5 Cara melakukan parafrase yang paling mudah untuk dilakukan

5 Cara melakukan parafrase yang paling mudah untuk dilakukan - Parafrase secara sederhana dipahami sebagai sebuhan teknik merubah struktur kalimat dengan kalimat baru tanpa merubah makna atau informasi yang hendak disampaikan oleh penulis. Teknik seperti ini dalam dunia akademik sering dilakukan menghindari plagiarisme saat pengecekan dilakukan.

5 Cara melakukan parafrase yang paling mudah untuk dilakukan


Plagiarisme merupakan salah satu kejahatan dalam dunia akademik yang banyak dilakukan oleh akademisi. Realitas ini terbukti hingga dewasa kini. Problem tersebut menjadikan keluarnya kebijakan dalam dunia tulis-menulis karya ilmiah. Jadi setiap karya ilmiah akan dinyatakan lulus bilamana memiliki persentase plagiarisme yang tidak lebih dari ketetaptan instansi atau lembaga.

Jika ditinjau dari segi normatif, memang jelas sekali bahwa tindakan copy paste atau plagiat merupakan hal yang tidak baik atau etis untuk dilakukan oleh seorang akademisi, karena akademisi merupakan generasi penerus bangsa yang mendapatkan proses edukasi yang panjang termasuk juga pendidikan karakter.

Pertanyaannya adalah, bagaimana mungkin tidak melakukan plagiat bilamana dalam suatu karya tulis ilmiah mewajibkan dicantumkannya riset atau temuan dati akademisi lain dengan tema atau bahasan yang sejalan. Secara sederhana dapat dijawab dengan singkat, yakni dinyatakan boleh mengambil temuan atau gagasan orang lain, yaki dengan catatan tetap mencanumkan penulis atau pencipta tulisan tersebut.

Solusi yang tepat pada waktu menggambil gagasan orang lain dengan tetap mencantumkan sumbernya yakni dapat dilakukan dengan teknik penulisan parafrase. Tenknik ini merupakan salah satu teknik penulisan yang ampun dalam mengurangi atau menjauhkan diri dari indikasi pelagiat atas karya orang lain.

Tips atau cara melakukan parafrase atas gagasan orang lain dapat dilakukan secara sederhana, yakni seperti berikut ini.

1. Baca tulisan beberapa kali
2. Garis bawahi konsep utama
3. Ketik kembali kalimat baru versi kalian
4. Komparasi teks
5. Tulis kutipan dalam teks

 

  • Baca tulisan beberapa kali

Teks yang hendak kalian parafarase disarankan untuk berulang kali dibaca, tujuannnya yakni peham megenai informasi yang hendak disampaikan dalam teks.

  • Garis bawahi konsep utama

Dalam suatu tulisan tertentu, patsi ada konep besar atau poin utama yang hendak disampaikan oleh penulis atau pemilik gagasan. Kalian wajib mengetahui dan mengingat betul poin itu, lalu kemudian disimpan dalam pikiran sebelum nantinya ditulis kembali.

  • Ketik kembali kalimat baru versi kalian

Poin penting atau konsep utama yang dibawa oleh paragaraf dituliskan kembali menggunakan bahasa kalian sendiri, dan dengan tidak mengurangi isi atau jumlah infromasi yang sebelumnya telah ada.

  • Komparasi teks

Bandingkan hasil tulisan kalian setelah diparafrase dengan tulisan sebelumnya. Pastikan tulisaan tersebut berbeda, namun bermakna sama. Karena poin utamanya adalah di perbedaan penggunaan teks didalamnya. Hal inilah yang membuat kalian terhindar dari indikasi plagiarisme

  • Tulis kutipan dalam teks

Selatah penulian teks selesai, kalian wajib mencantumkan sumber kutipan, yakni pemilik gagasan atas teks yang kalian ambil atau parafrase. Hal ini sangat penting untuk dilakukan mengingat etika dalam penulisan karya ilmiah.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar