10 Cara harus disiapkan menghadapi sidang skripsi

10 Cara harus disiapkan menghadapi sidang skripsi - Bagi mahasiswa, salah satu momen penting yang harus disiapkan dengan sangat baik pada saat menjelang kelulusan adalah sidang skripsi. Skripsi adalah tugas akhir mahasiswa yang harus dikerjakan sebagai persyaratan kelulusan. Sidang adalah momen ujian skripsi ketika mahasiswa mempertanggungjawabkan skripsinya kepada dosen pembimbing dan penguji.

10 Cara harus disiapkan menghadapi sidang skripsi


Sidang skripsi menjadi hal yang penting karena baik atau tidaknya menentukan kelulusan skripsi. Sehingga mahasiswa perlu menyiapkannya sebaik mungkin, mulai dari materi, presentasi bahkan mental. Diantaranya berikut adalah 10 cara yang harus disiapkan oleh mahasiswa agar sidang skripsi berjalan dengan baik:

1. Pelajari apa yang kamu tuliskan
2. Tanyakan yang belum paham kepada dosen pembimbing dan senior
3. Buat catatan khusus poin poin penting
4. Siapkan PPT sidang yang baik
5. Latihan presentasi sebelum sidang
6. Cek kembali dokumen persyaratan yang harus dibawa saat sidang
7. Persiapkan kesehatanmu sebaik mungkin
8. Makan yang bergizi
9. Awal hari di pagi hari sidang dengan bangun pagi
10. Jangan lupa minta doa restu dan berdoa berserah diri

Diantara 10 cara nantinya kamu bisa lakukan dengan baik, karena sebaik baik untuk menuju kesuksesan adalah persiapan, maka persiapkan sidang skripsimu sebaik mungkin.

1. Pelajari apa yang kamu tuliskan

Materi skripsi menjadi dasar yang harus dipelajari dan dituntaskan pehamanannya, karena nantinya ini akan ditanyakan pada saat sidang skripsi. Pahami apa yang kamu tuliskan mulai dari per bab, pendahuluan, latar belakang skripsi kamu, rumusan masalah, tujuan, hingga hipotesis. Kemudian kamu harus pahami penelitian terdahulu seperti apa, apa yang menjadi pembaharuan di skripsi kamu, pahami juga metode penelitian terutama kamu harus ingat dan mengerti alasan menggunakan metode tersebut. Selain itu juga tentunya kamu harus paham hasil penelitianmu, apakah menjawab hipotesis, bagaimana dengan jawaban dari rumusan masalah yang disusun, dan terakhir bagaimana kesimpulan yang kamu buat.

2. Tanyakan yang belum paham kepada dosen pembimbing dan senior

Setelah kamu harus pelajari semua yang kamu tuliskan, cari beberapa note yang sekiranya belum paham atau yang bakal ditanyakan pada saat sidang skripsi. Kamu bisa membuat catatan khusus dalam bentuk poin dan pertanyaan, kamu bisa tanyakan kepada dosen pembimbing agar satu pemahaman yang sama, selain itu juga dari poin pertanyaan tersebut ada pertanyaan yang tidak terlalu susah kamu bisa cari jawab sendiri atau bertanya kepada senior.

3. Buat catatan khusus poin poin penting

Satu hal yang sangat membantu pada saat sidang skripsi adalah catatan kecil. Biasa mahasiswa membuat catatan kecil dengan sticky note di lembaran skripsi. Kamu bisa lakukan dengan cara tersebut atau dengan cara lain menuliskannya di buku kecil atau kertas biasa. Yang terpenting adalah bagaimana poin poin yang dibuat dapat membantu memahami skripsi secara menyeluruh.

4. Siapkan PPT sidang yang baik

Powerpoin menjadi satu hal yang terpenting pula dalam sidang skripsi, karena dengan PPT kamu nanti akan presentasi menjelaskan skripsi kamu dari awal hingga akhir. Powerpoin adalah serangkaian halaman atau slide yang menjelaskan poin tertentu. Powerpoint yang baik dinilai dari isi materi, konten desain atau bagaimana presentasinya. Sehingga kamu perlu menyiapkannya sebaik mungkin.

5. Latihan presentasi sebelum sidang

Setelah kamu sudah membuat PPT dengan baik, maka selanjutnya kamu latihan presentasi. Latihan presentasi ini membantu untuk menenangkan, menyiapkan dan melatih secara verbal, vocal dan visual bagaimana kamu nantinya akan presentasi skripsi kamu. Usahakan latihan ini benar benar serius seperti layaknya sidang, mulai dari ajak audiens dari teman kamu, sesuaikan durasi yang ditentukan, dan latihan untuk menjawab pertanyaan yang ditanyakan audiens pada saat latihan.

6. Cek kembali dokumen persyaratan yang harus dibawa saat sidang

Pada saat sidang kamu harus membawa beberapa dokumen yang menjadi persyaratan sidang, sebenarnya kamu bisa cek di bagian administrasi program studi mengenai kelengkapan persyaratan sidang. Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan sebelum sidang dan tentunya ada yang dibawa pada saat sidang. Maka siapkan dokumen tersebut sebaik mungkin, mulai dari skripsi kamu, lembar lembar persyaratan, dan lain sebagainya.

7. Persiapkan kesehatanmu sebaik mungkin

Kesehatan adalah terpenting dari segalanya, tidak lucu juga ketika sidang skripsi kamu justru sakit dan tidak fit kesehatannya. Sehingga kamu bisa jadi tidak optimal dalam sidang skripsi atau bahkan harus ditunda. Mengingat bahwa sekarang sedang pandemi, penyebaran virus covid19 sangat cepat, maka jaga kesehatannya dengan baik mungkin sehingga kamu bisa prima pada saat sidang skripsi. Selain itu juga kesehatan tidak melulu tentang fisik, mental juga bagian dari kesehatan maka persiapkan mental dengan baik dengan tidak terlalu memikirkan bagaimana seramnya sidang, mendengarkan lagu lagu healing, menyerahkannya semua pada Tuhan.

8. Makan yang bergizi

Kesehatan kamu bisa ditentukan salah satunya karena makan yang bergizi, makan yang bergizi akan mendukung bagaiamana respon tubuh dalam mengerjakan aktivitas keseharian. Makan bergizi mulai dari makan tepat waktu, gizi makanan yang dimakan, buah, sayur, konsumsi air putih, susu dan tentunya didukung dengan olahraga.

9. Awal hari di pagi hari sidang dengan bangun pagi

Pada saat hari H kamu perlu bangun pagi, karena menurut beberapa penelitian bangun pagi akan menambah mood aktivitas keseharian kamu. Dengan bangun pagi dengan terbiasa, aktivitas kamu akan semakin semangat dan tambah optimal.

10. Jangan lupa minta doa restu dan berdoa berserah diri

Terakhir dan terpenting, doa restu dari orang tua dan orang tersayang tentunya akan menambah kemudahan dalam sidang skripsi. Kamu jangan lupa doa untuk keberlangsungsan skripsi kamu.

Jika ada keperluan dalam mengerjakan skripsi, tesis, disertasi, cek turnitin, penulisan jurnal, paraphrase dan lain lain berkaitan dengan naskah akademik mahasiswa bisa menghubungi jasa turnitin melalui media social kami.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar