6 Macam Karakteristik dalam Karya Ilmiah

6 Macam Karakteristik dalam Karya Ilmiah - Penulisan karya ilmiah harus memenuhi beberapa karakteristik untuk menentukan tulisan tersebut dapat disebut karya tulis ilmiah ataupun bukan. Berikut ulasan  lengkapnya.

6 Macam Karakteristik dalam Karya Ilmiah


Karya tulis ilmiah merupakan suatu tulisan yang bersifat ilmiah, serta penyusunannya melalui pemecahan dari sebuah permasalahan. Dalam memecahkan masalah tersebut dipakai beberapa metode ilmiah serta landasan teori secara ilmiah. Adapun hasil riset nantinya diulas dengan tuntas dalam karya ilmiah diserta dengan teori-teori yang mendukungnya.

Apabila hasil riset sudah diperoleh, berikutnya yakni membahas hasil riset tersebut. Dalam penulisannya tersebut perlu disesuaikan dengan beberapa karakteristik untuk menentukan apakah penulisannya dapat disebut sebagai karya tulis ilmiah ataupun bukan. Adapun beberapa karakteristik dari karya ilmiah, diantaranya:

1. Data Sesuai Fakta

Data yang diapaparkan dalam karya ilmiah harus data yang disesuaikan dengan fakta yang merujuk pada hasil riset. Data yang dijabarkan juga harus sesuai dengan fakta asli tanpa mengurangi ataupun menambahkannya.

2. Logis

Selain datanya sesuai fakta, penulisan karya ilmiah juga harus logis atau dapat dinalar serta dimengerti oleh siapa pun yang membacanya, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman ataupun adanya unsur serta kesan bahwa karya ilmiah merupakan karangan bebas.

3. Isinya Sistematis

Karakteristik karya ilmiah yaitu sistematis, yakni ketentuan karya ilmiah tersebut jelas serta bisa dipertahankan hingga saat ini. Contohnya struktur penulisannya yang diawali dengan pendahuluan, bahasan, isinya, hingga simpulan.

4. Objektif

Dalam penulisan karya ilmiah harus bersifat objektif agar sesuai dengan kenyataan di lapangannya. Sehingga karya ilmiah tidak diperkenankan subyektif atau berpihak pada peneliti ataupun pihak lainnya yang berkaitan dengan riset.

5. Pembahasannya Sesuai dan Lengkap

Dalam penulisan pembahasan karya ilmiah harus sesuai, artinya pembahasannya sesuai dengan hasil riset serta dapat dibuktikan pembahasannya juga harus lengkap serta menyeluruh agar tidak adanya informasi yang tidak dicantumkan yang dapat menimbulkan kesalahan persepsi.

6. Kebenarannya Dapat Diuji

Dalam penulisan karya ilmiah, kebenaran dari siinya harus bisa diuji agar dapat memenuhi karakteristik objektif serta logis. Sehingga karya ilmiah dapat memaparkan data yang valid serta tanpa rekayasa.

Pemahaman mengenai karakteristik dari penulisan karya ilmiah sangatlah penting agar isi ataupun hasil dari karya ilmiah dapat diaplikasikan serta dibuktikan kebenarannya.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar