7 Tips menulis latar belakang skripsi yang simpel dan berkualitas

7 Tips menulis latar belakang skripsi yang simpel dan berkualitas - Skripsi merupakan tugas terbesar dan bisa dibilang tugas peling akhir yang dikerjakan mahasiswa sebelum massa kelulusannya. Setiap mahasiswa yang berkeinginan untuk lulus kuliah harus menyelesaikan tugas besar ini dengan baik.

7 Tips menulis latar belakang skripsi yang simpel dan berkualitas


Penulisan skripsi yang baik akan menghasilkan terbitan tulisan ilmiah yang berkualitas, dengan demikian maka perlu diingat dengan seksama, bahwa gaya cara penulisan, muatan, permasalahan yang diangkat, dan hal pokok lainnya harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Skripsi dalam teknis pengerjaannya akan sangat bergam antara satu universitas degan universitas lainnya. Hal ini terjadi karena setiap universitas memiliki formatnya sendiri-sendiri, dan alangkah baiknya dikerjakan dengan model atau format sesuai dengan instansi yang diikutinya.

Secara umum skripsi tersusun atas bagian-bagian atau yang disebut sub bab di dalamnya. Setiap sub bab memiliki posisi penting dalam menjelaskan pokok masalah yang hendak diteliti. Bagian inti dan sangat penting untuk mengawali tulisan dalam skripsi yakni latar belakang.

Latar belakang memuat narasi penjelas yang mengantarkan pembacar pada pokok permasalahan yang hendak diteliti. Ukuran atau banyaknya teks yang menyusun bagian latar belakang sangatlah beragam, ada yang ditulis secara singkat dengan ukuran beberapa halaman saja, dan ada yang ditulis dengan jumlah halaman yang lebih dari 10 halaman. Dua bentuk tersebut boleh dipilih dan bukan merupakan suatu kesalahan.

Latar belakang yang ditulis dari sekian banyaknya mahasiswa akan sangat beragam, terutama dalam hal kualitas tulisan yang menyususn latar belakang tersebut. Penting bagi peneliti untuk menyusun dan mengemasnya dalam bentuk tulisan yang berbobot atau berkualitas dan tidak berbelit-belit. Dalam tulisan ini akan diberikan beberapa tips untuk menulis latar belakang yang simpel dan berkualitas.

7 Tips menulis latar belakang skripsi yang simpel dan berkualitas:

1. Struktrur tulisan
2. Hasil riset lain yang mendukung
3. Harapan dan kenyataan
4. Urgensi penelitian
5. Penawaran solusi peneliti
6. Pemaparan keunggulan metode riset, pendekatan, teknik dll.
7. Tidak berbelit-belit

 

Struktrur tulisan

Struktur tulisan yang digunakan dalam menulis latar belakang dapat ditulis dengan dua pola yang umumnya digunakan peneliti lainnya, yakni deduktif dan induktif. Pola penulisan latar belakang deduktif dilakukan dengan menjelaskan hal-hal umum yang berkaitan  dengan topik penelitian dan pada paragraf selanjutnya dikerucutkan atau penulisan latar belakang dengan topik permasalahan yang sempit atau spesifik. Sedangan model penulisan induktif yakni sebaliknya, permulaan tulisan dijelaskan megenai masalah inti atau spesifik dan diuraikan secara luas.

Hasil riset lain yang mendukung

Dalam tubuh latar belakang wajib menyantumkan hasil reist yang sebelumnya telah dilakuakn, tujuannya yakni memperkuat pendapat atau asumsi dasar penelitian.

Harapan dan kenyataan

Latar belakang ditulis dengan memperlihatkan harapan atau idealitas suatu kejadian dan realitas yang terjadi. Bagian ini akan menjadi pembangun logika pembaca untuk bertanya, mengenai permasalahan yang terjadi saat harapan dan kenyataan dari fenomena tertentu berada dalam kondisi yang timpang. Bagian ini akan menambah kuatitas latar belakang yang dibuat.

Urgensi penelitian

Peneliti tidak boleh lupa untuk menulisakan bagian tertentu dalam latar belakang yang sifatnya menegaskan atau meyakinkan bahwa topik permasalahnya sangat penting untuk segera diatasi.

Penawaran solusi peneliti

Peneliti alangkah baiknya memberikan tawaran solusi bagi permasalahan yang ada. Bagian ini akan menjadikan latar belakang yang kalian kerjakan akan semakin menarik.

Pemaparan keunggulan metode riset, pendekatan, teknik dll.

Kualitas latar belakang tidak lepas dari penjelasan mengenai metode riset, pendekatan yang digunakan dalam riset, teknik pengambilan data, dan lain sebagainya. Beberapa poin terebut akan memberikan gambaran tentang bagaimana riset yang dijalankan menjadi semakin meyakinkan dan memiliki kualitas unggul.

Tidak berbelit-belit

Bahasa yang digunakan bersifat tegas dan informatif. Jangan memakai kalimat yang berbelit-belit atau membingungkan pembaca. Penulisan latar belakang dilakukan dengan bahasa yang padat dan jelas. Model penulisan tersebut akan memudahkan pembaca saat mempelajarinya.

Beberapa tips di atas merupakan tips mengerjakan latar belakang skripsi yang sederhana namum memiliki kualitas yang terjamin. Pembaca akan dengan mudah untuk memahami permasalahan yang terjadi.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar