7 Hal yang perlu diperhatikan saat menentukan lokasi penelitian

7 Hal yang perlu diperhatikan saat menentukan lokasi penelitian - Penelitian merupakan upaya sistematis yang dilakukan guna mengetahui suatu hal yang sedang terjadi di tempat-tempat tertentu dan dengan cara atau metode tertentu. Melalui upaya penelitian, maka berbagai data atau fakta lapangan dapat diketahui secara valid. Setiap mahasiswa berkewajiban untuk melakukan penelitian dan menyusunya dalam bentuk karya ilmiah baik dalam bentuk skripsi, thesis, dan sejenisnya sebelum dinyatakan lulus dari perguruan tinggi yang didudukinya.

7 Hal yang perlu diperhatikan saat menentukan lokasi penelitian


Pengerjaan karya ilmiah ini memiliki durasi yang berbeda-beda antar satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya. Semua tergantung bagaimana mahasiswa tersebut merencanakan dan melaksanakan rencananya. Namun berdasarkan asumsi penulis, bahwa durasi pengerjaan karya ilmiah menjadi hal penting yang harus diperhitungkan, agar waktu studi yang ditempuh tidak terlalu lama.

Rencana penelitian, konsep penelitian, capaian progress penelitian di setiap waktunya, metode penelitian, dan hal lain yang berkaitan dengan rencangan penelitian menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Tidak terlepas dari beberapa hal tersebut, yakni lokasi penelitian.

Lokasi penelitian seyogyanya dipikirkan secara matang dan tidak disarankan tergesa-gesa, yakni sebaiknya dilakukan observasi atau survay lokasi terlebih dahulu sebelum ditetapkan sebagai lokasi penelitian secara sah. Hal ini menjadi penting untuk diperhiyungkan, karena pemilihan lokasi penelitian yang sembarangan atau seenaknya saja dapat menjadi penghambat atau dapat memperlama kalian dalam mengerjalan karya ilmiah.

Berdasarkan pengalaman penulis, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih lokasi penelitian, dan beberapa hal tersebut secara logis dapat menjadi bahan pertimbangan untuk kalian semua dalam menentukan lokasi penelitian.

7 Hal yang perlu diperhatikan saat menentukan lokasi penelitian:

1. Jarak lokasi penelitian
2. Akses menuju lokasi penelitian
3. Karakteristik  lokasi penelitian
4. Rekomendasi lokasi penelitian
5. Kemudahan untuk masuk di lokasi penelitian
6. Relasi dengan masyarakat di lokasi penelitian
7. Penerimaan masyarakat atas agenda penelitian

Jarak lokasi penelitian

Jarak menuju lokasi penelitian menjadi pertimbangan penting sebelum agenda penelitian dilakukan. Alangkah baiknya lokasi penelitian yang dipilih tidak begitu juah dengan aksesibilitas peneliti selema proses penelitian dilakukan, misalnya wilayah pelosok-pelosok yang jauh dari keramaian, jauh dari kampus, dll. Lokasi yang demikian dapat dipastikan dapat memperlama proses penelitian.

Akses menuju lokasi penelitian

Akes yang mudah menuju lokasi penelitian menjadi hal positif yang menguntungkan peneliti, karena dengan kemudahan akses peneliti akan semakin mudah dalam memenuhi kebutuhannya saat riset berjalan.

Karakteristik  lokasi penelitian

Krakteristik lokasi penelitian yang dimaksud di sini adalah cocok atau tidaknya lokasi tersebut diteliti. Bilamana di lokasi tersebut tidak terjadi apa-apa ataupun tidak terjadi suatu hak yang menarik maka disarankan jangan memilih lokasi tersebut, karena dapat dikatakan tidak memiliki daya tarik.

Rekomendasi lokasi penelitian

Rekomendasi lokasi penelitian dari seseorang ahli atau orang yang handal dalam riset menjadi poin plus bagi peneliti, karena dengan rekomendasi tersebut peneliti tidak dibeankan waktu dan tenaga untuk melakukan survay lokasi, cukup mengetahui keadaan lokasi dari pihak selaku pemberi informasi.

Kemudahan untuk masuk di lokasi penelitian

Kemudahan yang dimaksud di sini adalah dalam hal administrasi. Tidak jarang ditemukan lokasi penelitian yang membebankan urusan administrasi yang rumit bagi peneliti, dan sebaiknya kemungkian yang seperti ini dihindari.

Relasi dengan masyarakat di lokasi penelitian

Relasi atau orang dalam yang memudahkan kalian dalam masuk atau meminta ijin untuk mengadakan penelitian seyogyanya menjadi perhatian, karena akan memudahkan kalian dalam melakukan penelitian termasuk juga dalam hal penggalian data penelitian.

Penerimaan masyarakat atas agenda penelitian

Lebih baik memilih lokasi penelitian yang memberikan kebebasan kalian dalam meneliti fenimena yang terjadi, sebaiknya dipatikan terlebih dahulu terkait penerimaan masyarakat terhadap kehadiran kalian selaku peneliti, pilihlah lokasi yang terbuka atau mudah untuk menerima kehadiran peneliti.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar