4 Macam Sitasi dalam Penulisan Karya Ilmiah

4 Macam Sitasi dalam Penulisan Karya Ilmiah - Sudah tahukah Anda macam-macam sitasi yang kerap dipakai dalam penulisan rujukan untuk daftar rujukan karya ilmiah? Untuk mengetahuinya, simak ulasannya dalam artikel ini.

4 Macam Sitasi dalam Penulisan Karya Ilmiah


Sitasi atau sumber rujukan merupakan bentuk dari sebuah pengakuan akan ide ataupun gagasan orang lain di dalam suatu karya tulis ataupun karya ilmiah. Penulisan sitasi atau sumber rujukan sudah menunjukkan bahwa penulis telah mengaplikasikan kejujuran intelektual yang memang seharusnya dilakukan dan dijaga dalam dunia akademis.

Sitasi biasanya diterapkan ketika penulis meminjam gagasan ataupun kata-kata dari sumber lain dan perlu mengakuinya. Dalam penulisan sitasi sendiri dapat dilakukan dengan dua teknik, yakni catatan langsung serta catatn kaki. Adapun 4 macam sitasi atau sumber rujukan yang kerap diterapkan dalam penulisan karya ilmiah, diantaranya:

1. APA Styles

APA adalah kepanjangan dari American Psychological Association, di mana APA Styles adalah sitasi yang diciptakan oleh APA yang bidang cakupan utamanya yaitu sosial dan psikologi.

Dalam penulisan sitasi ini biasanya memuat tiga informasi, yakni nama belakang dari penulis, tanggal publikasi, serta nomor halaman yang biasanya muncul pada kutipan langsung.

2. MLA Styles

MLA atau kepanjangannya yakni Modern Language Association, yakni salah satu macam sitasi yang diciptakan oleh organisasi MLA bagi penulisan sumber-sumber riset.

Jenis sitasi ini dibuat dengan simple agar penulis lebih mudah dalam mengutip. Biasanya MLA dipakai dalam penulisan karya ilmiah yang terkait dengan Humanities dan bahasa Inggris.

3. Chicago dan Turabian Styles

Turabian Styles adalah bentuk sederhana dari kepenulisan sitasi Chicago styles. Jenis sitasi ini kerap dipakai dalam kepenulisan dalam bidang seni, sastra, serta sejarah.

4. AMA Styles

Sitasi AMA Styles adalah sitasi yang pengembangannya oleh AMA (American Medical Association). Jenis sitasi ini biasanya dipakai dalam kepenulisan di bidang kedokteran, biologi, ataupun kesehatan.

Keempat jenis sitasi tersebut dapat dipakai dalam penulisan sumber rujukan dalam karya ilmiah. Namun setiap fakultas bisa saja menerapkan format penulisan sitasi yang berbeda tergantung dari kebijakan dari fakultas itu sendiri.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar