suatu fenomena yamg terjadi dilapangan. Pengetahuan lapangan akan dikemas dalam bentuk data, baik data yang berbentuk angka maupun data dalam bentuk narasi kata.

5 Tips agar tidak jenuh saat membuat transkrip wawancara dari rekaman

Namun sebelum beranjak kedalam bentuk data kata atau angka, terlebih dahulu peneliti harus mencarinya di lokasi penelitian. Data penelitian memang terkemas dalam bentuk yang banyak, entah dalam bentik pernyataan, dokumen tertulis, hasil pengamatan peneliti, dan bentuk lainnya yang bermakna informatif.

Secara umum peneliti menggunakan berbagai macam trik di lapangan guna mendapatkan data penelitian. Selain trik tersebut, guna memudahkan serta memperlancar proses pengambilan data, maka peneliti harus dilengkapi dengan berbagai alat yang secara fungsional membantu proses penelitian, seperti contoh alat yang digunaka yakni tipe recorder atau alat perekan dalam bentuk apapun.

Alat perekam yang sering digunakan saat proses pengambilan data dilakukan yakni HandPhone. Dengan memakai alat komunikasi tersebut, pengguna dapat memakainya sebagai alat bantu rekam suara. Penggunaan alat perekam suara sangat cocok saat mewawancarai informan dengan durasi yang panjang, selain efektif cara tersebut mudah untuk dilakukan.

Namun perlu dipahami secara seksama, bahwasannya peneliti akan keberatan untuk melakukan transkrip data wawancara yang telah terekam. Berdasarkan pengamatan lapangan memenag seperti itu, yakni banyak yang keberatan saat merubah data remana dalam bentuik audio ke bentuk tulisan atau ketikan.

Permasalah tersebut tidak hanya dijumpai disuatu daerah tertentu, namun diberbagai daerah permasalahannya hampir sama. Walaupun tidak dialami oleh semua peneliti, tetapi mayoritas peneliti keberatan dalam mentrankrip data wawancara yang berbentuk audio hasil  rekaman.

Tulisan ini adalah bagian dari pengalaman peneliti dalam menghadapi perasaan berat atau malas dalam melakukan transkrip wawancara. Secara sederhana terdapat beberapa trik yang dapat dipraktikan oleh kalian.

Daftar Isi:

1. Memotivasi diri sendiri
2. Menyelingi dengan hal menarik
3. Membuat deadline
4. Lakukanlah ditempat yang nyaman dan sunyi
5. Membuang perkataan yang tidak berguna

 

Memotivasi diri sendiri

Motivasi diri dapat timbul dengan berbagai macam cara, jika dikatikan dengan permasalahan ini yakni dapat diatasi dengan mendorong diri untuk tetap dalam progress dan untuk mendorong tersebut perlu bahan atau suatu hal yang dapat menumbuhkan motivasi. Kalian dapat menumbuhkannya dengan menggunakan teman kalian yang telah memiliki progres yang lebih banyak dari pada kalian sendiri, dengan memakai orang tua kandung yang telah berusha membantu kalian, dan hal lain yang dapat memberikan dorongan untuk maju.

Menyelingi dengan hal menarik

Melakukan transkrip wawancara memang membosankan, dengan demikian alangkah beiknya kalian selingi proses teresebut dengan kegiatan lain seperti main game, menonton vidio-vidio, memakan cemilan, menggerakkan tulang punggung, dan selingan lainnya yang mampu memecahkan kebosanan dalam melakukan pembuatan transkrip wawancara.

Membuat deadline

Membuat deadline menjadi penting bagi kalian, agar pekerjaan riset atau pembuatan hasil riset dapat tertata rapi. Deadline memang menjadi pendorong terkuat saat hendak melakukan sesuatu.

Lakukanlah ditempat yang nyaman dan sunyi

Transkrip wawancara dari audio ke dalam bentuk tulisan disarankan dilakukan di tempat yang tenang dan bebas dari keramaian. Hal ini jelas akan menambah ketenanagan dan kenyamanan dalam prosesnya.

Membuang perkataan yang tidak berguna

Rekaman audio wawancara tidak akan terhindar dari kata-kata atau penjelasan yang tidak berguna. Dengan demikian untuk mempersingkat waktu maka disarankan bagi kalian untuk membuang atau tidak mencatat penjelasan atau kata-kata yang tidak begitu penting. Jadi intinya kalian tulis saja penjelasan yang dianggap penting sebagai lampiran dalam suatu karya penelitian.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar