Tips agar tulisan cerita menarik untuk dibaca

Tips agar tulisan cerita menarik untuk dibaca Cerita yang menarik tentunya menjadi idaman bagi setiap pembacanya. Banyak tulisan yang kurang menarik sehiingga pembaca mudah bosan dan ceritapun terasa hambar sebab cerita yang disajikan kurang mebawa suasana kepada para pembaca. Pada tulisan kali ini akan mengajak kamu untuk mengetahui bagaimana cara agar tulisanmu menarik dan memberikan kesan yang baik bagi pembaca. Beikut tips dan trik agar tulisanmu menarik untuk dibaca:

Tips agar tulisan cerita menarik untuk dibaca


1. Fokus pada ide

Buatlah cerita yang terfokus pada satu titik. Cerita yang baik adalah cerita yang fokus. Jika ingin membuat penembangan dalam cerita maka harus masuk akal dan tidak terlalu jauh atau akibatnya seperti sinetron di tv. Tidak mempunya jalan cerita yang jelas dan semakin melebar kemana-mana, maka cerita yang kuat dan fokus akan membuat pembaca ingin membaca karyamu yang lain juga.

2. Membuat alur cerita yang menarik.

Alur cerita yang tajam dan membuat penasaran akan membuat pembaca betah dan selalu bertanya-tanya pada setiap kalimat dan paragraf selanjutnya. Untuk itu penting bagi penulis untuk bisa membuat alur cerita yang menarik bagi pembaca. Penulis harus menanamkan dalam pikirannya jika tulisannya harus berhasil membuat pembaca penasaran. Kamu juga bisa menggunakan alur yang tak bisa ditebak pembaca, sehingga pembaca akan merasa kaget.

3. Plot twist dalam cerita.

Agar cerita semakin menarik maka perlu menyisipkan plot twist di dalam cerita tersebut. Tujuan dengan adanya plot twist adalah untuk membuat pembaca semakin tertarik membaca cerita karena adanya perubahan cara pandang penulis di dalam cerita tersebut. Plot twist dilakukan ketika informasi atau kejadian yang terjadi di dalam cerita sangat penting, tetapi penulis ingin mengubah cara pandang pembaca terhadap suatu tokoh. Dalam membuat plot twist harus memperhatikan berbagai aspek kecil agar berhasil.

4. Menaruh logika dalam tulisan

Tulisan menarik harus bisa masuk logika dalam sekali baca oleh para pembaca tidak harus diulang-ulang. Logika berfikir yang dimasukan dalam tulisan mudah ditangkap oleh pembaca sehingga pembaca tidak salah dalam mengartikan setiap kalimat dan paragraf dari tulisanmu.  Contoh saat kamu akan membuat keajaiban atau keberuntungan pada tokoh yang diceritakan, maka harus tetap membuat cerita logis dan mempertimbangkan mengenai logis atau tidaknya keajaiban tersebut.

5. Keingintahuan pembaca adalah yang utama

Membuat cerita tetap harus mengutamakan rasa keingintahuan dari pembaca. Kamu harus menuntun pembaca agar terus mengikuti cerita yang kamu buat. Hal ini penting agar tulisanmuu memiliki banyak pembaca dan memiliki kesan bagi para pembacanya.

5 tips yang sudah kami bagikan keppadamu, semoga bisa membantu dalam membuat cerita yang menarik. Cerita yang menarik adalah cerita yang berhasil membuat pembaca masuk dalam cerita. Semangat buat kamu yang akan menulis, semoga tulisan ini bisa membantu.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar