10 Hal yang wajib ditulis pada sub bab penelitian terdahulu di dalam skripsi

10 Hal yang wajib ditulis pada sub bab penelitian terdahulu di dalam skripsi Hal umum yang sering ditemukan di dalam skripsi, thesis, dan karya ilmiah lainnya yakni tatanan bab dan sub bab yang ada di dalamnya. Setiap bab maupun sub bab memiliki bahasan tersendiri, dan semua bagian tersebut memiliki ini atau pokok bahasan masing-masing.

10 Hal yang wajib ditulis pada sub bab penelitian terdahulu di dalam skripsi


Bagian-bagian tersebut memiliki kedudukan yang penting dalam tubuh karya ilmiah seperti skripsi, tidak akan sempurna sebuah skripsi bilamana di dalam tubuh skripsi tersebut tidak mencantumkan satu bagian atau bab maupun sub bab yang harusnya dicantumkan.

Salah satu sub bab yang dibahas dalam tulisan ini yakni penelitian terdahulu. Bagian ini penting keberadaannya karena bagian tersebut dapat dijadikan bukti bahwasannya topik skripsi yang diangkat berbeda dengan penelitian lain, memperkuat topik penelitian yang diangkat, dan lain sebagainya.

Sebelum penulisan penelitian terdahulu dilakukan, alangkah baiknya kalian pelajari hal-hal penting dalam membuat bagian tersebut. Satu hal penting yang harus kalian ingat, sebaiknya penulisan bagian ini tidak dilakukan dengan sembarangan copy paste, karena dapat meningkatkan persetanse plagiarisme, dengan demikian maka kalian disarankan untuk mengutipnya secara tidak langsung dan dengan tetap mencantumkan sumber datanya.

Sub bab penelitian terdahulu dapat ditulis dengan sederhana, singkat, dan jika ditinjau dari segi isi bisa dikatakan kompleks dengan memasukan beberapa hal berikut ini:

1. Judul
2. Latar belakang masalah
3. Rumusan masalah
4. Ruang lingkup penelitian
5. Tujuan penelitian
6. Hasil Penelitian
7. Landasan teori
8. Hipotesis
9. Metode penelitian
10. Waktu penelitian

  • Judul

Judul penelitian merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan saat menulis penelitian terdahulu. Judul penelitian yang tertera dengan jelas, akan menyempurnakan muatan dalam sub bagian penelitian terdahulu.

  • Latar belakang masalah

Latar belakang masalah tetap harus dituliskan dalam sub bagian penelitian terdahulu karena bagian ini bersifat informatif bagi penulis skripsi atau karya tulis lainnya.

  • Rumusan masalah

Rumusan masalah jangan sampai dilewatkan dalam sub bagian penelitian terdahulu, karena bagian ini turut menyempurnakan muatan yang ditulis dalam bagian tersebut.

  • Ruang lingkup penelitian

Ruang lingkup penelitian memang sudah selayaknya dimuat dalam sub bagian penelitian terdahulu, bagian ini akan menjelaskan batasan atau jangkauan riset yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya.

  • Tujuan penelitian

Tujuan penelitian dalam sub bagian penelitian terdahulu tetap harus dicantumkan walaupun tidak terkesan penting jika ditinjau dari segi substansi. Namun keberadaannya akan menambah kompleksitas tulisan.

  • Hasil penelitian

Bagian ini merupakan inti dari apa yang hendak diketahui. Penulisan bagian ini sebaiknya dilakukan dengan narasi yang padat dan informatif. Hal-hal penting yang termuat dalam hasil penelitian jangan sampai terlewati sedikitpun, karena urgensinya sangat tinggi dalam sub bagian penelitian terdahulu.

  • Landasan teori

Bagian ini wajib dituliskan dalam sub bagian penelitian terdahulu karena bagian tersebut memiliki nilai urgensi yang tinggi.

  • Hipotesis

Hipotesis penelitian termasuk hal penting, karena bersifat informatif bilamana dicantumkan dalam sub bagian penelitian terdahulu. Selain itu akan membuat sub bab penelitian terdahulu menjadi semakin kompleks.

  • Metode penelitian

Metode penelitian termasuk hal penting, karena informasinya dibutuhkan dalam sub bagian penelitian terdahulu. Selain itu akan membuat sub bab penelitian terdahulu menjadi semakin lengkap secara tekstual.

  • Waktu penelitian

Waktu penelitian menjadi penting untuk dituliskan karena bersifat informatif dan dapat merepresentasikan kebaruan atas penelitian yang dilakukan. Sebaiknya penelitian terdahulu diambil dari hasil [pene;itian yang dilakukan lima tahun sebelumnya.

Beberapa bagian di atas secara umum menjadi muatan penting yang selayaknya dicantumkan dalam sub bagian penelitian terdahulu. Karena semakin kompleks informssi yang dituliskan akan menambah jelas serta kualitas dari sub bagian penelitian terdahulu yang kalian cantumkan dalam Bab 2 di skripsi kalian.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar