5 Cara Menulis Abstrak Skripsi dengan Baik dan Tepat

Cara Menulis Abstrak Skripsi dengan Baik dan Tepat - Bagi mahasiswa tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya abstrak. Abstrak adalah sebuah paragraph intisari yang menyajikan rangkuman sebuah karya tulis, riset, atau kajian tertentu. Dengan abstrak kita akan mengerti secara garis besar bagaimana proses jalannya sebuah riset atau penelitian atau karya ilmiah tersebut. Kualitas abstrak akan menentukan sejauh mana kualitas dari karya tulis yang dibuat.

Cara Menulis Abstrak Skripsi dengan Baik dan Tepat


Beberapa dari mahasiswa mungkin sudah familiar dengan format abstrak, namun tidak disangka bahwa banyak dari mahasiswa sendiri belum memahami bagaimana struktur dan cara membuat abstrak skripsi dengan baik.

Pada karya tulis skripsi, adanya abstrak adalah keharusan. Abstrak menjadikan sajian gambaran penelitian yang ditulis oleh mahasiswa. Abstrak merupakan tulisan sederhana yang tidak terlalu panjang penyajian kembali secara cepat, singkat, padat, dan mudah dipahami oleh pembaca merupakan salah satu bagian penting dalam menyusun karya tulis ilmiah.

Penyajian abstrak diletakkan pada bagian pertama sebuah karya tulis atau skripsi. Penulisan abstrak akan sulit dilakukan jika dikerjakan di awal kegiatan penulisan karya ilmiah. Sebaiknya penulis sudah memahami rangkaian dan hasil penelitian dengan baik.

Diantara berikut struktur dari abstrak skripsi:

1. Latar Belakang
2. Metode
3. Hasil Penelitian
4. Kesimpulan
5. Kata Kunci

Penjelasan struktur abstrak skripsi disajikan sebagai berikut:

1. Latar belakang

Latar belakang skripsi memuat topik yang akan dibahas, tujuan penelitian dan perlu diuraikan dalam bentuk narasi alasan penting mengapa melakukan penelitian skripsi tersebut. Sehingga pembaca lebih mudah menangkap mengapa penelitian tersebut penting untuk dikaji dan dilakukan.

2. Metode

Pada uraian metode disajikan metode dan rancangan penelitian yang digunakan. Sebaiknya tidak perlu dijelaskan detil dan panjang, hanya singkat, jelas dan padat sehingga pembaca memahami penelitian tersebut menggunakan metode apa.

3. Hasil Penelitian

Pada uraian hasil penelitian perlu disajikan hasil penelitian dengan jelas dan padat. Selain itu juga hasil penelitian harus menjawab tujuan yang dibuat oleh peneliti. Lebih bagusnya lagi ketika ada suatu penemuan yang disajikan dalam sebuah abstrak sehingga memudahkan pembaca menangkap apa yang menjadi nilai jual dari penelitian skripsi kamu yang disajikan dalam sebuah abstrak.

4. Kesimpulan

Uraian kesimpulan tidak perlu dalam sebuah data yang lengkap, namun sebuah penutup yang menjawab topik penelitian. Lebih bagusnya lagi narasi yang dibuat disambungkan dengan topik yang dibahas.

5. Kata Kunci

Uraian kata kunci dalam jumlah rata rata maksimal 20 kata. Kata kunci pada penelitian berguna untuk memudahkan pencarian di google, biasanya rumusnya agar mudah dicari adalah membuat kata kunci dari kata-kata yang ada pada judul penelitian.

Beberapa poin yang harus dipehatian pula dalam membuat abstrak skripsi:

1. Jumlah kata biasanya 150-300 kata
2. Jarak baris dengan spasi 1 (single spasing)
3. Kepenulisan bahasa asing dicetak miring
4. Jumlah paragraph tidak ada batasan, namun biasanya satu sampai tiga paragraph
5. Jumlah kata kunci 3-5 kata
6. Penulisan yang singkat, padat dan jelas dalam setiap kalimatnya.

Itulah menulis abstrak skripsi dengan baik. Pastikan setiap cara yang telah dijelaskan di atas dilakukan dengan baik untuk menghasilkan abstrak skripsi yang luar biasa. Tentunya materi dan konten abstrak skripsi menjadi satu hal yang terpenting.

Jika ada keperluan dalam mengerjakan skripsi, tesis, disertasi, cek turnitin, penulisan jurnal, paraphrase dan lain lain berkaitan dengan naskah akademik mahasiswa bisa menghubungi jasa turnitin melalui media social kami.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar