8 Cara Menyusun Latar Belakang dalam Skripsi

8 Cara Menyusun Latar Belakang dalam Skripsi - Mahasiswa yang baru mengenal skripsi biasanya kesulitan dalam menyusun latar belakang masalah. Untuk mengatasinya, simaklah 8 cara menyusun latar belakang masalah berikut.

8 Cara Menyusun Latar Belakang dalam Skripsi


Salah satu permasalahan yang kerap terjadi dalam penyusunan skripsi yakni menulis latar belakang masalah memakai kata-kata atupun pemikiran sendiri. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan melakukan copy paste yang saat ini cukup mudah dilakukan melalui internet. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, simaklah 8 cara dalam menyusun latar belakang masalah untuk penulisan skripsi berikut.

Mendeskripsikan Topik Secara Umum

Cara pertama yang bisa dilakukan dalam penyusunan latar belakang masalah skripsi yakni mendeskripsikan topik yang digunakan secara umum. Hindari membahas topik yang melenceng dari fokus penelitian. Lebih mudahnya, Anda bisa melakukan parafrase untuk setiap kalimat yang dikutip.

Identifikasi Permasalahan

Cara selanjutnya yaitu mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan topik secara umum. Pengidentifikasian masalah-masalah dalam hal ini nantinya akan mengantarkan latar belakang masalah pada fokus penelitian.

Berfokus pada Satu Masalah

Setelah menguraikan masalah-masalah yang berkaitan, cara dalam penyusunan latar belakang selanjutnya yakni berfokus pada satu permasalahan saja. Masalah inilah yang nantinya akan menjadi variabel untuk kemudian dilakukan penelitian.

Menguraikan Alasan Penting Mengatasi Masalah

Dalam penulisan latar belakang masalah selanjutnya yaitu perlu diuraiakan alasan mengapa penting dalam mengatasi permasalahan yang diangkat. Anda bisa menambahkan referensi-referensi dan bukti-bukti yang reliabel dan valid dari penelitian lain agar lebih meyakinkan.

Menemukan Solusi dari Riset Sebelumnya

Penulisan latar belakang selanjutnya yakni dengan memaparkan beberapa solusi yang didapatkan dari riset sebelumnya. Hal ini bisa menjadi ide untuk menentukan variabel kedua. Namun sebaiknya jangan memasukkan banyak teori di sini, karena nantinya teori-teori terkait penelitian akan dibahas dalam bab dua.

Merumuskan Kerangka Pemecahan Masalah dengan Teoritis

Cara selanjutnya dalam penulisan latar belakang masalah yakni merumuskan kerangka pemecahan  masalah yang bisa Anda susun berdasarkan data-data yang diperoleh. Dalam hal ini Anda mencoba menuliskan strategi dalam memecahkan permasalahan yang diangkat dalam penelitian.

Memperkuat Kerangka Pemecahan Masalah Menggunakan Teori Ahli

Agar kerangka pemecahan masalah yang diajukan lebih meyakinkan, Anda bisa memaparkan teori-teori ahli yang  mendukung strategi pemecahan masalah tersebut. Dalam hal ini, usahakan untuk menghindari pendapat pribadi.

Merumuskan Judul Penelitian

Langkah terkahir dalam menyusun latar belakang masalah yakni merumuskan dan mamaparkan judul penelitian terkait dengan permasalahan dan data-data yang telah dipaparkan sebelumnya.

Dengan mamakai delapan cara menyusun latar belakang masalah dalam skripsi tersebut, Anda akan lebih mudah dalam merangkai latar belakang masalah yang baik dan bagus. Usahakan untuk mencari data-data dan teori yang valid dan sesuai dengan permasalahan.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar